7 Cara Membuat Bangunan Ramah Penyandang Disabilitas
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

7 Cara Membuat Bangunan Ramah Penyandang Disabilitas

Pusat perbelanjaan besar dan bangunan komersial dapat menjadi beberapa tempat yang paling sulit diakses oleh penyandang disabilitas. Studi menunjukkan bahwa bangunan komersial tidak semua dapat diakses dan itu tidak menjadi lebih baik! Saatnya kita melakukan perubahan

.Berikut adalah 7 cara untuk membuat bangunan komersial lebih mudah diakses oleh penyandang disabilitas dilansir dari Arch2O.Com:


1. Pasang Pintu yang Landai dengan Jalan dan Trotoar

Ini yang paling jelas, tetapi juga yang paling penting. Tanpa cara yang mudah untuk masuk dan keluar dari sebuah gedung, tidak mungkin penyandang disabilitas bisa masuk. Pastikan bahwa properti komersial Anda memiliki pintu masuk dan keluar yang dapat diakses.


2. Sediakan Tempat Parkir Khusus dan Dapat Diakses

Jika Anda memiliki tempat parkir di properti Anda, pastikan ada banyak ruang yang dapat diakses oleh penyandang disabilitas untuk digunakan.


Jika tidak ada tempat yang tersedia di lokasi, Anda dapat menyewa atau menyewa tanah di luar lokasi di mana tersedia banyak tempat yang dapat diakses. Ini hanya diperlukan jika bisnis dimiliki oleh badan swasta; bangunan milik pemerintah tidak perlu menyediakan parkir di luar lokasi untuk penyandang disabilitas kecuali mereka juga menyediakan layanan transportasi untuk mereka.


3. Memanfaatkan Pemetaan Dalam Ruangan

Pemetaan dalam ruangan adalah cara yang bagus untuk membantu penyandang disabilitas menavigasi gedung Anda. Menggunakan layanan seperti MappedIn, Anda dapat membuat peta bagian dalam pusat perbelanjaan atau gedung dan menambahkan penanda untuk setiap fitur yang dapat diakses, seperti lift, toilet, dll. Ini akan memudahkan penyandang disabilitas untuk mengetahui mana yang fitur tersedia di gedung Anda dan di mana mereka berada.


4. Buat Tanda yang Jelas

Bahkan jika Anda memiliki landai atau potongan trotoar yang mengarah ke pintu Anda, tidak semua orang akan tahu cara menggunakannya dengan benar. Pastikan bangunan Anda ditandai dengan jelas dengan tanda yang memberi tahu orang di mana pintu masuk berada dan bagaimana mereka dapat mengaksesnya dengan aman.


Mungkin berguna untuk menyertakan petunjuk tentang penggunaan fitur aksesibilitas gedung Anda di papan nama Anda juga! Anda juga dapat memasang tanda Braille untuk orang Tunanetra yang mungkin memerlukan bantuan untuk menavigasi di sekitar properti Anda.


5. Pasang Tanda Braille di Toilet

Banyak orang dengan gangguan penglihatan tidak ingin menggunakan kamar mandi yang dapat diakses karena mereka tidak memiliki tanda Braille yang memberi tahu mereka di mana semuanya berada! Jika Anda memiliki kamar mandi yang dapat diakses di lokasi, pastikan bahwa tanda-tanda di kamar kecil dengan jelas menunjukkan apa yang ada di sana sehingga seseorang yang buta atau tunanetra tahu persis di mana semuanya berada. Anda juga bisa memasang tanda di atas wastafel agar orang tahu berapa sisa sabun agar tidak tiba-tiba habis saat mencuci tangan!


6. Pastikan Situs Web Dapat Diakses Semua Orang

Jika Anda memiliki situs web yang dapat diakses pelanggan dari mana saja di dunia, pastikan situs tersebut berfungsi dengan baik untuk semua orang dengan menggunakan alat seperti Penampil Aksesibilitas Google Chrome untuk mengujinya sebelum ditayangkan! Mungkin berguna untuk menyertakan petunjuk di situs web Anda jika Anda memiliki fitur aksesibilitas di dalamnya (seperti foto yang dapat diperbesar) sehingga penyandang disabilitas dapat dengan mudah menggunakan produk atau layanan Anda.


7. Pasang Papan Petunjuk di Atas Kepala untuk Orang yang Mengalami Gangguan Pendengaran

Jika Anda memiliki banyak karyawan atau pelanggan yang sulit mendengar, mungkin akan membantu untuk memasang tanda di atas kepala agar mereka tahu apa yang terjadi di gedung pada saat tertentu. Rambu-rambu tersebut dapat digunakan untuk menyampaikan pesan darurat, seperti “Latihan kebakaran sedang berlangsung” atau “Rapat karyawan di ruang konferensi A.”


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page