top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

7 Monumen Arsitektur Kuno yang Menakjubkan

Rahasia di balik monumen arsitektur membawa kita pada perjalanan ke masa lalu dan mengungkapkan banyak hal tentang sebuah peradaban, bagaimana orang hidup, ruang yang mereka huni, dan kehidupan sehari-hari mereka.

Sejarawan, arsitek, dan pelancong sama-sama mengagumi sisa-sisa masa lalu ini, tetapi seringkali sulit untuk memahami seperti apa bangunan spektakuler ini di puncaknya.


Berikut 7 monumen arsitektur kuno yang menakjubkan dilansir dari Arch2O.Com:


1. Parthenon Athena, Yunani / 432 SM


Parthenon adalah salah satu simbol arsitektur yang monumental. Dibangun pada periode 15 tahun antara 447-432 SM, kuil Yunani kuno ini dirancang sebagai pengganti kuil yang dihancurkan oleh Persia pada tahun 480 SM. Terbuat dari marmer Pentelic, dirancang oleh arsitek Iktinos untuk menampung patung emas dan gading Athena yang monumental yang dirancang oleh pematung-arsitek Pheidias.


2. Kuil Luxor Luxor, Mesir / 1380 SM


Sebagian besar dibangun oleh firaun Kerajaan Baru Amenhotep III (1390–1352 SM) dan Ramses II (1279–1213 SM), kuil ini adalah bagian arsitektur yang sangat anggun di jantung kota modern. Juga dikenal sebagai Suaka Selatan, fungsi utamanya adalah selama perayaan Opet tahunan, ketika patung-patung Amun, Mut, dan Khonsu dibawa dari Karnak, di sepanjang Jalan Sphinx, dan disatukan kembali di sini selama penggenangan.


3. Nohoch Mul Pyramid (Coba) Quintana Roo, Meksiko / 100 SM-100 M

Courtesy of Expedia dan THIS IS RENDER

Dengan tinggi 137 kaki, Nohoch Mul, yang berarti "gundukan besar", adalah piramida Maya tertinggi di Semenanjung Yucatan dan piramida Maya tertinggi kedua di dunia. Arsitektur monumental ini terletak di situs arkeologi Cobá di negara bagian Quintana Roo, Meksiko. Meskipun ditemukan pada tahun 1800-an, situs arkeologi tersebut baru dibuka untuk umum pada tahun 1973 karena hutan lebat di sekitarnya membuatnya terlalu sulit untuk dicapai.


4. Kuil Jupiter Pompeii, Italia / 200 SM

Courtesy of Expedia dan THIS IS RENDER

Pompeii diduduki oleh Romawi mulai tahun 310 SM. Namun, ia mempertahankan sebagian besar otonominya, sampai Pemberontakan Miring melawan Roma pada awal abad ke-1 SM. Pada tahun 89, kota itu dikepung oleh Sulla. Arsitektur kota sebagian besar telah diubah oleh orang Yunani, tetapi pemerintahan Romawi akan segera menyebabkan perubahan dalam gaya ini. Berbeda dengan penjajah sebelumnya, orang Romawi percaya pada pentingnya arsitektur dalam kehidupan keagamaan dan sipil.


5. Milecastle 39 (Bagian Tembok Hadrianus) Northumberland, Inggris/100 M

Courtesy of Expedia dan THIS IS RENDER

Tembok Hadrian membentang pantai ke pantai di Inggris utara, dari Wallsend di timur hingga Bowness-on-Solway di pantai barat. Dianggap sebagai yang paling terkenal dari semua perbatasan kekaisaran Romawi, Tembok Hadrian berdiri hari ini sebagai pengingat kejayaan masa lalu dari salah satu kekuatan terbesar dunia. Tembok Hadrian dijadikan Situs Warisan Dunia pada tahun 1987 dan merupakan bagian dari Perbatasan transnasional Situs Warisan Dunia Kekaisaran Romawi.


6. Piramida Matahari, Teotihuacán Teotihuacan, Meksiko / 200 M


Piramida besar di kota kuno Teotihuacán, Meksiko, dibangun sekitar 100 M dan merupakan salah satu struktur terbesar dari jenisnya di Belahan Barat. Piramida itu menjulang 216 kaki (66 meter) di atas permukaan tanah, dan berukuran sekitar 720 kali 760 kaki (220 kali 230 meter) di dasarnya. Piramida Matahari mendominasi Teotihuacán tengah dari sisi timur Avenue of the Dead, arteri utara-selatan utama kota dan dibangun dari sekitar 1.000.000 yard kubik (765.000 meter kubik) material.


7. Area Sacra di Largo Argentina—Kuil B Roma, Italia / 101 SM

Courtesy of Expedia dan THIS IS RENDER

Area Sacra atau Area Suci Largo di Torre Argentina memiliki sisa-sisa empat kuil tertua di Roma, Italia. Mereka ditemukan selama pekerjaan renovasi kota pada tahun 1920-an dan berasal dari era Republik, ketika mereka dibangun untuk memperingati kemenangan kemenangan atas wilayah lain.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page