Bagaimana Pencahayaan Buatan Dapat Meningkatkan Arsitektur?
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Bagaimana Pencahayaan Buatan Dapat Meningkatkan Arsitektur?

Pencahayaan buatan sangat memengaruhi cara kita memahami dan menyadari ruang itu selalu digunakan sebagai elemen yang efisien untuk menonjolkan aspek arsitektur tertentu, menciptakan kontras, menciptakan suasana yang diinginkan, dan yang terpenting, menerangi!


Nenek moyang kita para arsitek berhasil dan kreatif menggunakan cahaya alami untuk kepentingan mereka, meninggalkan kita dengan contoh-contoh hebat termasuk Pantheon Roma dan Parthenon Athena, sementara arsitek kontemporer menciptakan mahakarya dengan cahaya alami juga, seperti Studio Cahaya Tadao Ando dan Gereja Cahaya. Pencahayaan buatan juga dapat menjadi alat yang ampuh dalam desain arsitektur! Karena lebih dapat dikontrol, pencahayaan buatan dapat membawa estetika dan fungsionalitas arsitektur ke tingkat yang sama sekali baru. Ini dapat dikustomisasi agar sesuai dengan kebutuhan ruang yang tepat, sangat menentukan geometrinya dan menunjukkan material dan teksturnya.

Fotografi oleh Luke Hayes

Apa itu pencahayaan buatan?

Istilah pencahayaan buatan mengacu pada cahaya buatan manusia yang dipancarkan dari sumber termasuk api, cahaya gas, dan lampu listrik. Namun, di zaman modern, pencahayaan buatan sebagian besar mengacu pada cahaya yang dipancarkan dari lampu listrik. Lampu atau perangkat penerangan ini biasanya terdiri dari elemen pemancar cahaya di dalam wadah luar yang mentransmisikan cahaya ini.


Cahaya buatan dapat dikontrol dan dapat ditingkatkan, dikurangi, diarahkan, difokuskan, dan diwarnai. Ada beberapa sumber cahaya, pilihannya tergantung pada fungsi ruang dan kualitas cahaya yang dibutuhkan.


Pentingnya Cahaya Buatan Dalam Arsitektur:

1. Cahaya buatan menggantikan cahaya alami pada malam hari, atau di area di mana cahaya alami tidak terjangkau.

2. Ini adalah elemen yang kuat dalam desain interior dan eksterior.

3. Jenis dan kualitas cahaya buatan dapat mempengaruhi suasana hati dan kesehatan pengguna suatu ruang.


Sumber: Arch2O.Com


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page