top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Desain Interior Toko Pada Saudagar Batik Laweyan

Desain Interior Toko Pada Saudagar Batik Laweyan

sumber : dokumen pribadi

Perubahan fasad bangunan di kawasan kampung Laweyan disebabkan oleh status kepemilikan, perpektif pewaris dan factor ekonomi, pola berdagang dengan dukungan teknologi. Penambahan fungsi toko di bagian depan atau halaman rumah mengubah fungsi pagar menjadi toko tidak mengakibatkan pola sirkulasi dan organisasi ruang pada rumah warisan saudagar. Akses menuju toko melalui depan, tidak mempengaruhi sirkulasi rumah induk.


Rumah warisan saudagar batik kelompok kedua yang berfungsi sebagai rumah tinggal, rumah produksi batik, dan toko memanfaatkan ruang yang ada dengan fungsi yang berbeda. Pola organisasi dan sirkulasi ruang menjadi bagian penting dari aktivitas rumah dan tidak berubah, hanya akses sudah tidak dibatasi lagi, karena tamu atau pelanggan atau konsumen dapat mengakses ruang yang beralih fungsi menjadi toko, galeri, ruang produksi.


Potensi sejarah dan nilai pusaka budaya pada Kampung Batik Laweyan menjadi potensi unggulan demi terciptanya kampong kreatif sebagai pendukung Solo Kota Kreatif. Nilai pusaka dan budaya tersebut salah satunya terdapat pada jejak pusaka rumah saudagar Batik Laweyan. Alih fungsi rumah saudagar batik Laweyan seiring dengan fungsi kampung yang menjadi destinasi wisata berakibat pada rumah tersebut. Penambahan fungsi toko pada rumah di lingkungan rumah mempengaruhi suasana kampong batik. Rumah saudagar sudah mengalami pergeseran fungsi dari rumah tinggal menjadi rumah tinggal dan rumah produksi di awal abad ke-20, kemudian kembali menjadi rumah tinggal pada tahun 1970an, dan pada tahun 2005 ketika program revitalisasi kampong Laweyan menjadi destinasi wisata batik, rumah saudagar menjadi dua kelompok, yaitu: kelompok pertama, rumah tinggal dan toko, kelompok kedua, rumah tinggal, rumahproduksi batik, dan toko.


Visual persepsi dari struktur desain interior toko terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu: 1) Toko yang dibangun menggantikan pagar pada halaman depan rumah tampil dengan sajian toko sepenuhnya. Struktur konstruksi dominasi dinding penuh pada sisi kanan, kiri, dan dinding bagian dalam. Materi kaca mendominasi pada bagian depan atau fasade bangunan. 2) Toko yang mengambil tempat sebagian dari rumah induk memiliki struktur kontruksi sesuai aslinya. Para pemilik toko hanya mengubah penampilan visual toko dengan warna cat, penggantian dan penambahan materi bahan berupa kaca, kayu dengan fi nishing warna ducco doff . Fungsi penambahan cahaya buatan juga dilakukan para pemilik toko meskipun belum maksimal. Pola penataan produk masih belum detail dengan display yang baik agar konsumen merasakan, mengingat, dan menikmati. Pola kebutuhan dan fungsi toko untuk tata display produk, penyimpanan, dan aktual penjualan barang belum sepenuhnya terfasilitasi.




Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

0 comments

Opmerkingen


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page