top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Kawasan Kumuh di Jakarta Yang Sudah Tertata Rapi

Kawasan Kumuh di Jakarta Yang Sudah Tertata Rapi


Jakarta sebagai Ibu Kota Negara, sekaligus pusat pemerintahan dan pusat bisnis, telah menjelma menjadi Kota Metropolitan dengan gedung-gedung menjulang tinggi. Namun permasalahan kawasan kumuh masih menjadi tantangan bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


Secara perlahan, sebagian kawasan kumuh di Jakarta mulai ditata dan disulap menjadi tempat yang rapi dan nyaman untuk dikunjungi. Bahkan kawasan-kawasan kumuh yang direvitalisasi ini ada yang mirip taman kota di luar negeri. Berikut beberapa kawasan kumuh di Jakarta yang kini sedap dipandang mata :


1. Kali Besar Kota Tua

Kali Besar Kota Tua

Kali Besar Kota Tua dulu dikenal kumuh dengan tumpukan sampah. Revitalisasi Kali Besar Kota Tua dimulai pada tahun 2016 yang diarsiteki Budi Lim. Penataan Kali Besar Kota Tua terinspirasi dari Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Sungai Cheonggyecheon jadi destinasi wisata hits di Korea Selatan dan kerap menjadi lokasi syuting. Kini, Kali Besar tak jauh beda dengan Sungai Cheonggyecheon. Pada sisi kanan kiri sungai dibuat trotoar yang cukup lapang sehingga memanjakan para pejalan kaki. Selain trotoar atas, terdapat trotoar apung yang cantik dengan taman-taman di kedua sisinya. Kini aliran sungai Kali Besar tampak bersih dan indah. Deretan bangunan tua khas Kolonial Belanda di sisi kanan kirinya tetap dipertahankan, sehingga makin kental nuansa sejarahnya.


2. Kolong Fly Over Slipi

Kolong Fly Over Slipi

Kolong Jalan Layang Slipi, Jakarta Barat, dulunya kotor karena menjadi tempat pembuangan sampah, sehingga sangat tidak sedap dipandang mata. Kini kolong Jalan Layang Slipi tampak indah. Kolong Jalan Layang Slipi kini menjadi taman skateboard yang menarik, mirip seperti taman-taman skateboard di Amerika Serikat. Di kolong Jalan Layang Slipi juga terdapat ruang terbuka hijau. Dari dulunya dipenuhi pedagang kaki lima (PKL) kini dirubah menjaditempat makan, pedagang mainan, dan pedagang handphone yang terorganisir.


3. Kolong Rel Kereta Api Sawah Besar

Kolong Rel Kereta Api Sawah Besar

Kolong Rel Kereta Api (KA) Sawah Besar, Jakarta Pusat, dulunya dijadikan tempat penimbunan barang bekas. Tumpukan barang-barang bekas banyak ditemukan hampir di sepanjang kolong rel kereta api. Selain itu, banyak warga berjualan makanan dan minuman. Keberadaan gerobak-gerobak sampah yang terparkir di bahu jalan kolong rel KA mengakibatkan arus lalu lintas kerap tersendat. Keberadaan bangunan liar menambah kesan kumuh di kawasan itu. Kini, Kolong KA Sawah Besar telah disulap menjadi ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) yang unik. RPTRA tersebut dilengkapi berbagai fasilitas permainan anak. Tersedia juga sanggar seni tari-tarian. Tiang-tiang penyangga jembatan rel KA juga dipercantik dengan seni mural yang indah.


4. Taman Piknik Kalimalang

Taman Piknik Kalimalang

Taman Piknik dulunya hanya lahan kosong di Kalimalang, Jakarta Timur. Lahan ini dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga sehingga kotor dan tidak sehat. Kini lahan kosong itu telah berubah menjadi sebuah taman yang cantik. Tidak hanya menikmati taman, di Taman Piknik juga tersedia banyak fasilitas yang ramah anak maupun dewasa. Taman Piknik juga dilengkapi dengan kolam retensi dan bioswale (penyaring polutan) sebagai tempat pengendalian air. Taman Piknik berlokasi di Jalan Manunggal II, Cipinang Melayu, Makasar, Kota Jakarta Timur. Taman ini bisa menjadi alternatif bermain bersama keluarga.


5. Kalijodo

Kalijodo

Saat mendengar kata Kalijodo, mungkin yang terbesit adalah kawasan dengan tingkat kriminalitas tinggi dan tempat bagi para PSK mangkal. Ya, kawasan Kalijodo dulunya memang merupakan lokasi hiburan malam dan prostitusi. Setelah ditertibkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Februari 2016, kawasan Kalijodo kini menjadi RPTRA dan RTH. Revitalasi ini menjadikan RTH Kalijodo sebagai tempat wisata menarik bagi keluarga. Di kawasan Kalijodo kini tersedia fasilitas tempat bermain anak, skatepark, bikepark, hingga pusat kuliner. Dengan wajah barunuya, RPTRA Kalijodo berubah menjadi taman yang menarik. Lokasi RPTRA Kalijodo berada di perbatasan antara Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan Kecamatan Angke, Jakarta Barat.


Itulah wilayah di DKI Jakarta yang dahulunya adalah kawasan kumuh, sekarang berubah menjadi kawasan yang tertata rapi. Jangan lupa untuk mampir bila berada di masing-masing kawasan tersebut, ya!




Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page