top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Prinsip Waterfront City

Updated: Jul 20, 2023

Prinsip Waterfront City dan Penerapanya di Indonesia


Setelah kemarin membahas mengenai pengertian Waterfront City dan macam-macam Waterfront City, artikel kali ini berisi Prinsip Waterfront City dan Penerapanya di Indonesia. Perlu diketahui, Waterfront City di Indonesia sudah ada beberapa dan cukup menarik untuk dikunjugi.


Prinsip Pelaksanaan Waterfront City :

Kompas.com

1. Memperhatikan Kondisi Fisik Lingkungan

Kondisi fisik lingkungan meliputi topografi wilayah, sumber daya alam, kepadatan penduduk yang menggunakan wilayah tertentu sebagai tempat tinggal, serta penataan bangunan dan lingkungan. Pelaksanaan pembangunan waterfront hendaknya memperhatikan kelestarian lingkungan dan alam di wilayah tersebut. Jangan sampai mengorbankan kondisi alam hanya demi mendapatkan keuntungan dari pembangunan kawasan waterfront.


Banyak sekali yang beranggapan bahwa memiliki hunian di kawasan waterfront city memiliki risiko banjir yang tinggi. Padahal jika pengembang memperhatikan prinsip penataan wilayah yang baik, bahaya banjir bisa ditanggulangi sejak dini. Supaya terhindar dari banjir, berikut ini adalah panduan lengkap punya rumah bebas banjir untuk Anda.


2. Kondisi Perekonomian di Sekitar Kawasan Pembangunan Waterfront

Kondisi perekonomian melibatkan potensi yang dimiliki wilayah tersebut. Apabila suatu kawasan memiliki potensi pariwisata, maka kawasan pembangunan waterfront yang cocok adalah pembangunan yang mampu mendukung potensi tersebut seperti pembangunan recreational waterfront. Dengan adanya sarana rekreasi yang dibangun di kawasan waterfront untuk mendukung potensi wilayah tersebut, diharapkan mampu memberikan pemasukan untuk mendukung perekonomian masyarakat sekitar.


3. Memperhatikan Kondisi Sosial Budaya

Pada saat melaksanakan pembangunan sebuah kawasan waterfront, sebaiknya memperhatikan kearifan lokal setempat. Selain itu, mengetahui budaya dan adat istiadat masyarakat setempat diperlukan untuk menyelaraskan tujuan dan fungsi waterfront itu sendiri. Selain itu, penyelarasan jenis waterfront dengan aktivitas masyarakat sekitar juga merupakan salah satu prinsip yang harus diperhatikan pada saat pembangunan kawasan tersebut.


Perkembangan kawasan di tepi perairan cukup berkembang dengan pesat di Indonesia. Buktinya, ada beberapa kawasan kota yang berkonsep waterfront city yang sudah cukup terkenal dan maju pesat, baik dari segi ekonomi, pariwisata maupun budaya. Berikut ini adalah waterfront city yang ada di Indonesia.


Itulah pembahasan lengkap mengenai waterfront city, dan prinsip waterfront city. Semoga artikel ini bisa memberikan Anda wawasan baru yang bermanfaat dan bisa menjadi referensi terutama bagi Anda yang ingin mencari hunian tepi pantai yang menarik.




Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page