top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Konsep SOHO Untuk Milenial

Konsep SOHO Untuk Milenial


SOHO (Small Office Home Office) adalah suatu hunian dengan menggabungkan area tempat tinggal dengan area kerja. Hunian ini biasanya terletak di apartmen karena efisiensi lahan. Sejak Pandemi COVID-19 melanda Indonesia, banyak apartmen baru bermunculan dengan konsep SOHO. Konsep SOHO dinilai efektif dalam menangani pekerjaan yang diharuskan WFH (Work From Office), dan WFA (Work From Anywehere). Dapat mendukung juga dalam konsep work life balance pada kaum urban millennial. Umumnya SOHO memiliki 2 lantai.


rumah123.com


Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mengenai SOHO


Kelebihan :


1. Efisien Waktu dan Mobilitas

Berjibaku dengan kemacetan sebelum berangkat kerja setiap hari tanpa disadari berkontribusi meningkatkan kadar stres. Lebih parahnya, stres yang menumpuk bisa menurunkan produktivitas kerja dan kebahagiaan seseorang. Tapi dengan tinggal di apartemen SOHO, bisa menghemat waktu karena ruang kerja semakin dekat. Waktu mobilitas di pagi hari kini bisa Anda manfaatkan untuk berolahraga atau melakukan hobi lainnya.


2. Lebih Hemat

Bagi yang sedang merintis usaha, menyewa ruko dan rumah secara terpisah tentu membutuhkan modal sangat besar. Tapi dengan memilih apartemen SOHO, Anda bisa lebih mudah dalam memantau pekerjaan dan memiliki tempat tinggal nyaman dalam satu tempat. Biaya yang dihemat pun dapat dialokasikan untuk maintenance atau membeli furnitur lain.


3. Lokasi Strategis

Kebanyakan apartemen dibangun di lokasi strategis yang dekat dengan jalan besar dan fasilitas umum. Sama halnya dengan apartemen SOHO, hunian dibangun di kota-kota besar untuk membuat para penghuninya nyaman dan memudahkan mobilisasi ke public space seperti rumah sakit, sekolah, mal, dan lainnya. Selain itu, apartemen SOHO juga dilengkapi aneka fasilitas penunjang seperti ruang meeting, taman bermain, dan pusat kebugaran.


4. Sarana Investasi Menjanjikan

Keunggulan lainnya dari apartemen SOHO adalah mampu dijadikan sarana investasi seperti rumah tapak. Fungsinya yang mengakomodir tempat kerja dan hunian tentu menarik banyak pekerja atau ekspatriat untuk menyewa tempat tinggal jenis ini. Di masa depan, Anda juga bisa menjualnya dengan harga cukup tinggi apalagi jika apartemen berada di pusat kota.


Kekurangan :


1. Renovasi Terbatas

Tidak seperti ruko atau rumah tapak, renovasi hunian yang bisa Anda lakukan terbatas hanya untuk interior saja. Bahkan jika harus memindahkan barang berukuran besar, beberapa pengelola menerapkan aturan cukup ketat agar tidak mengganggu kenyamanan penghuni lain.


2. Area Terbatas

Dibandingkan ruko dengan fungsi yang sama, apartemen SOHO relatif lebih kecil sehingga kurang cocok dijadikan working space dengan pekerja lebih dari 10 orang. Memang ada jenis apartemen SOHO yang lebih luas, tapi harganya tentu makin mahal. Jangan khawatir, beberapa jenis pekerjaan yang cocok menggunakan jenis hunian ini antara lain freelancer, fotografer, online shop, dan small business lainnya.


3. Biaya Maintenance Cukup Besar

Seperti apartemen lainnya, pihak pengelola akan membebankan Iuran Perawatan Lingkungan (IPL) atau maintenance pada setiap penghuni. Sayangnya, biaya yang diterapkan cukup besar dan dihitung berdasarkan luas apartemen. Jadi semakin besar aapartemen Anda, semakin tinggi pula biaya perawatan yang harus dibayar tiap bulannya.


Itulah tadi sekilas mengenai SOHO untuk milenial urban, khususnya yang berada di kota-kota besar di Indonesia.





Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id



0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page