Jangan Dibuang! Bahan-Bahan Ini Terbukti Bisa Menjadi Pengganti Pupuk Untuk Menyuburkan Tanaman Anda
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Jangan Dibuang! Bahan-Bahan Ini Terbukti Bisa Menjadi Pengganti Pupuk Untuk Menyuburkan Tanaman Anda


Ilustrasi Taman

Harga pupuk yang semakin hari semakin mahal terkadang membuat kita berpikir beberapa kali untuk menanam tanaman di kebun atau halaman rumah kita. Bagi Anda pecinta tanaman dan hobi berkebun di rumah, Anda dapat menggunakan bahan-bahan di bawah ini sebagai pengganti pupuk untuk menyuburkan tanaman Anda.


Ampas Teh Penyubur Tanaman Pot

Daripada ampas teh terbuang sia-sia d dalam kotak sampah. Lebih baik Anda memanfaatkannya sebagai penyubur tanaman. Anda tinggal menaruhnya pada tanaman hias kesayangan di pot dengan agak membenamkannya. Jika berupa teh celup, maka buka dahulu kemasan pembungkusnya dan tebarkan di bagian bawah pada media tanam. Anda akan melihat hasilnya, tanaman hias di pot Anda semakin hari semakin subur.


Air Rebusan Telur

Jangan buru-buru membuang air rebusan telur dari panci masak Anda. Air rebusan yang mengandung banyak mineral dan kalsium ini sangat sempurna menjadi pupuk bagi tanaman kesayangan Anda. Anda hanya perlu mendinginkannya sebentar lalu siram ke area tanam. Tunggulah beberapa waktu, dan jika Anda rajin mengerjakannya maka tanaman Anda akan tumbuh subur.


Obat Lawas

Ilustrasi Obat

Obat- obat lama yang sudah kadaluwarsa dapat dimanfaatkan untuk penyubur tanaman. Gerus saja sampai menjadi bubuk (semakin halus semakin baik untuk mempermudah penyerapan). Taburkan ke area tanam. Maka tanaman, apalagi yang berbunga, akan semakin terlihat menawan. Selamat mencoba!


Kulit Pisang

Kulit Pisang

Anda kehabisan akal menyuburkan tanaman kesayangan? Jangan menyerah dulu, jika Anda belum mencoba cara mudah dan ekonomis yang satu ini. Simpan kulit pisang, biarkan sampai mengering dan tumbuk sampai halus. Lalu taburkan bubuk tersebut pada pagi dan sore hari pada tanaman bunga Anda. Anda juga bisa mencampurnya dengan air sebelum menyiramkannya ke dalam media tanam.


Abu

Bagi Anda penggemar mawar tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak dana untuk kesuburan mawar-mawar Anda. Siapkan beberapa batang kayu lalu bakar hingga menjadi abu. Taburkan abu tersebut ke media tanam. Jika Anda rajin melakukannya minimal satu minggu sekali, hasilnya Anda bisa lihat dalam minggu ke 6. Bunga mawar akan tumbuh subur dan berbunga cantik.


Air sisa mencuci daging

Air sisa mencuci daging jangan buru-buru dibuang. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai penyubur tanaman. Caranya sangat gampang, Anda tinggal menyiram tanaman Anda dengan air sisa mencuci daging tersebut. Selain bahan-bahan tersebut di atas, anda juga dapat menggunakan 2 bahan berikut sebagai pengganti pupuk untuk tanaman Anda.


Vetsin

Vetsin

Vetsin sebagai bumbu dapur yang selama ini hanya dipakai untuk memasak ternyata sangat ampuh dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman hias. Anda tinggal menaburkannya secukupnya pada tanaman, rutin setiap 5-7 hari sekali untuk hasil yang memuaskan.


Serbuk Agar-Agar

Tanaman layu dan tidak segar? Anda bisa membuat campuran air panas, air dingin, dan serbuk agar- agar. Ini sebagai pengganti pupuk tanaman yang mahal dan belum tentu ramah lingkungan lagi pula tidak bisa diuraikan dalam waktu yang singkat.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page