top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Jenis - Jenis Kaca dan Kegunaanya Untuk Metrial Rumah Tinggal

Jenis - Jenis Kaca dan Kegunaanya Untuk Metrial Rumah Tinggal


Saat ini rumah-rumah memakai jenis kaca yang berbagai macam jenis. Masing-masing kaca tersebut mempunyai fungsinya. Berikut adalah berbagai macam jenis kaca yang digunakan pada rumah beserta fungsinya :


1. Kaca Bening

Kaca Bening

Anda pasti sudah tahu jenis yang pertama ini. Kaca bening atau yang biasa disebut float glass ini tidak memiliki warna dan permukaannya juga bersih serta rata. Kaca bening banyak digunakan untuk bagian interior dan eksterior rumah. Namun, jika Anda ingin menggunakan kaca ini pada hunian, jangan lupa untuk menambahkan gorden atau tirai agar tidak panas. Kaca bening bisa membawa sinar matahari masuk langsung ke dalam ruangan.


2. Jenis Kaca Stopsol

Kaca Stopsol

Berbeda dengan kaca bening, kaca stopsol atau solar heat reflective glass justru memiliki kemampuan memantulkan cahaya matahari. Tentunya, kaca ini dapat mengurangi beban energi untuk pendinginan ruangan sehingga dapat memberikan kesan sejuk saat Anda berada di dalam ruangan tersebut.


3. Kaca Es yang Terlihat Buram


Kaca Es

Selain kaca stopsol, Anda juga bisa memanfaatkan jenis kaca es untuk melindungi rumah dari sinar matahari sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu silau. Kaca es atau disebut juga frosted glass memiliki tekstur pada salah satu sisinya dan terlihat buram seperti es. Biasanya, tekstur pada jenis kaca buram juga dapat Anda manfaatkan sebagai elemen dekorasi, Ruppers. Kaca ini cocok untuk digunakan pada area shower pada kamar mandi juga partisi rumah.


4. Kaca Berwarna untuk Mempercantik Hunian

Kaca berwarna

Kaca berwarna atau yang biasa disebut tinted glass merupakan kaca bening yang ditambahkan warna dari campuran senyawa logam. Penambahan warna ini dapat membuat sifat tembus pandang kaca menjadi lebih rendah. Warnanya pun beraneka ragam sehingga bisa sekaligus menambah kesan dekorasi pada ruangan.


5. Jenis Kaca Patri

Kaca Patri

Kaca patri atau stained glass ini merupakan pecahan kaca warna-warni yang dirakit menjadi satu. Potongan-potongan kaca tersebut disusun menggunakan timah atau kuningan dan membentuk karya mosaik.


Itulah beberapa jenis-jenis kaca dan karakteristiknya. Kaca apa yang tertartik untuk Anda hadirkan di rumah? Jangan lupa untuk memperhatikan fungsinya masing-masing agar tidak salah pilih, ya.




Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id




0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page