Auliya R.R
Merencanakan Ruang Kerja Pribadi Pada Hunian
Updated: Jun 14
Merencanakan Ruang Kerja Pribadi Pada Hunian
Mempunyai ruang kerja pribadi yang berada di dalam rumah memberikan keuntungan tersendiri bagi penghuninya. Terlebih penghuninya adalah pekerja yang sering melakukan pekerjaan dari rumah. Ruang kerja yang dibutuhkan sebisa mungkin memberikan kenyamanan bagi penggunanya agar meningkatkan produktivitas kerja.
Berikut cara untuk memberikan ruang kerja pribadi yang nyaman pada hunian :
1. Tentukan Spot Ruang Kerja

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih spot khusus untuk dijadikan ruang kerja di rumah. Tidak harus besar, bahkan sebuah sudut ruangan dengan satu meja dan kursi pun sudah cukup. Pilihlah area dekat jendela, karena ini bisa menjadi sumber pencahayaan dan sirkulasi udara alami. Hal terpenting yang tak boleh diabaikan adalah, tempat ini harus terpisah dari ruang keluarga dan ruang tidur. Anda bisa memilih area di dekat ruang tamu atau di lorong dekat balkon rumah yang jarang dilewati.
2. Pilih Desain Ruang Kerja yang Cocok

Kalau lebih suka dengan penataan ruang kerja yang fungsional, Anda bisa memilih meja kerja yang mempunyai banyak tempat untuk menyimpan barang. Kemudian, pilihlah desain dan konsep ruang kerja yang tidak rumit agar tidak perlu repot saat menatanya. Misalnya, Desain ruang kerja minimalis. Apalagi ruang kerja di rumah diperuntukkan untuk kenyamanan dan anti ribet. Selain itu, pastikan juga untuk menata perangkat listrik dan kabel dalam satu tempat. Ini berguna agar ruang gerak lebih leluasa.
3. Pilih Meja dan Kursi yang Nyaman

Setelah menentukan desain dan tata ruang kerja di rumah yang dirasa cocok, sekarang saatnya mencari meja dan kursi. Ukuran meja bisa disesuaikan dengan seberapa luas ruang yang tersedia. Terdapat beberapa pilihan jenis meja yang dapat dipilih, jika Anda lebih suka duduk lesehan bisa memilih meja yang rendah. Tapi jika sering berdiri untuk meregangkan punggung, bisa memilih meja dan kursi yang lebih tinggi. Saat memilih kursi juga harus mengutamakan kenyamanan saat bekerja. Jangan hanya memilih kursi karena tampilannya estetis tapi tidak nyaman diduduki, terutama jika Anda bekerja selama berjam-jam.
4. Membuat Tempat Penyimpanan yang Cukup

Selain menata meja dan kursi, jangan lupa menata ruang penyimpanan berkas dan peralatan kerja. Besaran ruang penyimpanan ini tentunya tergantung dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkan tempat penyimpanan yang besar untuk berbagai file pekerjaan, bisa memasang sebuah rak buku kecil di samping meja atau kabinet dekat meja. Jika tidak mau repot, coba saja memilih meja kerja yang memiliki banyak laci.
5. Beri Sentuhan Dekorasi

Menghindari kejenuhan saat bekerja, tak ada salahnya untuk memberi sedikit warna dan hiasan pada ruang kerja. Misalnya dengan menggantung lukisan atau polaroid yang Anda suka, bisa juga tambahkan pernak-pernik warna-warni agar meja kerja tampak lebih segar.
Itulah tadi cara agar menciptakan ruang kerja pribadi di rumah yang nyaman untuk produktivitas bekerja.
Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.
Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:
Telephone : 021 5083 5525
Call/WA : 082190007017 / 081282868677
LinkedIn : Studio7 Design and Build
Instagram : studio7.co.id
Email : info@studio7.co.id