top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Merenovasi Bangunan Tua Agar Tidak Seram

Merenovasi Bangunan Tua Agar Tidak Seram

idea.com

Mendapat rumah lungsuran dari orang tua atau kakek nenek pastinya sangat menyenangkan. Meski rumah tua, minimal Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membeli rumah baru yang harganya cukup menguras kantong, terlebih jika berada di lokasi favorit. Sayang, beberapa orang merasa rumah tua —walau pondasinya masih bagus— tetap memiliki kesan angker. Kendati sudah dicat ulang dengan warna modern, tetap saja tak menghilangkan ‘aroma’ tuanya.


Agar rumah tua tidak terlihat seperti rumah-rumah setingan film horor, ini dia yang bisa Anda lakukan.


Ganti perabotan

Meski bagian luarnya tua, bukan berarti bagian dalamnya harus tua juga, kan? Perabotan tua tak semuanya bisa bertahan lama, jadi akan lebih baik jika Anda menggunakan perabotan modern untuk bagian dalam rumah. Sofa-sofa minimalis dengan warna abu-abu, dusty pink, krem, atau baby blue akan mempercantik rumah Anda.


Percantik halaman

Jangan biarkan pohon besar menjulang tinggi di depan rumah Anda. Jika memang ingin ada tanaman perindang, sebaiknya gunakan pohon yang artistik. Misalnya ketapang kencana atau cemara udang. Lalu percantik halaman dengan kolam ikan dan tanaman bunga yang cerah.


Ubah jendela

Bila jendela rumah lama menggunakan jendela yang memanjang vertikal dan menggunakan penutup jendela seperti pintu, ubahlah jendela itu. Padukan rumah lama dengan jendela modern yang simpel untuk menghilangkan kesan seram. Bisa juga tambahkan pot bunga di pinggiran jendela.


Ganti lantai

Kebanyakan rumah tua menggunakan lantai keramik berwarna gelap yang menimbulkan rasa dingin. Yuk, ganti lantai dengan lantai kayu atau parket yang jauh lebih memberikan kesan hangat dan nyaman. Bahkan Anda pun bebas duduk santai di lantai.


Buat konsep terbuka

Jangan lagi ada sekat di dalam rumah, sebaliknya gunakan konsep terbuka. Begitu masuk ke dalam rumah, biarkan ruangan menyatu sehingga dari ruang tamu pun Anda bisa melihat ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Tak hanya membuat suasana menjadi lebih akrab, konsep terbuka juga membuat rumah menjadi lebih lapang.


Tambahkan pengharum ruangan

Banyak yang bilang jika rumah tua punya aroma berbeda. Lazimnya tidak jauh dari aroma kayu cendana. Untuk itu, agar rumah menjadi lebih modern, gunakan pengharum ruangan yang menyegarkan seperti aroma lemon, lavender, cokelat, atau vanila.


Itulah trik agar rumah tua yang Anda tempati tidak terkesan seram saat Anda hendak menempatinya. Semoga membantu!



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page