top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Cara Memaksimalkan Area Servis Pada Rumah

Cara Memaksimalkan Area Servis Pada Rumah

archify.com

Area servis merupakan salah satu area penting dalam rumah. Yaitu berguna sebagai area memasak makanan berat, mencuci dan menjemur pakaian, serta sebagai area untuk menyimpan barang yang tidak begitu diperlukan. Namun, karena area ini tidak termasuk dalam area utama dalam rumah, seringkali didesain dengan tidak maksimal.


Berikut adalah cara memaksimalkan desain area servis pada rumah :


Mempersiapkan Biaya

archify.com

Menambahkan ruang servis ke dalam rumah baik dengan ekstensi atau desain ulang, biayanya tidak jauh berbeda dengan menambahkan sebuah dapur baru. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti sambungan listrik, pencahayaan, serta pipa air untuk mencuci. Maksimalkan barang-barang lama yang ada untuk menghemat pengeluaran.


Pastikan untuk mempertimbangkan apa saja yang harus Anda beli dan apa saja yang ingin Anda masukkan ke dalam ruang servis itu. Jangan lupa sesuaikan ukuran ruangan dengan barang yang akan dimasukkan. Simak contoh ruang servis kecil di atas.


Pikirkan Apa yang Anda Butuhkan di Ruang Servis

archify.com

Sebelum mulai membuat ruang utility, tentukan apa saja yang ingin Anda letakkan di sana. Apakah mesin cuci dan pengering termasuk di dalamnya? Apakah Anda ingin menyetrika di sana? Atau berniat memindahkan bak cuci piring dari dapur ke ruang servis? Ruang servis mungkin tidak memerlukan dekorasi atau jendela besar untuk melihat pemandangan ke luar. Akan tetapi, mungkin Anda perlu satu pintu ke halaman belakang untuk mempercepat kerja Anda saat ingin menjemur pakaian.


Apa Saja yang Bisa Anda Masukkan ke Ruang Servis


archify.com

Ruang servis pada dasarnya juga dibuat sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang yang terlalu banyak ada di bagian lain rumah Anda. Jika Anda ingin dapur Anda lebih luas, Anda bisa memasukkan bak pencuci piring, kulkas kecil, dan tempat penyimpanan makanan ke dalamnya. Kalau Anda ingin ruang servis lebih maksimal untuk aktivitas mencuci pakaian, pertimbangkan untuk menambahkan bak perendam, kabinet untuk menyimpan deterjen, pewangi, serta tempat untuk menggantung pakaian.


Menyeragamkan Konsep

archify.com

Meskipun berstatus sebagai tempat penyimpanan yang tidak akan kelihatan saat tamu datang, menyesuaikan konsep ruang servis dengan ruangan lain di dalam rumah adalah hal yang tak kalah penting. Jika ruangan terhubung dengan dapur, ada baiknya menyeragamkan model dan warna kabinet dengan yang ada di dapur.


Itulah berbagai cara agar desain ruang servis yang digunakan sebagai area sampingan dapat maksimal dan tidak menimbulkan kesan tidak estetis pada ruang servis rumah.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page