Berbagai Jenis Tanaman Sebagai Pelengkap Interior
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Berbagai Jenis Tanaman Sebagai Pelengkap Interior

Pada dewasa ini, perubahan tren interior dari waktu ke waktu semakin berkembang. Untuk saat ini, tren yang sedang booming yaitu Urband Jungle. Pada dasarnya, maksud dari urban jungle sendiri adalah suatu penyelarasan desain interior terhadap alam di sekitarnya. Kombinasi dari setiap elemen yang ada di dalamnya menjadi seimbang. Bisa dikatakan desain ini mengacu pada keseimbangan kehidupan selain manusia, melainkan unsur lain di sekitarnya yaitu tumbuhan.

Sering kita temui pada desain-desain interior terkini, yaitu pengaplikasian pada tumbuhan yang ada di dalam ruangan (indoor). Hal itu sangat kompleks dalam mengubah suasana interior menjadi lebih asri dan segar. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua tumbuhan dapat kita aplikasikan di dalam ruangan. Hanya beberapa tumbuhan saja yang bisa kita aplikasikan, hal itu berhubungan dengan cara perawatan dan kebutuhan terhadap sinar matahari secara langsung sebagai proses fotosintesis. Selain itu juga kadar air yang dibutuhkan tumbuhan juga berpengaruh terhadap tumbuhan yang mampu bertahan di dalam ruang.


Berikut adalah jenis-jenis tumbuhan cantik yang dapat kita letakkan di dalam ruangan:


Sansevieria (Lidah Mertua)

Sansevieria memiliki berbagai macam jenis, namun Sansevieria jenis ‘Black brazilian’ dipilih sebagai tanaman pelengkap desain interior yang menghasilkan banyak oksigen, karena perawatannya yang mudah, dan tidak perlu sering disiram. Cara pengembangbiakannya pun juga cukup mudah karena Sansevieria menghasilkan tunas anakan di sekelilingnya.


Jenis tanaman ini sangat cocok kita terapkan pada desain interior bergaya industrial.


Spider Plants (Chlorophytum comosum)


Tanaman jenis rumput-rumputan ini terlihat sangat cantik dengan bentuk seperti laba-laba, hal itu kenapa jenis tanaman ini disebut dengan nama Spider. Tanaman ini sangat cocok ditanam dengan pot dan diletakkan di sudut khusus, sehingga dapat ditonjolkan keunikannya untuk mempercantik desain interior dengan berbagai gaya.


Tanaman yang masa hidupnya cukup lama ini, justru tumbuh dengan baik dengan pencahayaan matahari tidak langsung, sehingga cocok menjadi pelengkap desain interior.


Monstera Deliciosa


Monstera deliciosa mudah tumbuh dan ditemui di Indonesia karena iklimnya yang mirip dengan habitat aslinya di hutan hujan tropis di Meksiko dan Amerika Tengah. Dengan bentuk daun menyerupai hati dengan banyak lubang, membuat tanaman ini mudah dikenali karena memiliki ciri khas yang cantik. Dengan daun berbentuk lebar dan tekstur yang tegas membuat tumbuhan ini sangat cocok untuk desain interior bergaya tropis.


Tanaman Karet Hias (Ficus lyrata)


Ficus lyrata mampu bertahan di daerah temperatur rendah dengan sedikit pancaran sinar matahari. Dengan daun yang lebar dan tebal, tumbuhan ini mampu menghasilkan banyak oksigen dan memerlukan sedikit pancaran sinar matahari. Tumbuhan ini cocok jika diletakkan di dalam kamar mandi untuk mempertegas nuansa asri di dalam kamar mandi yang lembab.


Pakis Sarang Burung (Kadaka)


Tanaman khas indonesia ini selain cantik, juga unik. Sangat mudah ditemui di pasaran, tanaman ini sangat mempertegas kesan tropis dan minimalis. Jenis tumbuhan paku-pakuan ini memiliki tekstur garis yang tegas dan daunnya yang panjang sangat cocok dijadikan hiasan di teras.


Tanaman Palem

Jenis tanaman yang satu ini sangat lah familiar di Indonesia. Dengan berbagai bentuk yang ada, tanaman ini sangat lah cocok sebagai pelengkap dekorasi interior dengan tekstur garis-garis tulang. Tanaman ini sangat berguna untuk meminimalisir polutan. Namun tanaman palem membutuhkan sedikit perawatan khusus, yaitu harus disiram secara teratur supaya tekstur dan warna daunnya tetap cantik. Selain cocok dijadikan tanaman interior, tanaman ini juga cocok untuk di taruh di luar rumah atau di taman.


Mengikuti tren masa kini yaitu nuansa interior yang dibuat se-asri mungkin, kita dapat memilih beberapa jenis tanaman di atas untuk mempercantik ruangan di rumah. Jangan lupa untuk selalu merawat tanaman yang kita pilih supaya tetap cantik dipandang mata.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page