top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Desain Perpustakaan DKI Yang Bikin Betah (2)

Desain Perpustakaan DKI Yang Bikin Betah (2)


Setelah sebelumnya sudah membahas mengenai sebagian desain perpustakaan DKI yang bikin betah, sekarang kita membahas mengenai sebagian lain perpustakaan DKI yang membuatmu betah untuk berlama – lama. Berikut ulasanya :


1. Perpustakaan Goethe Institute

kompas.com

Satu lagi perpustakaan di Jakarta yang menyediakan koleksi begitu lengkap adalah Perpustakaan Umum Daerah (Perpumda) Provinsi DKI Jakarta yang terletak Kuningan, Jakarta Selatan. Perpustakaan ini memiliki koleksi bacaan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa, baik fiksi maupun nonfiksi.


Perpustakaan ini menggunakan konsep minimalis dengan pepaduan warna orange dan krem untuk kayu pada setiap furniturenya. Suasana di perpustakaan ini sangat tenang dan nyaman untuk membaca. Buku-buku yang ada juga ditata dengan sangat rapih.


Perpumda DKI Jakarta ini dilengkapi dengan komputer tablet dan komputer desktop dilengkapi akses wi-fi yang kencang. Anda bisa mengakses fasilitas tersebut secara gratis. Belum lagi layanan fotokopi dan sistem keanggotaan, seluruhnya juga gratis.


Untuk Anda yang ingin mengadakan acara edukatif, perpustakaan di Jakarta yang satu ini menyediakan aula berkapasitas 50-150 orang. Dan bisa Anda akses dengan gratis, terutama untuk penduduk ber-KTP Jakarta.


Walaupun tersedia parkir kendaraan yang cukup luas, Anda disarankan untuk lebih memilih kendaraan umum untuk menuju Perpumda DKI Jakarta. Perpustakaan ini dilalui oleh rute Transjakarta 6A (Ragunan-MH Thamrin via Kuningan), 6M (Blok M-St. Manggarai), dan Royaltrans 6P (Cibubur-Kuningan). Anda tinggal turun di Halte GOR Sumantri lalu berjalan kaki ke tempat tujuan.


2. Perpustakaan Universitas Indonesia

eticon.com

Meski tidak termasuk ke dalam wilayah Jakarta, tapi perpustakaan ini berada cukup dekat dengan perbatasan Depok–Jakarta. Ya, Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) berada di kompleks Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.


Terletak tepat di depan danau, bangunan ini pun terasa sejuk ditambah dengan banyaknya pepohonan rindang yang mengelilingi gedung perpustakaan. Tak hanya itu, bangunan ini juga dilengkapi dengan sistem pengolahan limbah. Air buangan toilet dapat digunakan untuk menyiram punggung bangunan yang telah diproses melalui teknologi Sewage Treatment Plant (STP).


Gedung perpustakaan modern ini mampu menampung lebih dari 6 juta koleksi buku, manuskrip langka, bahan penelitian, serta referensi buku yang disimpan dalam suhu ruangan yang stabil dan jauh dari sinar matahari langsung.


Bagi mahasiswa calon peraih gelar doktor, disediakan pula tempat penyewaan ruang cubicle berukuran 1,5 x 1,5 meter persegi untuk tempat khusus belajar intensif.


Interior perpustakaan terasa sangat luas dan terbuka karena mengadopsi sistem void. Dengan begitu, sirkulasi udara alami pun dapat berjalan secara lebih maksimal. Untuk menghubungkan antar lantai dibuat jalan semacam trem selain lift. Lantai satu terdiri dari ruang santai dengan banyak sofa dan kursi untuk tempat belajar atau berdiskusi. Di lantai ini juga terdapat ruang pelayanan tempat menyimpan tas, ruangan komputer perpus ui, dan ruang pameran.


Dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar, perpustakaan ini mengoleksi lebih dari 5 juta judul dan berbagai jurnal ilmiah terkemuka dari dalam maupun luar negeri. Tak heran jika perpustakaan ini diberi nama The Cristal of Knowledge. Koleksi perpustakaan ini tak hanya boleh diakses oleh mahasiswa Universitas Indonesia, tapi juga masyarakat umum dengan cukup membayar Rp5 ribu saja.


Fasilitas penunjang di Perpustakaan UI, antara lain ruang komputer, lounge, ruang multimedia, ruang diskusi dan pertemuan, silent room, akses internet, hingga ruang laktasi. Ada pula aplikasi Online Public Access Catalogue (OPAC) yang akan mempermudah Anda dalam mencari literatur yang diinginkan.


Itulah sebagian rekomendasi perpustakaan menarik di Jakarta yang akan membuat pengunjungnya betah untuk berlama-lama dalam perpustakaan tersebut.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page