top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

8 Perangkat Lunak Desain Rumah dan Interior Gratis Terbaik

Apakah Anda merencanakan perluasan dapur atau kamar mandi baru? Atau mungkin Anda baru saja pindah ke rumah baru dan berencana untuk memulai beberapa proyek renovasi? Baik Anda melakukan semuanya sendiri atau beralih ke profesional, ada banyak perangkat lunak desain interior dan rumah profesional yang tersedia, ramah pengguna, terjangkau, dan gratis.



Terlepas dari proyek rumah apa yang sedang Anda kerjakan, Anda pasti ingin mengomunikasikan ide-ide Anda dengan semua orang yang terlibat seakurat mungkin, dan perencana ruangan akan membantu Anda melakukan hal itu. Ini adalah cara paling akurat untuk menyempurnakan ide Anda secara visual.


1. SketchUp


SketchUp adalah perangkat lunak desain 3D gratis terlengkap yang akan Anda temukan di web. Alat desain rumah yang kuat ini cukup mendalam untuk membuatnya tampak seperti Anda bergerak melalui rumah masa depan Anda, sementara cukup fleksibel untuk membuatnya terasa seolah-olah Anda sedang bekerja dengan pena dan kertas.


Versi gratisnya sangat cocok untuk para penghobi, sedangkan versi pro lebih cocok untuk para profesional di bidang arsitektur, konstruksi, teknik, dan desain interior komersial.


2. FloorPlanner


Floorplanner memungkinkan Anda mendesain dan mendekorasi ruang Anda dalam 2D ​​dan 3D, yang dapat dilakukan secara online dan tanpa harus mengunduh perangkat lunak apa pun. Meskipun fungsi dekorasi interiornya merupakan fitur unggulan, kekuatan alat ini terletak pada fungsinya sebagai perencana lantai. Kemudian, setelah denah lantai selesai, Anda dapat beralih tampilan dan mendekorasi ruang dalam mode 3D.


Ini mudah digunakan dan mudah dipahami, jadi jika Anda mencari sesuatu yang tidak memerlukan kurva belajar yang sulit, Floorplanner adalah pilihan yang baik.


3. SmartDraw


SmartDraw adalah alat canggih lainnya di dunia perencanaan lantai. Ini cukup mudah untuk dipelajari sehingga tidak ada yang dikecualikan untuk menggunakannya, sementara cukup mahir untuk memfasilitasi desain yang rumit bagi desainer yang lebih mahir.


Dengan pilihan furnitur, mobil, bahan bangunan, dan ribuan templat dan contoh denah lantai yang tampaknya tak ada habisnya, Anda akan dapat menjelajahi kemungkinan desain dan tata letak yang tak terbatas untuk ruang baru Anda. Satu-satunya downside ke alat ini adalah bahwa itu hanya gratis selama tujuh hari pertama, jadi jika Anda berencana menggunakannya lebih lama atau untuk beberapa proyek, mungkin layak untuk ditingkatkan.


4. Planner 5D


Planner 5D adalah alat desain rumah dengan tampilan terbaik. Seperti versi gratis Sketch Up, alat ini sangat imersif, yang berarti Anda dapat menjelajahi desain dengan kaki tetap santai.


Dengan Planner 5D Anda dapat memulai dari awal atau menggunakan template yang sempurna untuk menyusun denah lantai secara cepat jika Anda tidak punya waktu atau tidak ingin membuat desain yang rumit. Apa yang sangat hebat tentang perangkat lunak ini adalah ia bekerja di iOS, yang berarti Anda dapat membuat rencana di ponsel atau iPad saat Anda sedang bepergian.


Memulai tidak bisa lebih mudah. Mulailah dengan menyesuaikan bentuk lantai, ukuran, bahan dan warna. Kemudian tambahkan furnitur dan aksesori, beralih ke 3D dan tambahkan jendela dan pintu. Tambahkan lantai dua jika Anda mau, dan kemudian atapnya. Satu-satunya downside adalah bahwa jika Anda ingin menggunakan furnitur dalam aplikasi, itu bisa menjadi mahal untuk apa pun selain tempat tidur, kursi, atau sofa paling dasar .


Semua aspek desain dapat diubah dalam hal warna dan tekstur dan, ketika Anda siap untuk membagikan rencana Anda, itu dapat dicetak dalam format fotorealistik.


5. HomeByMe


HomeByMe adalah salah satu alat desain rumah. Sejauh yang kami tahu, ini benar-benar gratis dan begitu juga semua fiturnya. Cara kerjanya, adalah mereka menambahkan produk mereka ke katalognya, yang berarti Anda akan menggunakan produk yang sebenarnya untuk melengkapi dan mendekorasi rumah Anda. Keuntungannya adalah Anda dapat merencanakan desain Anda hingga akhir dan memiliki akses ke furnitur dan dekorasi aktual yang Anda gunakan untuk menciptakan ruang Anda secara imajinatif.


Seperti dengan Planner 5D, Anda dapat beralih dari 2D ke 3D setelah menyelesaikan denah lantai dan mendesain tampilan dan nuansa setiap ruangan. Atau, Anda dapat mulai dengan dekorasi dan tekan 'ringkasan' dan perangkat lunak akan menghasilkan denah lantai dengan semua perabotan dan peralatan Anda di tempat yang tepat.


6. Roomstyler


Ada banyak hal yang disukai tentang Roomstyler. Seperti HomeByMe, ini sangat mudah digunakan. Faktanya, ini sangat intuitif sehingga hampir tidak ada kebutuhan untuk video tutorial yang tersedia yang merupakan nilai tambah lainnya untuk perangkat lunak ini. Dari semua alat desain rumah, yang satu ini memiliki video tutorial yang tersedia untuk setiap pertanyaan yang mungkin Anda miliki tentang alat tersebut.


Keuntungan terbesar tentang perangkat lunak ini adalah Anda dapat membuat ruang khusus dalam hitungan menit. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melengkapi ruang Anda menggunakan produk dari merek asli, yang berarti Anda akan mendekorasi rencana Anda dengan barang-barang yang dapat Anda beli saat Anda siap untuk mewujudkan desain Anda.


7. DFS


Sofa adalah salah satu investasi terpenting yang akan Anda buat untuk rumah Anda, jadi saat mencari sofa baru di DFS, Anda juga dapat mendesain ulang kamar Anda – sangat ideal jika Anda mendekorasi ulang atau pindah ke rumah baru. Anda dapat menggunakan tampilan 2D atau tampilan 3D dan dari sana, pilih bentuk ruangan, masukan pengukuran, dan tentukan warna dinding dan penutup lantai. Anda bahkan dapat menambahkan aksesori untuk mempercantik ruangan, ditambah bermain-main dengan dekorasi untuk melengkapi sofa pilihan Anda.


8. Visualiser CarpetRight


Jika Anda berpikir untuk berinvestasi di lantai baru, visualisator lantai Carpetright akan membantu Anda membayangkan seperti apa ruangan Anda nantinya dengan karpet, vinil, kayu, atau lantai laminasi. Cukup ambil foto kamar pilihan Anda (atau pilih ruang sampel) dan unggah ke visualiser. Anda akan dapat menyesuaikan warna dinding dan jenis lantai. Dari sana Anda dapat menyimpan kamar Anda dan memesan swatch, membawa Anda selangkah lebih dekat ke kamar impian Anda.


Nantikan postingan-postingan Studio7 Design and Build selanjutnya yang selalu up to date, anda juga dapat berlangganan tulisan Studio7 Design and Build yang sangat inspiratif tentunya dengan memasukan e-mail anda pada widget paling bawah yang akan anda temukan pada tab home.


Studio7 Design and Build sangat mengharapkan masukan dari anda mengenai saran postingan yang anda inginkan, dapat dikirim melalui e-mail atau komentar di bawah ini.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Call/WA : 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id





0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page