top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Keunikan Rumah Tradisional di Indonesia Part 2

Keunikan Rumah Tradisional di Indonesia Part 2


Setelah sebelumnya sudah membahas mengenai sebagian rumah tradisional di Indonesia, saatnya membahas mengenai konsep arsitektur tradisional sebagian lain rumah tradisional yang ada di Indonesia.


1. Rumah Mbaru Niang

Rumah Mbaru Niang

Rumah Mbaru Niang dihuni oleh 8 keluarga dalam satu rumah. Bentuknya yang menyerupai kerucut karena memiliki 4 tingkatan. Pada lantai dasar sebagai tempat berkumpu, dan lantai-lantai diatasnya digunakan sebagai tempat menyimpan barang. Menggunakan material bambu dan ijuk sebagai penghalau dingin.


2. Rumah Tongkonan

Rumah Tongkongan

Terdiri dari : Rantiang sebagai atap yang terhubung dengan dunia atas, Kale Banua sebagai dinding yang terhubung dengan dunia tengah, dan Sulu Banua sebagai pondasi yang terhubung dengan dunia bawah. Atap Rumah Tongkonan berkonsep pada tanduk kerbau karena Masyarakat Toraja pada zaman dahulu memiliki Kerbau sebagai hewan peliharaan.


3. Rumah Adat Batak Karo

Rumah Adat Batak Karo

Terdiri dari : Kolong : Tempat membuang kotoran (dunia bawah), Dinding : Tempat tinggal manusia (dunia tengah), Atap : Tersek (atap bertingkat yg kecil untuk membakar babi panggang.

Ayo : Wajah rumah, Deriph Angin : Ventilasi. Pada Loteng Rumah Adat Batak Karo digunakan sebagai acara makan-makan besar.



4. Rumah Adat Batak Toba

Rumah Adat Batak Toba

Secara kosmologi, suku Batak Toba membagi dunia menjadi 3 layer: dunia atas, dunia tengah dan dunia bawah. Dunia atas merupakan tempat bertahtanya Mulajadi Nabolon, dewa tertinggi. Dunia tengah menjadi tempat hidup manusia sedangkan dunia bawah menjadi tempat hidup bagi orang yang sudah mati, hantu dan roh-roh jahat. Konsep kosmologi yang membagi dunia menjadi 3 lapis dianggap berpengaruh pada pembagian tingkatan dalam rumah tradisional.


5. Rumah Lamin

Rumah Lamin

Suku Dayak pada umumnya menganut prinsip kekerabatan ambilineal. Prinsip kekerabatan ini mengharuskan seseorang untuk tinggal bersama dengan kerabat - kerabatnya dalam sebuah rumah, yaitu rumah lamin (umag dadoq). Rumah tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa bilik (Dalem amin) yang digunakan untuk sebuah keluarga besar yang terikat hubungan darah dan perkawinan.


Itulah keunikan rumah tradisional di Indonesia yang menarik untuk ditelusuri.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

0 comments

Commentaires


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page