top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Macam-Macam Jenis Material Homogenius Tile

Updated: Jun 14, 2023

Macam-Macam Jenis Material Homogenius Tile


Dewasa ini semakin banyak jenis material penutup lantai yang digunakan untuk rumah tinggal. Salah satu material penutup lantai terbaru yang sering digunakan adalah Homogenius Tile.


Homogeneous Tile adalah material penutup lantai yang terbuat dari bahan utama feldspar, dimana kualitas lebih baik dibandingkan tanah liat. Bahan penyusunnya merupakan satu bagian keseluruhan kemudian ditambahkan silica serta zat pewarna. Homogenius Tile juga salah satu dari jenis ceramic tile.


Jika produksi ubin keramik memiliki dua lapisan tanah liat dan glasur, berbeda dengan ubin Homogeneous Tile yang hanya memiliki satu lapisan yang sama, dari mulai bagian atas hingga bawahnya sehingga disebut Homogeneous Tile.

Macam-Macam Jenis Material Homogenius Tile
https://www.hafary.com.sg/news_and_events/Demystifying-the-Homogeneous-Tile-34

Zat pewarna ditambahkan sejak awal proses pembuatan sehingga dapat menghasilkan warna yang serupa pada bagian atas hingga bawah body tile. Berbeda dengan ubin keramik yang warnanya hanya terdapat pada lapisan permukaan di atasnya.

Macam-Macam Jenis Material Homogenius Tile
https://malford.com.sg/avoiding-a-lifelong-mistake-choosing-the-right-type-of-tiles-for-your-home/

Terdapat 2 jenis material homogenius tile, polished dan unpolished.

  • Polished : Dibuat dengan melalui pemolesan memakai batu abrasive dimana hasilnya mengkilap. Sering diaplikasikan untuk bagian interior ruangan karena permukaan yang licin.

  • Unpolished : Dibuat tanpa dipoles dimana hanya dilapisi dengan glazur saja. Kebanyakan digunakan untuk bagian eksterior bangunan karena permukaan yang tidak licin.

Ukuran Homogenius Tile bermacam-macam. Mulai dari ukuran 40x40cm, 60x60cm, 80x80cm, 100x100xm, sampai 120x120cm, diluar itu memang masih ada namun jarang dijumpai. Terdapat pula berbagai macam motif, seperti marmer, polos, granit, batu alam, hingga kayu. Pilihan warna juga lengkap sehingga dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis bangunan baik interior maupun eksterior.

Homogenius Tile mempunyai berbagai kelebihan dibanding keramik biasa, antara lain :

  • Daya serap air dibawah 0,5% sehingga noda mudah dibersihkan.

  • Dapat dipasang langsung tanpa dicelupkan ke air karena terdapat pori pori yang mencegah keretakan.

  • Memiliki kekuatan lebih baik dimana data tekannya diatas 450 kg/cm2.

  • Pilihan warna dan motif yang banyak untuk dipilih konsumen.

  • Ukuran lebih presisi sehingga menghasilkan tampilan lebih rapi.

Walaupun terdapat berbagai kelebihan dari Homogenius tile, tetap saja terdapat kekurangan. Yaitu harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan keramik biasa. Sehingga tidak semua masyarakat dapat menjangkaunya.

Saat ini ada beberapa brand homogenous tile yang tersedia seperti brand Granito, Niro Granite, Essenza, Venus, Monalisa, Indogress, Impero, dan Palazzo. Produsen-produsen tersebut memiliki pilihan produk homogenous tile yang bervariasi dengan kualitas yang bagus.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id


0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page