9 Jenis Kursi untuk Rumah Anda dan Cara Memilihnya
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

9 Jenis Kursi untuk Rumah Anda dan Cara Memilihnya



Kursi adalah perabot yang biasanya dapat menampung satu orang pada satu waktu, sepenuhnya, minimal, atau tidak berlapis kain, dan tersedia dalam berbagai desain dan bahan agar sesuai dengan setiap jenis ruang dan kebutuhan. Anda mungkin bertanya-tanya apa arti beberapa sebutan atau di ruangan apa kursi tertentu dimaksudkan untuk berfungsi di luar tempat duduk. Di bawah ini, kami akan menguraikan seluk beluk setiap jenis kursi dan apa yang harus Anda pertimbangkan saat memilih mana yang terbaik untuk ruang Anda.


01 Wing Chair

Terbaik untuk: Ruang tamu, sudut baca, sudut kamar tidur.


Kursi bersayap (juga dikenal sebagai kursi bersayap belakang) adalah kursi tahan lama dengan sandaran kokoh, kaki kayu pendek (biasanya kayu yang dibelokkan), dan biasanya dilapisi kain atau kulit. Kursi bersayap belakang dibedakan oleh panel samping atau "sayap" di punggung tinggi, yang awalnya berfungsi untuk melindungi penghuni dari angin di dalam ruangan, atau panas yang berlebihan dari perapian. Kursi bersayap tradisional dapat berukuran lebih dari 40 inci dari lantai ke bagian atas belakang, menjadikannya perabot yang substansial.


Meskipun kursi sayap adalah jenis kursi baca yang sangat tradisional, kursi ini telah ditafsirkan ulang dan diberi cita rasa yang lebih kontemporer oleh banyak desainer modern. Misalnya, Kursi Telur modern ikonik Arne Jacobsen dianggap sebagai kursi sayap yang dimodifikasi. Hari ini, kursi bersayap terus memberikan permukaan yang nyaman untuk mengistirahatkan kepala untuk tidur siang, bersantai, atau membaca, meskipun sayapnya mungkin tidak selalu diucapkan seperti pada versi antik.


02 Occasional Chair

Terbaik untuk: Setiap ruangan di rumah sebagai aksen dekoratif, pengisi, atau tempat duduk tambahan


Kursi sesekali hanya itu, kursi yang digunakan sesekali. Biasanya kursi tambahan yang digunakan saat Anda memiliki tamu. Kursi sesekali sering menjadi potongan aksen di sebuah ruangan, dipilih karena nilai dekoratifnya lebih dari apa pun.


Kursi sesekali datang dalam berbagai ukuran dan bentuk agar sesuai dengan semua jenis dekorasi. Beberapa kursi berukuran mungil sementara yang lain berukuran besar atau dramatis dalam ukuran dan desain yang bertindak sebagai bagian percakapan atau aksen di sebuah ruangan. Kursi sesekali bisa sesederhana kursi berlengan kecil yang tidak dilapisi kain atau yang trendi seperti kursi gelembung kepompong. Anda mungkin ingin berbelanja secara royal pada desainer atau kursi sesekali yang ikonik, seperti kursi Barcelona asli Knoll , untuk menambah ruangan yang membutuhkan aksen unik atau sedikit warna.


03 Club Chair

Cocok untuk: Ruang tamu atau ruang tamu tradisional formal atau semi formal


Kursi klub adalah kursi berlengan yang tahan lama dan berlapis kain tebal. Lengan dan punggungnya lebih rendah dari jenis kursi lainnya dan kursinya relatif berbentuk kotak meski terkadang melengkung. Kursi klub juga biasanya berlapis kulit . Istilah ini berasal dari Inggris abad ke-19 di mana klub pria memiliki kursi jenis ini untuk bersantai. Jenis kursi klasik ini masih sering terlihat di klub, bar, dan restoran kelas atas. Kursi klub tradisional berukuran cukup besar. Seringkali lebarnya 37 hingga 39 inci (sisi ke sisi) dan kedalaman 39 hingga 41 inci untuk kenyamanan superior.


Seperti banyak gaya tradisional lainnya, kursi klub juga telah diperbarui dan diubah ukurannya agar sesuai dengan interior yang lebih kecil (Anda sering dapat menemukan kursi klub klasik yang berukuran lebar 27 inci dan kedalaman 30 inci, misalnya). Kursi klub modern masih merupakan desain yang menyiratkan kecanggihan dan mungkin mahal untuk versi yang dibangun dengan baik, tetapi mungkin menunjukkan sedikit lebih banyak kaki dan memiliki lengan bawah, atau hampir tidak memiliki lengan sama sekali. Sementara kulit secara tradisional merupakan penutup pilihan, sekarang kursi klub hadir dalam pilihan kain agar sesuai dengan lebih banyak jenis dekorasi. Anda mungkin menyukai kursi klub tunggal yang elegan atau sepasang dengan meja di antara mereka di sebuah ruangan untuk membedakan dan menambatkan ruang.


04 Side Chair

Terbaik untuk: Ruang makan, tempat duduk ekstra cepat di ruangan mana pun, tempat duduk tamu di kantor pusat


Biasanya, kursi ruang makan dianggap sebagai kursi samping . Kursi samping adalah kursi kecil dengan bingkai yang kokoh dan terlihat, punggung terbuka atau kokoh, dan lengan terbuka, atau tanpa lengan sama sekali. Kursi dan sandaran mungkin atau mungkin tidak berlapis kain. Kursi samping sering dijual dalam set dua, empat, enam, atau lebih karena dimaksudkan untuk mengelilingi meja. Untuk pengaturan itu, pertimbangkan jenis pelapis yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Kulit akan bertahan lama dengan hati-hati, tetapi serat mikro dan kain sintetis lainnya akan dibersihkan dengan baik. Jika Anda terbiasa dengan stapler, Anda selalu dapat melapisi kembali jok dan sandaran karena biasanya mudah dilepas.


Selain digunakan di ruang makan, kursi samping dapat menambah tempat duduk tambahan di ruang tamu atau ruang lain. Mereka tidak besar seperti kursi klub atau sayap. Kursi samping biasanya berukuran 17 hingga 20 inci dari lantai ke atas kursi, yang tidak terlalu ideal untuk meringkuk. Pertimbangkan itu jika Anda menginginkan kenyamanan. Tetapi jika Anda menyukai barang antik, Anda akan menemukan banyak jenis kursi samping tahan lama yang dapat Anda padu padankan dengan dekorasi modern untuk menciptakan tampilan interior yang khas.


05 Slipper Chair

Terbaik untuk: Ruang keluarga atau kamar tidur


Kursi sandal selalu merupakan kursi berlapis tanpa lengan dengan punggung tinggi dan kaki pendek yang memungkinkannya duduk lebih dekat ke tanah. Ketinggian yang rendah membedakan kursi, dan juga menjadikannya pilihan yang nyaman bagi banyak orang yang menginginkan tempat yang nyaman untuk duduk di kamar tidur atau ruang tamu. Kursi sandal tersedia dalam berbagai ukuran, dari mungil hingga sedikit kebesaran agar sesuai dengan skala ruangan. Kaki kursi sandal bisa berbentuk kotak-kotak dan lurus atau meruncing dan melebar untuk elemen desain. Bagian belakang kursi sandal mungkin sedikit miring ke belakang atau sedikit melengkung untuk memeluk pengguna.


Sementara kursi sandal awalnya digunakan di kamar tidur wanita Victoria untuk duduk sambil mengenakan stoking dan sepatu, mereka dapat ditemukan di setiap ruangan di rumah modern saat ini. Pasangkan di seberang sofa atau gunakan sebagai kursi tunggal di mana Anda membutuhkan kursi empuk sesekali.


06 Recliner

Cocok untuk: Ruang keluarga, ruang tamu santai, ruang rapat


Kursi reclining adalah kursi berlapis kain yang besar dan kuat yang bersandar ke belakang untuk kenyamanan dan populer untuk membaca dan menonton media. Anda dapat menemukan versi tradisional dan bergaya di kulit atau kain. Kursi malas memungkinkan Anda mengangkat kaki dan bersantai, lalu menyimpan sandaran kaki setelah selesai.


Kursi malas terkenal karena ukurannya yang sangat besar, terutama saat bersandar. Anda biasanya membeli kursi malas berdasarkan ukuran orang yang akan menggunakannya. Orang yang besar atau tinggi akan menginginkan kursi malas yang lebih besar daripada orang yang mungil dan lebih pendek. Misalnya, meskipun ukuran kursi malas bervariasi menurut produsen, kursi malas kecil mungkin memiliki lebar 29 inci (dari sisi ke sisi) sementara kursi besar dapat berukuran lebar 39 hingga 42 inci.


Jika Anda menyukai kursi malas dan memiliki ruang terbatas, pertimbangkan jenis kursi malas yang disebut wall hugger. Pemeluk dinding dirancang sedemikian rupa sehingga tidak memerlukan banyak jarak antara dinding dan bagian belakang kursi, tetapi sandaran kaki berperilaku seperti halnya dengan kursi malas tradisional. Banyak kursi malas modern sekarang diubah ukurannya agar sesuai dengan pengguna yang lebih mungil dan ruang yang lebih kecil.


Kursi malas dianggap sebagai furnitur utama yang ingin Anda investasikan karena sering digunakan dan dimaksudkan untuk bertahan selama bertahun-tahun. Sebuah kursi malas bisa datang dengan banyak pilihan, dari pemijat, elemen pemanas, mekanisme powerlift, atau glider, misalnya, dan setiap penambahan mungkin memerlukan perawatan di telepon. Berhati-hatilah jika Anda mencari kursi malas murah karena Anda menginginkan mekanisme manual atau listrik yang tahan lama yang memungkinkan semua bagian kursi beroperasi dengan lancar dan mudah direbahkan dan ditutup.


07 Chaise Lounge

Terbaik untuk: Luar ruangan, kamar tidur


Sebuah kursi malas pada dasarnya adalah kursi panjang, di mana Anda dapat meregangkan kaki Anda tanpa harus menggunakan ottoman. Bagian belakang biasanya pada sudut semi-reclining, dan ini adalah kursi yang Anda gunakan untuk bersantai di luar ruangan. Ada juga kursi malas tanpa sandaran dengan lengan yang digulung atau melebar yang lebih mirip bangku berlapis kain dan sering digunakan di ujung tempat tidur .


Chaise longue menjadi chaise lounge dalam penggunaan bahasa Inggris, dan itulah yang biasa disebut kursi malas yang panjang dan sempit. Karena kursi ini adalah tentang relaksasi, Anda akan sering menemukan bentuk ini paling sering digunakan untuk furnitur luar ruangan .


Kursi malas luar ruangan bisa mencapai 74 hingga 78 inci saat direbahkan. Kursi datang dalam hampir semua bahan luar ruangan, dengan bingkai logam, plastik, kayu, atau anyaman di atasnya dengan bantal yang terbuat dari kain luar ruangan. Beberapa kursi malas yang ramping terbuat dari bahan mesh sintetis yang kokoh dan mudah dibersihkan yang membentang di bingkai dan tidak memerlukan bantal. Anda mungkin lebih suka menggunakan kursi santai tanpa gravitasi di luar ruangan dengan bingkai logam yang dilapisi jaring atau kursi empuk di dalam ruangan seperti yang dilakukan banyak orang karena membantu menempatkan tubuh pada posisi netral dan nyaman.


08 Chair and a Half

Terbaik untuk: Tempat duduk utama untuk ruangan kecil, pengisi untuk ruangan yang lebih besar, pintu masuk yang besar


Kursi setengah adalah perabot tempat duduk yang sangat berguna, karena sedikit lebih besar dari kursi dan lebih kecil dari kursi empuk. Lebar satu setengah kursi menjadikannya perabot yang ideal untuk bersantai. Kursi yang ditampilkan di sini bergaya modern, tetapi Anda dapat menemukan kursi yang sesuai dengan dekorasi apa pun. Ini mungkin memiliki punggung yang ketat dan kursi yang ketat, atau memiliki bantal yang longgar untuk bagian belakang dan kursi. Itu juga bisa memiliki punggung yang ketat dengan kursi yang longgar. Seperti banyak jenis tempat duduk lainnya, tempat duduk ini juga dapat dilapisi.


Jenis kursi ini serbaguna dan dapat digunakan di sejumlah pengaturan, seperti ruang tamu kecil atau kamar tidur. Pengecer mungkin tidak biasanya membawa kursi setengah karena kurang populer dibandingkan kursi lain karena ukurannya yang unik.


Jadi apa ukuran khas dari kursi-dan-setengah? Pertimbangkan bahwa kursi berlapis kain biasa dapat berukuran sekitar 38 inci (sisi ke sisi), kursi empuk dapat berjalan dengan lebar 60 inci, dan kursi setengah jatuh di tengah dengan lebar sekitar 50 inci.


09 Klismos Chair

Terbaik untuk: Ruang keluarga eklektik atau formal, ruang makan, kantor rumah, kamar tidur, lorong, pintu masuk


Kursi klismos adalah kursi samping / kursi sesekali yang unik yang biasanya dibuat dengan bingkai kayu dan dilapisi seluruhnya atau sebagian. Ini dianggap sebagai jenis desain bersejarah yang tetap populer sepanjang sejarah furnitur.


Kursi klismos asli dari Yunani kuno adalah kursi ringan yang dirancang anggun dan elegan dengan panel belakang melengkung lembut, kursi datar, dan kaki sedikit terentang. Selama bertahun-tahun desain menjadi kurang ramping dengan bagian yang lebih tebal dan lebih berat. Namun, desainnya bertahan, dan dihidupkan kembali pada akhir abad ke-18 oleh pembuat furnitur Amerika.


Bentuk kursi Yunani kuno telah ditafsirkan ulang selama berabad-abad, dan Anda masih dapat menemukan barang antik , banyak dengan lekukan dan lekukan yang berlebihan. Untuk digunakan dalam interior dan eksterior modern saat ini, Anda akan menemukan kursi klismos dalam berbagai bahan dan penutup termasuk logam, kayu, dan kulit. Anda akan sering menemukan kursi klismos dijual set karena sering digunakan di ruang makan.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Call/WA : 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page