7 Proyek Arsitektur Luar Biasa yang Didesain oleh Wanita
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

7 Proyek Arsitektur Luar Biasa yang Didesain oleh Wanita

Updated: Aug 18, 2022

Pada Hari Perempuan Internasional, penting untuk mengatakan bahwa perempuan mengangkat suara yang sah dan mengambil lebih banyak ruang setiap hari di semua bidang, termasuk arsitektur, yang merupakan industri yang didominasi laki-laki. Ini adalah fakta bahwa arsitektur dapat menjadi jalur karir yang menantang bagi perempuan , terutama di komunitas di mana perempuan didiskriminasi namun, ini tidak menghentikan mereka untuk sukses dan menciptakan mahakarya berikut adalah beberapa bangunan mengesankan yang dirancang oleh wanita!


7 Proyek Arsitektur Luar Biasa yang Didesain oleh Wanita (Source: Arch2O.com):


1. MAAT | Amanda Levelete dari AL_A

Lokasi: Av. Brasilia, 1300-598 Lisboa, Portugal


Source: Pinterest (Huston+Crow)

Museum MAAT Amanda Levete di Lisbon ditutupi dengan 15.000 ubin keramik putih dan memiliki bentuk bergelombang yang terinspirasi oleh air yang mengalir dari Sungai Tagus yang berdekatan. Ubin kaca kresek tiga dimensi mengartikulasikan faade dan memberikan permukaan kompleks yang memberikan interpretasi perubahan air, cahaya, dan bayangan, menggambar pada warisan kerajinan dan keramik Portugal yang kaya. Matahari dipantulkan dari air dan masuk ke dalam struktur oleh atap yang menjorok, yang memberikan perlindungan yang menyenangkan. Hadiah Jane Drew untuk Wanita dalam Arsitektur baru-baru ini diberikan kepada Levete, yang mengepalai firma AL_A.


2. Museum Messner Mountain Corones | Arsitek Zaha Hadid

Lokasi: Sain-Louis, Provinsi Bolzano – Tyrol Selatan, Italia


Pinterest (Zaha Hadid Architects)

Dirancang oleh Arsitek Zaha Hadid , The Messner Mountain Museum Corones dikelilingi oleh puncak alpine Zillertal, Ortler, dan Dolomites, dan terletak di puncak Gunung Kronplatz. MMM keenam dan terakhir, didirikan oleh pendaki legendaris Reinhold Messner, mencakup tradisi, sejarah, dan disiplin pendakian gunung. “Idenya adalah para tamu dapat turun ke dalam gunung untuk menjelajahi gua-gua dan gua-guanya, sebelum muncul di sisi lain melalui dinding gunung, keluar ke teras yang menjorok ke lembah jauh di bawah dengan pemandangan panorama yang menakjubkan,” kata Zaha Hadid.


3. Garasi Museum Miami | Amale Andraos dari WORKac

Lokasi: Distrik Desain Miami, Miami, FL, Amerika Serikat


Pinterest (Imagen Subliminal)

Museum Garage terletak di Miami Design District, yang terkenal dengan arsitektur mutakhirnya. Amale Membuat bangunan yang mempromosikan interaksi sosial, keberlanjutan, seni, musik, dan alam. Ruang publik yang diperkecil —taman, perpustakaan peminjaman, ruang seni, dan taman bermain—muncul dan menghilang di balik layar logam berlubang yang memberikan kontras visual, keteduhan, dan perlindungan dalam tampilan aktivitas manusia yang diilhami oleh koloni semut. Amale Andraos, pendiri WORKac juga merupakan dekan Sekolah Pascasarjana Arsitektur, Perencanaan, dan Pelestarian Universitas Columbia.


4. Pusat Arkeologi Mleiha | Sumaya Dabbagh dari Dabbagh Architects

Lokasi: Sharjah, UEA


Pinterest (Dabbagh Architect)

Pusat Arkeologi Mleiha di Sharjah dibangun untuk menjadi “peka terhadap lingkungan dan sejarah” terhadap lingkungannya. Strukturnya muncul dari bumi secara organik, dengan kemiringan yang mengarah ke teras atap di mana pengunjung dapat mengamati makam Zaman Perunggu yang signifikan secara historis dan sekitarnya. Bentuk bangunan berupa kumpulan dinding batu pasir konsentris yang cocok dengan lingkungan pasir merah, terinspirasi oleh makam bundar. Sumaya adalah pendiri Dabbagh Architects dan Ketua RIBA Gulf Chapter. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang mempromosikan kesejahteraan lahir dan batin.


5. Markas Besar GSW | Louisa Hutton dari Sauerbruch Hutton

Lokasi: Berlin, Jerman


Pinterest (Sauerbrugh Hutton)

Markas Besar GSW menghormati logika Barok dari rencana jalan dan peraturan urbanisasi abad ke-19. Ini juga mencatat kesenjangan konfrontatif yang telah dibuat antara gedung-gedung tinggi di setiap sisi Tembok Berlin dan menyerap sifat seperti objek dari gedung pencakar langit kantor yang ada dari tahun 1950-an. Pelat bertingkat tinggi yang baru adalah elemen yang terkait dengan masa kini dan masa depan dalam kombinasi pengaturan ruang yang beragam dari generasi yang berurutan. Louisa Hutton adalah arsitek terkemuka dari generasinya dan salah satu pendiri Sauerbruch Hutton bersama Matthias Sauerbruch.


6. HIKMAH; Kompleks Religius dan Sekuler | Mariam Kamara dari Atelier Masōmī

Lokasi: Dandaji, Nigeria


Pinterest (James Wang)

Dalam konteks keagamaan saat ini, kebebasan untuk menuntut ilmu di samping praktik keagamaan dapat digunakan. Dengan mengubah masjid bekas menjadi perpustakaan yang berbagi lokasi dengan masjid baru untuk desa Dandaji di Niger, proyek Hikma memperkenalkan kembali prinsip-prinsip yang berakar pada Islam itu sendiri, dengan bantuan para pemimpin lokal, wanita, dan pemuda. Inisiatif ini adalah pusat budaya dan pendidikan di mana orang-orang sekuler dan religius dapat hidup berdampingan secara damai. Desain Mariam Issoufou Kamara menekankan ruang tamu terbuka dan memanfaatkan bahan-bahan buatan lokal yang tersedia di Afrika.


7. Luas | Liz Diller dari Diller Scofidio + Renfro

Lokasi: Los Angeles, AS


Pinterest (Paidon)

Bangunan seluas 120.000 kaki persegi, senilai $140 juta ini memiliki dua tingkat ruang pameran untuk memamerkan koleksi lengkap The Broad dan akan menjadi rumah bagi perpustakaan peminjaman The Broad Art Foundation di seluruh dunia, berkat desain barunya "cadar dan lemari besi". Broad juga mencakup alun-alun umum seluas 24.000 kaki persegi yang berdekatan dengan museum, yang menambah ruang hijau penting di Grand Avenue. Elizabeth Diller, lebih dikenal sebagai Liz Diller, adalah seorang arsitek Amerika yang ikut mendirikan Diller Scofidio + Renfro pada tahun 1979. Dia juga seorang profesor arsitektur Universitas Princeton.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Call/WA : +6282190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page