top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

7 Langkah Sederhana Mendesain Rumah Kaca

Updated: Oct 12, 2022

Konsep rumah kaca dan pertanian perkotaan menarik minat investor dan penduduk kota. Di satu sisi, kota-kota menjadi tempat menyesakkan yang terbuat dari beton dan semen, dan di sisi lain, mengangkut barang-barang tanam dari pinggiran kota ke kota mahal dan berdampak negatif terhadap lingkungan. Mendirikan rumah kaca berkelanjutan itu akan membuat barang tanam dan produksi makanan lebih mudah diakses, dan karenanya menguntungkan kualitas hidup keseluruhan konteksnya.


Rumah kaca datang sebagai pendekatan serbaguna untuk pertanian, terutama di daerah dengan kondisi iklim yang keras atau di dalam kota-kota yang padat, di mana bangunan tinggi dan besar menimbulkan bayangan dan polusi terus terang banyak.

Source: Pinterest Fotografi oleh Roland Halbe

Salah satu contoh ideal untuk membuat rumah kaca terbaik adalah di Belanda; ini adalah pengekspor produk pertanian terbesar kedua di dunia, setelah Amerika Serikat, yang luas daratannya 237 kali lebih besar! Rahasia kesuksesan Belanda kembali ke pemanfaatan pengembangan arsitektur dan inovasi untuk memperluas produksi pangan di dalam kota.


Di wilayah Westland atau ibu kota rumah kaca Belanda seperti yang disebut oleh National Geographic, rumah kaca adalah bagian penting dari lanskap kawasan. Satu pertanian perkotaan diikuti oleh yang lain mengisi kesenjangan antara kota, pinggiran kota, dan pabrik industri.

Rumah kaca di Belanda – Courtesy of Tom Hegan

Rumah kaca mempengaruhi tingkat perkembangan ekonomi dan sosial dari konteksnya. Mereka dapat menjadi bagian dari gerakan sosial untuk komunitas yang berkelanjutan, bagian dari rencana strategis kota, atau hanya pertanian perkotaan sederhana yang dilakukan oleh penduduk setempat. Semua adalah kesempatan untuk menyediakan akses ke tanaman yang dibutuhkan dan produk makanan segar yang meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.


Jika 10 desain rumah kaca paling menginspirasi di seluruh dunia dan penjabaran pada tipe dan komponen dasar meyakinkan Anda untuk mendesain sendiri, teruslah membaca! Ada banyak ruang yang dapat Anda pilih untuk mendirikan rumah kaca dan berbagai metode penanaman untuk diadopsi.


Apa itu Arsitektur Rumah Kaca?

Courtesy of Poltred Studio

Arsitektur rumah kaca atau disebut rumah kaca atau rumah kaca adalah struktur yang dinyalakan atau digelembungkan yang menampung iklim mikro yang ideal untuk dikontrol sebagian atau sepenuhnya untuk menyediakan tanaman dengan kondisi pertumbuhan yang optimal.


Struktur ini dapat ditutupi dengan bahan transparan atau tembus cahaya sesuai dengan kebutuhan tanaman, dan juga melindungi tanaman dari perubahan kondisi iklim termasuk angin, suhu yang berfluktuasi dan ekstrim, dan kelembaban. Selain itu, rumah kaca melindungi tanaman dari serangga dan penyakit.


Sebelum mendesain sendiri, Anda harus mengetahui secara umum bagaimana struktur berkelanjutan ini bekerja.


Bagaimana Rumah Kaca Bekerja?

Courtesy of Grow Up Box

Struktur rumah kaca bekerja persis seperti cara kerja planet kita alias efek rumah kaca: struktur mengubah energi cahaya menjadi energi panas. Ketika matahari dan sinar cahaya memasuki struktur melalui panel kaca atau terpal plastik, tanaman dan benda-benda di dalamnya menyerapnya dan mengubahnya menjadi panas. Tumbuhan dan benda ini kemudian melepaskan energi panas ini, tetapi yang terakhir terperangkap di dalam struktur, meningkatkan suhu keseluruhan struktur.


Bagaimana Merancang Rumah Kaca? 7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

1. Apakah akan berdiri bebas atau melekat pada struktur yang ada?

Fotografi oleh Nikon

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan situasinya. Rumah kaca berdiri bebas sangat bagus untuk menciptakan ruang berkelanjutan di ruang bebas batasan; apakah itu gurun atau tengah lautan! Namun, bisa jadi mahal untuk mengisolasinya. Rumah kaca terlampir datang dengan tantangan ini diselesaikan karenanya terhubung ke sistem pemanas dan ventilasi bangunan. Mereka juga bisa menjadi pemandangan yang bagus untuk mengarahkan jendela Anda ke arah, seperti rumah keluarga ini.


2. Arahkan rumah kaca Anda ke arah dengan sinar matahari paling banyak.

Gambar oleh Iwan Baan

Secara optimal, Anda harus mengarahkan struktur untuk memanfaatkan paparan sinar matahari. Di bagian utara dunia, struktur rumah kaca berorientasi langsung ke selatan atau tenggara untuk menangkap matahari pagi. Jika orientasi utara tidak tersedia, maka akan berfungsi untuk mengarahkan struktur ke timur dan selatan secara bersamaan. Tip penting adalah bahwa orientasi barat sama sekali tidak disukai karena dapat membuat struktur menjadi terlalu panas.


3. Rencanakan dimensi struktur.

Courtesy of The David Welch Winter Gardens

Sebagai aturan praktis yang baik, struktur rumah kaca harus memiliki rasio ukuran 3:1. Alasan di balik ini adalah bahwa untuk menangkap paparan sinar matahari paling banyak, struktur ini harus lebih panjang daripada lebarnya, dan panjangnya harus diorientasikan ke arah optimal seperti yang dibahas pada poin sebelumnya.


4. Struktur yang baik membutuhkan fondasi yang baik.

Atas perkenan Thompson dan Morgan

Ada banyak bahan dan metode berbeda untuk membangun fondasi, dan Anda dapat menggunakan bahan apa pun yang berlaku untuk membangun struktur lain di rumah kaca. Di CRMPI, fondasi terbaru yang saya gunakan adalah pilar beton (lihat gambar di bawah) yang diikat bersama dengan rangka struktur. Dua rumah kaca sebelumnya di sini menggunakan tiang kayu yang diberi tekanan cekung untuk alas pondasi.


Sangat mudah untuk membangun kembali fondasi rumah kaca karena mereka hanya menahan beban kaca dan salju sesekali, tetapi tergantung pada peraturan teknik di daerah Anda dan pendekatan Anda untuk mengizinkan, pilihan Anda mungkin terbatas. Masalah kewajiban juga dapat menjadi faktor dalam lingkungan sekolah atau bisnis.


5. Pertimbangkan untuk membuat atap miring.

Atas Perkenan Richard David Architekti

Karena rumah kaca lebih hangat daripada udara luar, lapisan pencairan salju sering terbentuk di antara kaca polikarbonat dan salju, membantu atap melepaskan salju dengan berat yang signifikan. Salju cenderung lebih menempel pada poli yang mengembang ganda. Terkait dengan kemiringan atap adalah freeboard, ruang antara titik terendah atap dan tanah. Di daerah dengan salju tebal, setidaknya 3 atau 4 kaki baik untuk dimiliki sehingga salju tidak akan menumpuk kembali ke atap rumah kaca atau menghalangi ventilasi apa pun.


6. Pilih bahan bingkai dan kaca.

Atas perkenan N55 dan Anne Romme

Hampir semua rumah kaca komersial saat ini dibuat dengan baja galvanis, sering kali dirancang untuk dihubungkan dalam rangkaian panjang. Kit rumah kaca paling sering terbuat dari baja, dan pengencang serta instruksi yang disertakan dapat mempermudah perakitan. Baja galvanis memiliki masa pakai yang jauh lebih lama daripada kayu dan tidak memerlukan pewarnaan, penyegelan, atau banyak perawatan. Selain itu, rangka baja sering kali menawarkan fleksibilitas yang lebih rendah dalam konstruksi, terutama ketika diselamatkan dari proyek lain.


Sumber: Arch20.com


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 45854602

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page