Mendesain Rumah Sehat nan Hijau Tradisional
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Mendesain Rumah Sehat nan Hijau Tradisional

Updated: Jul 12, 2022

Kali ini Studio7 Design and Build akan mengajak anda untuk mendesain rumah sehat nan hijau tradisional dengan beberapa pendekatan yang logis.


Rumah sehat nan hijau, ya, mendengar kalimat tersebut langsung bisa anda bayangkan tentang bangunan alami yang berada di daerah dengan penghijauan alami atau menyerupai alam bebas. Hampir tepat jawaban anda, namun kali ini Studio7 Design and Build akan lebih mengajak anda untuk mendesainnya di kawasan seperti pedalaman desa, pinggiran kota sampai di daerah perkotaan. Rumah Sehat akan mempunyai banyak makna dan artian mulai dari rumah yang nyaman, sejuk bahkan orang awam pun mengartikan rumah yang membuat penghuninya akan selalu sehat.


Dalam mendesain rumah sehat nan hijau Studio7 Design and Build lebih mengutamakan desain dengan pembagian massa yaitu public zone (area umum), semipublic (area semi umum) dan privat zone (area privasi/intim). Pada umumnya suatu rumah akan membutuhkan beberapa ruangan yang lazim adanya disuatu rumah seperti ruang tamu, dapur/ruang makan, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi bahkan ruang terbuka hijau yang akan menjadi bagian inti pada desain rumah sehat nan hijau. Studio7 Design and Build akan mengelompokkan beberapa ruang tersebut di dalam tiga kategori massa diatas, berikut pengelompokkannya :

  1. Public zone: ruang tamu

  2. Semi-public zone: ruang keluarga, dapur/ ruang makan, kamar mandi

  3. Privat zone: kamar tidur

Dalam ketiga kategori tersebut Studio7 Design and Build akan menempatkan setiap masa dengan berbeda bangunan, anda bisa dengan sendirinya untuk mengimajinasikan apapun bentuk lahannya, tetapi Studio7 Design and Build akan mengasumsikan bentuk lahan standar yaitu persegi panjang dengan ukuran 10mx15m.



Ruang tamu yang termasuk dalam kategori public zone akan ditempatkan di area paling depan dengan konsep bentuk pendopo panggung rendah dengan atap joglo. Memaksimalkan bukaan untuk menambah keleluasaan terjadinya sirkulasi udara yang sejuk dengan adanya pohon- pohon di dalam lahan, dengan memadupadankan bentukan pendopo pada ruang tamu dengan penempatan ruang keluarga, dapur/ruang makan serta kamar mandi yang diletakkan di belakang ruang tamu.


Studio7 Design and Build membangunnya dengan bentuk persegi panjang yang hampir memisahkan antara public zone dan private zone dengan tetap menggunakan bentuk atap joglo Jawa dengan bukaan jendela lebar yang akan tetap dibuka pada saat pagi hari dan sore hari guna memaksimalkan adanya sirkulasi udara sehat yang keluar masuk. Pada area paling belakang dibangun private zone dengan segala keintiman dari karakteristik kamar tidur yang menambah nilai kenyamanan dan ketenangan untuk anda.


Sekian tips desain rumah sehat nan hijau versi tradisional dari Studio7 Design and Build , anda juga dapat melihat tulisan Studio7 Design and Build tentang Supaya Rumah Sehat di Daerah Iklim Tropis.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Call/WA : 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page