7 Cara Memaksimalkan Dapur Kecil
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

7 Cara Memaksimalkan Dapur Kecil


Sebesar apa pun dapur Anda, barang yang ada di dalamnya sama saja dengan dapur yang berukuran kecil. Kita menginginkan dapur yang dapat berfungsi dengan baik untuk mempersiapkan dan memasak makanan.


Jika merujuk konsep kitchen set minimalis, kenyamanan dapur adalah hal penting. Tentu saja, kita menginginkan dapur menjadi tempat yang nyaman untuk makan walaupun hanya sekadar untuk sarapan. Kita juga membutuhkan banyak ruang untuk berbagai peralatan dapur dan bahan makanan. Dengan perencanaan dan desain yang tepat Anda bisa mendapatkan berbagai fungsi tersebut.


Berikut cara memaksimalkan dapur kecil yang Studio7 sunting dari Arsitag.Com:


Gunakan setiap sudut yang ada


Jika Anda mempunyai dapur berukuran kecil, sangat penting untuk memanfaatkan setiap sudut yang ada di dapur Anda. Contohnya dengan menggunakan custom furniture. Rak atau lemari yang didesain khusus membuat Anda dapat memaksimalkan tiap sudut yang ada. Ruangan kecil juga membuat furnitur yang diperlukan tidak terlalu banyak sehingga anggaran yang Anda butuhkan tetap ekonomis.


Gunakan rak dan gantungan unik


Meletakkan lemari berukuran besar di tembok dapur Anda dapat memakan banyak ruang di dapur kecil Anda. Akan tetapi, Anda tetap dapat memanfaatkan tembok dapur Anda dengan menambahkan rak panjang, gantungan dan lemari kecil. Rak ini dapat Anda gunakan untuk menggantung panci, cangkir, dan cup untuk meletakkan pisau atau peralatan lainnya. Penggunaan papan tulis hitam di tembok juga dapat membantu Anda untuk menulis berbagai daftar belanja atau catatan lainnya.


Gunakan furnitur yang efisien


Furnitur dengan desain yang berlebihan dan tidak pas dengan ruangan akan membuat dapur berukuran kecil terlihat semakin penuh. Sebaliknya penggunaan furnitur dengan desain sederhana dan minimalis dapat membuat dapur Anda terlihat lebih luas dan memberikan pencahayaan yang maksimal.


Buat tempat khusus untuk mesin cuci Anda


Mungkin bukan sesuatu yang umum untuk menempatkan mesin cuci Anda di dapur. Akan tetapi, jika Anda tidak mempunyai banyak ruang di rumah Anda, mungkin Anda dapat menggunakan alternatif ini. Ruang kecil di bawah tangga dapat menjadi tempat yang tepat untuk menaruh mesin cuci Anda. Pertimbangkan pula untuk menempatkan pengering baju dan lemari es Anda di garasi untuk memanfaatkan tempat yang ada.


Pilih detail dengan cermat


Ada banyak pilihan detail ruangan yang dapat Anda tambahkan untuk dapur baru Anda. Anda dapat mulai dengan menambahkan tempat penyimpanan bumbu dapur, laci untuk menyimpan pisau, atau bahkan meja pemotong bahan-bahan masakan yang dapat dimasukkan ke dalam lemari.


Gunakan furnitur yang multifungsi


Furnitur multifungsi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dapur kecil Anda. Lemari panjang dengan oven, tempat pencuci piring dan kompor di atasnya dapat menjadi pilihan furnitur yang elegan.


Tinggikan atap dapur Anda


Sedikit renovasi dapat mengubah suasana dapur kecil Anda. Jika rumah Anda hanya memiliki satu lantai, mungkin meninggikan atap dapur Anda dapat menambah pencahayaan dan udara di dapur Anda. Atap yang tinggi dengan tambahan jendela juga membuat cahaya matahari dari luar masuk dengan lebih maksimal dibandingkan dengan jendela vertikal. Atap tinggi juga akan membuat dinding dapur menjadi lebih tinggi dan dapat dimanfaatkan dengan menaruh lemari yang dapat menjangkau langit-langit dapur Anda.


Semoga tips di atas dapat menginspirasi pembaca setia Studio7. Nantikan postingan lainnya dari Studio7.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page