top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Mengapa Wall Art Penting Dalam Desain Interior?

Updated: Oct 12, 2022

Tidak ada yang ingin melihat dinding yang polos dan tidak menarik. Inilah alasan banyak orang berinvestasi dalam mempekerjakan desainer interior profesional atau menghabiskan waktu mencari ide tentang tren terbaru dalam desain interior. Memang, rumah yang didekorasi dengan baik menyediakan ruang santai dan nyaman, yang ingin dicapai oleh banyak orang.


Umumnya, saat mendesain interior rumah Anda, Anda mungkin langsung berani membeli furnitur. Meskipun ini adalah titik awal yang baik, mungkin ada kecenderungan untuk melupakan dinding Anda dan tidak menyisihkan cukup anggaran untuk mendekorasinya. Itu sebabnya seni dinding, dalam bentuk apa pun, sering dianggap sebagai elemen yang paling diabaikan dalam desain interior.


Untungnya, itu tidak lagi terjadi di generasi sekarang. Faktanya, statistik menunjukkan bahwa sekitar 72% milenial dan 58% orang yang tergolong Generasi X telah membeli seni dinding dalam 12 bulan terakhir selama tahun 2017. Mungkin statistik ini menunjukkan fakta bahwa orang perlahan-lahan menyadari pentingnya seni dinding di dunia. desain interior. (1)

Pinterest

Mengapa seni dinding itu penting

Jika Anda tidak tahu seberapa besar pengaruh seni dinding, seperti mural, lukisan, dan cetakan berbingkai , berperan dalam menyatukan seluruh ruangan, lanjutkan membaca artikel ini. Ini memberi Anda beberapa alasan kuat mengapa seni dinding penting dalam desain interior.


Menyediakan palet warna

Jika Anda mendesain interior Anda dari awal, Anda tahu perjuangan memilih palet warna, yang merupakan tema warna utama untuk sebuah ruangan. Salah satu alasan kesulitan ini dapat dikaitkan dengan beragamnya warna dan merek cat yang tersedia. Dan itu bisa sangat mahal jika Anda terus mengganti atau mengecat dinding Anda, yang hanya berkontribusi pada stres dalam memilih palet warna. (2)


Untungnya, Anda dapat menyederhanakan proses pemilihan jika Anda pertama kali membeli seni dinding, seperti poster yang bersumber dari penyedia terkemuka, seperti Fine Art America dan pasar seni lainnya. Saat Anda menelusuri pilihan penyedia, Anda dapat menemukan bagian yang mencerminkan selera gaya Anda. Anda kemudian dapat menggunakan seni dinding sebagai inspirasi untuk palet warna ruangan.


Berfungsi sebagai titik fokus

Prinsip paling dasar dari desain interior mengharuskan setiap ruangan memiliki titik fokus. Ini berarti harus ada satu elemen yang secara otomatis akan memikat mata pemirsa. Selain itu, titik fokus sangat penting saat memasarkan rumah Anda karena ini akan mengarahkan perhatian pembeli potensial kepada mereka. Jika digunakan dengan benar, titik fokus bahkan dapat mengalihkan pembeli potensial dari aspek rumah Anda yang kurang menarik. (3)


Sebuah karya seni dinding yang hebat dapat dengan mudah berfungsi sebagai titik fokus ruangan, dan itu terutama benar jika Anda memiliki dinding galeri yang kreatif. Memiliki semacam itu dapat mengubah ruang makan tradisional Anda menjadi ruang yang nyaman, misalnya, mengundang momen yang lebih bermakna.


Saat memilih karya seni dinding untuk dijadikan sebagai titik fokus Anda, selalu pertimbangkan ukuran karya tersebut. Jika karya seni yang Anda pilih terlalu kecil, mungkin akan dibayangi oleh furnitur di sekitarnya. Di sisi lain, jika terlalu besar , mungkin hanya merusak pemandangan. Idealnya, Anda ingin menentukan apakah Anda memiliki dinding kecil atau besar dan kemudian mengukur potongan furnitur Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memiliki gagasan tentang dimensi apa yang harus dimiliki karya seni Anda.


Menambahkan tekstur

Meskipun ada banyak jenis seni dinding, mereka tidak dibuat sama persis. Itu sebabnya Anda dapat menemukan lukisan dua dimensi, seperti gambar gantung biasa atau yang serupa. Namun, Anda harus melakukan penelitian lebih lanjut tentang media seni karena akan membantu dalam menambahkan tekstur ke ruang.


Tekstur ruang mengacu pada bagaimana Anda ingin seluruh ruangan terasa. Jadi, jika Anda ingin membuat ruangan terasa intim dan membumi, pilih karya seni yang memiliki tekstur kasar, seperti patung berbasis digital . Di sisi lain, Anda mungkin ingin memilih tekstur yang halus jika Anda ingin ruangan memancarkan nada yang ramping dan menyendiri.


Mencerminkan filosofi Anda

Tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menggunakan seni dinding sebagai cara untuk mencerminkan filosofi Anda? Ini terutama benar jika Anda memasukkannya ke dalam desain interior Anda.


Misalnya, karya seni dinding modern, seperti seni digital atau minimalis, mungkin mencerminkan sifat Anda yang kontemporer, inovatif, atau edgy. Di sisi lain, jika seni dinding Anda terinspirasi oleh yang hebat, seperti Rembrandt atau Goya, itu dapat menunjukkan bagaimana Anda menghargai cara hidup tradisional. Pada dasarnya, karya seni dapat berbicara atas nama Anda, itulah sebabnya diyakini bahwa mereka dapat mendefinisikan Anda sebagai pribadi. (4)


Memberikan sentuhan akhir

Ruangan yang kosong dan polos bisa jadi tidak menarik. Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menghidupkannya. Pertama, Anda dapat menempatkan karya seni dinding, yang dapat mengubah ruangan yang tidak menarik itu menjadi sesuatu yang lengkap dan tertata dengan baik. Bahkan hanya dengan satu karya seni dinding, Anda dapat mengubah interior Anda dari yang hanya fungsional menjadi sesuatu yang bergaya dan elegan, seperti yang Anda lihat di majalah desain interior.


Pastikan untuk memilih karya seni yang menyatu dengan dekorasi seluruh ruangan. Misalnya, jika interior Anda sudah bergaya pedesaan, pilihlah karya seni yang memiliki elemen yang sama.


Kata-kata terakhir

Selain menjadi elemen penting dalam desain interior, wall art juga bisa menjadi cara Anda mengekspresikan kepribadian dan keyakinan Anda. Ini bahkan bisa menjadi pembuka percakapan yang bagus, yang sempurna jika Anda suka membawa tamu. Terakhir, karya seni dapat memberikan sentuhan akhir yang bagus, memungkinkan Anda mengubah dinding polos menjadi sesuatu yang mencerminkan gaya Anda. (4)


Meskipun demikian, meskipun itu adalah elemen yang paling diabaikan dalam desain interior, memajang seni dinding di kamar Anda tidak diragukan lagi merupakan investasi yang layak, terutama jika Anda ingin membawa lebih banyak kehidupan ke dalam ruang Anda.


Sumber: Arch2O.Com


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page