top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Plafond

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Plafond

rumah.com

Memasuki musim penghujan, tidak jarang pemilik rumah kerap kali direpotkan dengan masalah kebocoran pada rumah. selain dapat mengganggu kenyamanan bagi para penghuni rumah, masalah kebocoran apabila tidak segera untuk ditangani maka akan beresiko menyebabkan timbulnya kerusakan yang parah.


Salah satu kebocoran yang sering terjadi adalah kebocoran plafon yang disebabkan oleh air air yang menetes dari atas langit langit rumah. hal tersebut dapat memicu terjadinya plafon melengkung atau bahkan berubah warna. Sebenarnya ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menangani hal tersebut,


Berikut kami merangkum beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut :

1. Identifikasi Kebocoran Atap

Hal yang pertama yang perlu anda lakukan sebelum memperbaiki hal tersebut adalah dengan mengidentifikasi sumber permasalahan. Cari tau dari mana kebocoran tersebut terjadi, apakah penyebabnya ada kerusakan atau lubang pada genteng. Selain itu, kebocoran juga bisa disebabkan oleh sistem pipa atau AC dengan kondensor di loteng saat tidak berfungsi dengan baik atau dalam situasi tertentu.


2. Minimalkan Kerusakan Lebih Lanjut

Ketika anda mendapati adanya perubahan warna atau tanda tanda air yang menetes, maka ketahuilah bahwa mungkin saja ada banyak air yang bersembunyi di atas drywall. Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih parah, maka anda dapat melubangi plafon dan biarkan air menetes jatuh ke bawah, sebab jika air dibiarkan mengendap di atas plafon maka akan beresiko merembes kepada bagian yang lainnya.


3. Memperbaiki Kebocoran Atap

Dalam hal memperbaiki kebocoran yang terjadi pada bagian atap rumah, tentu berhubungan dengan point 1 yang dimana anda perlu mengecek sumber permasalahannya. Apabila kebocoran terjadi dari atap rumah seperti genteng pecah, maka anda perlu menggantinya. Namun jika anda menggunakan seng sebagai atap rumah, maka anda perlu menambalnya.


4. Temukan Lokasi Kebocoran

Jika memiliki akses ke loteng, cari lokasi di mana air menetes. Kebocoran dapat dilihat dari perubahan warna atau air mengalir pada plafon. Saat telah menemukan titik tempat masuknya air melalui atap, tusuk kawat logam melalui lubang tersebut sehingga akan terlihat dari permukaan luar atap.


5. Perbaikan Atap

Perbaikan atap, sebenarnya tidak bisa dianggap enteng, karena melibatkan pengerjaan atap beberapa meter di atas tanah. Sebagian besar pemilik rumah lebih memilih spesialis atap atau professional untuk menangani perbaikan tersebut.


Namun, jika memiliki atap rendah dan relatif datar, perbaikan bisa dilakukan sendiri. Perbaikan flashing atau penggantian genteng sebaiknya diserahkan kepada profesional, tidak peduli seberapa mudah diaksesnya atap.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id


0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page