Interior Ruang Tamu yang Baik Berdasarkan Feng Shui
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Interior Ruang Tamu yang Baik Berdasarkan Feng Shui

Jika berbicara tentang interior rumah, terutama ruang tamu, hampir semua orang menata ruang tamunya sedemikian rupa agar terlihat nyaman bagi pemilik rumah itu sendiri dan tentu saja para tamu. Apa pun selera dan konsep kita dalam menata ruang tamu, sangat disarankan agar kita mengikuti kiat feng shui ruang tamu.

Interior Ruang tamu menurut Feng Shui

Feng shui bukanlah hal klenik, semua konsep dan aturan feng shui sebenarnya sangat logis karena feng shui berhubungan dengan energi lingkungan dan diri kita. Dalam feng shui, ruang tamu diidentikkan dengan kesempatan, baik kesempatan karir mau pun dalam berhubungan dengan orang lain. Hal ini berkaitan dengan fungsi ruang tamu sebagai penerima tamu yang dianggap sebagai pemberi kesempatan. Berikut dasar feng shui untuk ruang tamu.


Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah lokasi ruang tamu. Lokasi ruang tamu atau tempat duduk ruang tamu tidak boleh tampak dari pintu masuk. Dalam feng shui rumah, ruang tamu harus ada di dasar lantai, tidak boleh di lantai dua. Untuk menutup akses dari pintu masuk ke ruang tamu, kita bisa menggunakan sekat atau ruang transit.


Penempatan tempat duduk mempunyai efek yang besar dalam feng shui ruang tamu. Tidak disarankan untuk menempatkan tempat duduk membelakangi pintu. Jika dipikir secara logis, hal ini berhubugan dengan kenyamanan kita dan para tamu.


Dengan akses yang penuh ke pintu masuk, kita akan dapat dengan mudah melihat keluar, terutama jika ada anggota keluarga atau tamu yang datang. Hal ini adalah dasar feng shui yang cukup penting. Tempat duduk yang nyaman seperti sofa disarankan untuk “menarik” tamu atau kesempatan. Logikanya, sofa akan terlihat dan terasa lebih nyaman jika dibandingkan bangku atau tempat duduk yang terlihat kaku.


Dalam konsep dasar feng shui, kita harus mencegah sudut yang gelap. Jika ada sudut yang gelap, pastikan untuk membuatnya lebih terang dengan menaruh lampu atau kaca. Kaca adalah hal yang penting dalam feng shui.


Kaca dengan penempatan yang tepat dapat sangat menguntungkan. Tetapi tidak disarankan untuk menaruh kaca tepat menghadapi pintu masuk karena akan memantulkan energi yang akan masuk kerumah kita.


Bukan hanya kursi, meja juga berperan penting dalam feng shui rumah, khususnya ruang tamu. Meja melambangkan kesejahteraan, jadi pastikan meja ruang tamu kita bersih dan rapi. Sebisa mungkin letakkan bunga segar karena akan berdampak positif untuk kesehatan. Daun atau bunga yang layu harus segera disingkirkan karena berhubungan dengan hal yang negatif dalam feng shui rumah.


Untuk feng shui ruang tamu, pastikan untuk mengatur semua aksesoris dan barang yang ada di ruang tamu dengan rapi. Ruang tamu yang berantakan dapat membawa dampak yang negatif pada pemilik rumah.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page