Apa Itu Rangka Atap Baja Ringan?
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Apa Itu Rangka Atap Baja Ringan?

Ringan berarti tidak berat, sedikit bobotnya dan enteng. Kalau berbicara ukuran berarti harus ada pembanding, mengatakan ringan bisa jadi relatif jika tidak diketahui pembandingnya. Melalui penelitian empiris yang dilakukan beberapa produsen baja ringan, didapat bahwa perbandingan berat tiap material adalah sebagai berikut:

Diurutkan berdasarkan material yang paling berat:

1. Beton 30kg/m2,

2. Kayu 20kg/m2,

3. Baja 10.24kg/m2,

4. Baja ringan 6-7 kg/m2.

Baja ringan hanya 6-7kg/m2, bandingkan dengan kayu bisa mencapai 20kg/m2, atau bahkan dengan beton 30kg/m2, terbukti bahwa baja ringan memang ringan.


Bahan Dasar Baja Ringan


Bahan dasar baja ringan adalah carbon steel. Carbon steel adalah baja yang terdiri dari elemen-elemen yang presentase maksimum selain bajanya sebagai berikut: 1.70% carbon, 1.65% manganese, 0.60% silicon, 0.60% copper. Carbon adalah unsur kimia dengan nomor atom 6, tingkat oksidasi 4.2 dan mangan adalah unsur kimia dengan nomor atom 25, tingkat oksidasi 7.6423. carbon dan manganese adalah bahan pokok untuk meninggikan tegangan (strength) dari baja murni. Penambahan presentase carbon akan mempertinggi Yield Stress tetapi mengurangi daktilitas. Baja ringan adalah baja High Tensile G-550 (Minimum Yeild Strength 5500 kg/m2) dengan standar bahan ASTM A792, JIS G3302, SGH 570.


Untuk melindungi material baja mutu tinggi dari korosi, harus diberikan lapisan pelindung (coating) secarai memadai. Berbagai metode untuk memberikan lapisan pelindung guna mencegah korosi pada baja mutu tinggi telah dikembangkan. Jenis coating pada baja ringan yang beredar dipasaran adalah Galvanized, Galvalume, atau sering juga disebut sebagai zincalume dan ZAM, dikembangkan sejak 1985, menggunakan lapisan pelindung yang terdiri dari: 96% zinc, 6% aluminium, dan 3% magnesium.


Profil Baja Ringan


Profile baja ringan dibentuk dari plat-plat yang sudah jadi, menjadi profile baja dalam temperature atmosfirr (dalam keadaan dingin). Tebal plat yang dibentuk menjadi profile di sini tebalnya kurang dari 3/6 inch. Profil semacam ini ringan dan sering disebut sebagai light gage cold from steel. Profile kuda-kuda rangka atap baja ringan yang beredar di pasaran terdiri dari profile hat section, profile C section, profile Z, dan profile hollow. Tiap profile memiliki kelebihan serta perbedaan prinsip dalam pemasanganya. Contoh profile yang beredar di pasaran seperti di bawah ini.

Profil C Baja Ringan

Profil Z Baja Ringan

Profil-profil Baja Ringan

Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page