top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

7 Tips Lengkap dan Praktis Menjaga dan Memelihara Keindahan Taman Rumah Anda


Ilustrasi Merawat Tanaman

Baik taman maupun tanaman merupakan sebuah elemen pendukung utama untuk menciptakan tampilan rumah yang cantik, segar dan tentunya ramah lingkungan. Rumah dapat dikatakan cantik dengan adanya kedua elemen tersebut, taman sebagai zona/space yang difungsikan sebagai tempat untuk tumbuhnya tanaman, begitu sebaliknya jika tidak ada tanaman, maka tanah atau taman hanya akan terlihat gersang dan sangat mengurangi estetika kecantikan dari tampilan fasad rumah sendiri. Memiliki Taman di halaman rumah memang sangat menyenangkan. Namun terkadang kita kesulitan untuk menjaga dan memelihara agar taman tetap indah dan menawan sepanjang waktu. Kesibukan kita yang padat sering menjadikan taman kita terbengkalai, terlebih karena kita tidak memiliki tukang kebun.


Berikut adalah 7 Tips Lengkap dan Praktis Menjaga dan Memelihara Keindahan Taman Rumah Anda yang dapat Anda praktikkan demi menjaga keindahan dan keasrian tanaman Anda sepanjang waktu.


Bersihkan Gulma

Jika kebetulan tanah anda tidak cukup subur untuk ditanami, sebelum ditanami ada baiknya tanah diolah dan dibalik sampai sedalam kurang lebih 20 cm. tujuan dari kegiatan ialah untuk mematikan rumput liar dan gulma sampai ke akar- akarnya.

PAngkas Tanaman

Memangkas Tanaman

Bagi mereka yang sudah terbiasa memangkas tanaman mungkin ini menjadi persoalan yang kecil. Namun bagi Anda yang kurang berpengalaman dan tidak yakin, ada trik memangkas agar rapi dan konsisten. Tancapkan tonggak kayu/bambu atau semacam batang lurus berdiameter kecil saja di bagian ujung-ujung tanaman Anda. Ikat benang bangunan atau tali rafia melintang di atas tanaman rimbun yang akan dipangkas. Atur benang seperti yang Anda inginkan. Nah, Anda bisa mulai memangkas mengikuti batasan yang Anda buat dengan tali tadi.


Pilih Tanaman Sesuai Dengan Kondisi Pencahayaan

Jenis yang bisa dipakai dalam sebuah taman perlu dipilih juga berdasarkan kondisi pencahayaan yang jatuh ke dalam taman. Jika nantinya taman kurang mendapatkan sinar matahari sehingga cenderung teduh maka Anda bisa memilih jenis tanaman yang bisa hidup di dalam ruang dengan kelembaban sedang atau tinggi misal tanaman air. Anthurium putih, sutra Bombay, rumput gajah, teratai, pistia (kiambang), lili paris, dsb. Jenis yang kena sinar matahari dengan intensitas tinggi akan lebih banyak memberikan dampak pilihan tanaman yang harus tahan terhadap banyaknya cahaya ini misalnya pisang-pisangan (heliconia sp.), sansiviera sp. (lidah mertua), lotus, alipina sanderae (jahe hias), bayam merah, iris, aglaonema, kamboja dll.


Rumput Hias Tumbuh Tidak Rata? Lakukan Langkah-langkah ini!

Rumput Hias

Kesan bolong-bolong tampak pada hamparan rumput di halaman Anda karena tumbuh tidak merata? Nah, Anda harus bersiap-siap cut and fill sekali lagi, sebab ada kemungkinan pada pemasangan rumput pertama kali Anda menaruhnya pada lembaran besar sekaligus, maka kali ini Anda bisa membuat potongan rumput kecil 20x20 cm yang diambil dari hamparan besar dan letakkan pada titik-titik kosong tadi. Nah, Anda tinggal menunggu tumbuhnya pulau rumput baru Anda. Jangan lupa jaga selalu kelembaban area rumput yang baru dengan menyirami sesekali.


Daun Aglaonema Tampil Menarik

Para hobis aglaonema, pasti Anda menginginkan tampilan daun yang segar dan mengkilap sehingga tampak selalu indah dilihat mata. Salah satu cara mudah ialah mengolesi permukaan daun dengan susu murni atau susu bubuk yang dilarutkan dengan air. Tidak disarankan dengan susu manis karena akan mengundang semut datang. Langkahnya adalah sebagai berikut, bersihkan daun-daun aglonema dengan air dan gunakan lap lembut untuk mengeringkannya. Ambil sepotong kapas, celupkan pada larutan susu tersebut lalu usapkan secara merata pada daun-daun aglaonema Anda. Cara ini ampuh untuk mengilapkan daun berharga ini.


Membuat Pestisida Alami Dengan Cabe Keriting

Cabai Keriting

Pemakaian pestisida untuk mengusir tanaman mungkin praktis, namun Anda perlu melihat bahaya tersembunyi yang diakibatkannya dalam jangka panjang. Sebenarnya Anda bisa membuat pestisida alami berbahan cabai. Ambil segenggam cabai keriting, tumbuk atau blender bersama dengan air 600 ml lalu diamkan selama beberapa menit. Sebelum dimasukkan ke dalam sprayer, saring terlebih dahulu. Nah, pestisida buatan tangan yang ramah lingkungan pun siap dipergunakan.


Kumpulkan Puntung Rokok! Gunakan Untuk Pembunuh Kutu Daun

Alternatif penyehat tanaman yang bisa diambil dari bahan-bahan rumahan di antaranya ialah puntung rokok. Rendam 203 puntung rokok tanpa filter dalam segelas air sehingga warnanya menyerupai warna teh. Campur sedikit busa sabun atau disinfektan. Masukkan campuran tersebut ke dalam sprayer dan semprotkan ke daun yang terserang kutu. Puntung rokok yang di blender juga efektif dalam mematikan aneka hama yang biasa hidup di dalam tanah. Anda bisa menuangkan campuran ini ke sekeliling alas dasar tanaman.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page