top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Manfaat Tanaman Pada Rumah

Manfaat Tanaman Pada Rumah

bibli.com

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menjaga tubuh dan pikiran agar tetap sehat. Mulai dari menjaga pola makan dengan makanan yang bergizi seimbang, olahraga teratur, sampai menyegarkan pikiran dengan jalan-jalan ke tempat yang disukai.


Ada salah satu cara lagi yang biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental selama di rumah saja, yakni dengan merawat tanaman di area rumah. Adanya tanaman di sekitar rumahmu ini memiliki banyak manfaat lho.


Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini ya:

1. Dapat Membersihkan Udara

Polutan udara memang dapat kamu temukan di mana-mana, mulai dari jalanan, lingkungan sekitar, bahkan bisa masuk ke rumah kamu. Tanaman yang ada di rumah dipercaya mampu membersihkan udara-udara kotor yang masuk ke dalam rumah. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut mampu menangkap berbagai partikel polutan di udara.


2. Meningkatkan Konsentrasi

Dikutip dari The Asia Parent, studi dari University of Michigan menunjukkan bahwa ketika kamu menghabiskan waktu sekitar 20 menit di sekitar tanaman itu akan meningkatkan retensi memori hingga 20 persen. Bentuk daun yang kecil maupun lebar juga dipercaya mampu menyerap maupun melembutkan suara-suara yang bising dari kejauhan. Hal ini tentunya sangat baik untuk bisa meningkatkan konsentrasi.


3. Mempercepat Proses Penyembuhan

Ternyata adegan yang sering ditunjukkan dalam drama maupun film ketika ada seseorang yang berkunjung ke rumah sakit dengan membawa bunga, itu bukan hanya sekadar untuk hiasan lho. Sebab tanaman efektif untuk membantu pasien sehabis operasi bisa cepat sembuh. Selain itu ada juga teknik untuk mempercepat penyembuhan penyakit yang dinamakan terapi hortikultura. Di mana pasien diberi tugas untuk merawat serta berinteraksi secara fisik dengan tanaman.


4. Menjaga Kondisi Psikologis Seseorang

Tanaman yang ada di dalam rumah bisa membantu menenangkan pikiran dan membuat mood kamu menjadi lebih baik. Hal ini didukung dengan suatu hasil penelitian, di mana orang yang bekerja dikelilingi dengan tanaman menunjukkan peningkatan mood dan performa saat bekerja, daripada orang yang bekerja di ruangan tanpa adanya tanaman.


5. Membuat Tampilan Rumah Menjadi Lebih Asri

Tanaman yang dirawat dengan baik dan benar tentu akan membuat penampilan rumah menjadi asri yang lebih menyegarkan. Udara yang dihasilkan juga baik, sehingga membuat siapapun yang berkunjung ke rumah kamu menjadi betah.


Itulah kelima manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan merawat tanaman di rumah. Selain bagus untuk kesehatanmu, tanaman-tanaman yang kamu rawat ini juga bisa membuat tampilan rumahmu menjadi ‘tidak biasa saja’.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page