top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Keunikan Beberapa Rumah Tradisional di Indonesia Part 1

Keunikan Beberapa Rumah Tradisional di Indonesia Part 1


Indonesia mempunyai keragaman alam dan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Meirauke. Total ada lebih dari 300 ribu suku budayanya yang tersebar. Suku-suku tersebut mempunyai budaya yang beragam, mulai dari aspek sosial, dan aspek tempat tinggal mempunyai ciri khas konsep tersendiri antara satu suku dengan suku yang lainya. Budaya masyarakat yang bergaam di Indonesia tercermin dari bentukan rumah-rumah tradisional nya.


Arsitektur Tradisional merupakan bagian kehidupan dari masyarakat yang memiliki tinggi nilai-nilai keluhuran, tak lepas dari cara ataupun kebiasaan yang sudah ada terdahulu. Tradisi adalah sebuah kebiasaan, atau cerita yang dilakukan dan diwariskan dari generasi ke generasi, awalnya tidak memerlukan sebuah sistem tulisan. Tradisi sering dianggap menjadi kuno, dianggap sangat penting untuk dijaga.


Berikut adalah keunikan dari beberapa rumah tradisional di Indonesia berdasarkan konsep arstektur tradisional yang tercipta :


a. Rumah Adat Bali

Rumah Adat Bali

Rumah Adat Bali berdasar pada sumbu Gunung (Kaja), Daratan, dan Kelod (Laut). Menjadikan 3 komponen dalam suatu rumah Adat Bali, yaitu Madya, Utama, dan Nista. Setiap rumah pada Rumah Adat Bali harus mempunyai empat pemujaan.


b. Rumah Joglo

Rumah Joglo

Bentuk atap Rumah Joglo perisai dengan bubungan / molo yang sangat pendek, dengan lambang gantung atau secara tumpang sari.


c. Rumah Gadang

Rumah Gadang

Rumah Gadang berkonsep rumah besar yang diperuntukan dalam budaya Matrilineal adalah garis keturunan dari perempuan. Atap pada Rumah Gadang adalah representasi dari Perahu dan Tanduk Kerbau.


d. Rumah Adat Sunda

Rumah Adat Sunda

Terdiri dari : Dunia Atas (Atap) : Dewa. Yaitu Tuhan; Dunia Tengah (Dinding) : Manusia; Dunia Bawah (Pondasi) : Bawah.


e. Rumah Honai

Rumah Honai

Bentuk Bulat mempresentasikan masyarakat Suku Dani yang selalu berkumpul. Dibedakan secara gender antara laki-laki dan perempuan. Penggunaan material kayu pada dinding dan Ijuk pada atap untuk menghalau dingin.


Itulah sebagian dari keunikan beberapa rumah tradisional yang ada di Indonesia. Setiap rumah adat mempunyai keunikan konsep arsitektur tersendiri berdasarkan adat dan budaya yang berlaku di masing-masing daerah tersebut.

Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.



Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

0 comments

Commentaires


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page