top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Penyebab Munculnya Perkampungan Kumuh di Perkotaan

Penyebab Munculnya Perkampungan Kumuh di Perkotaan


paxels.com

Kota sebagai wadah konsentarsi penduduk serta berbagai kegiatan perkotaannya tumbuh dan berkembang semakin cepat dan luas seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk yang tinggi setiap tahunnya. Berkaitan akan hal tersebut terdapat berbagai macam penyebab yang menjadi faktor pendorong adanya laju pertumbuhan penduduk, yakni peningkatan jumlah penduduk berdasarkan natalitas maupun perpindahan penduduk dari desa ke kota atau yang lebih dikenal dengan urbanisasi.


Berdasarkan fenomena yang akan terus berlanjut tersebut, mengakibatkan munculnya kepadatan tempat tinggal yang tidak beraturan. Kepadatan tempat tinggal yang tidak beraturan ini adalah perkampungan kumuh yang terdapat di perkotaan.


Selain sosial ekonomi yang mengalami kesenjangan drastis, terdapat beberapa penyebab munculnya perkampungan kumuh di perkotaan, antara lain :


1. Kepadatan Bangunan

Permukiman kumuh dapat ditinjau dari tingginya jumlah kepadatan bangunan yang tidak sesuai dengan perencanaan penataan ruang.


2. Kondisi Drainase

Drainase lingkungan tidak mampu mengalirkan limpasan air hujan sehingga menimbulkan genangan, drainase tidak terhubung dengan drainase kota, tidak dipelihara dengan baik serta terjadi akumulasi limbah padat dan cair di dalamnya dan kualitas konstruksi bangunan drainase buruk.


3. Jaringan Air Bersih

Tidak tersedianya air bersih yakni ketidak tersediaan air minum yang aman bagi masyarakat serta tidak terpenuhi nya kebutuhan air minum masyarakat, merupakan kondisi dimana kebutuhan air masyarakat 60 liter per orang untuk setiap harinya tidak mencapai batas minimum.

4. Jaringan Air Limbah

Tidak adanya system yang memadai, yakni terhungnya kakus atau closset dengan septic tank baik secara personal, komunal, ataupun terpusat.


5. Persampahan

Sarana prasarana sampah yang tidak tepat dengan syarat yang berlaku seperti tempat sampah skala rumahan dan skala lingkungan. Tidak tersedianya Tempat Pembuangan Akhir mengakibatkan warga membuang sampah sembarangan, dan bau menyengat terjadi dimana-mana.


6. Jaringan Jalan

Lingkungan rumah tidak terlayani oleh jaringan jalan atau mutu permukaan jalan yang jelek.


Penyebab-penyebab ini harus ditangani dengan baik. Sehingga, tidak tercipta perkampungan kumuh yang berada di tengah kota.




Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page