top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Produk Material dalam Proses Konstruksi Gedung

Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah gedung? Pada dasarnya, dalam membangun sebuah gedung, baik gedung dengan tinggi yang menjulang atau gedung tiga lantai biasa, bahan-bahan yang dibutuhkan serupa, tidak banyak yang berbeda. Sama halnya dengan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah. Berikut adalah daftar produk material gedung yang sering digunakan dalam proses konstruksinya dilansir dari Archify.Com:

Via Wix.Com

7 Produk Material yang Sering Digunakan


1. Batu bata

Luvia Moral Via Wix.Com

Sama halnya dengan membangun rumah, dalam membangun gedung batu bata pun dipakai untuk menyusun dinding. Terbuat dari tanah liat yang dibakar hingga berwarna kemerahan, batu bata sangat sering digunakan karena sifatnya yang kokoh jika dibandingkan dengan gipsum maupun tripleks. Selain itu, kedua bahan tersebut kurang padat jika dibandingkan dengan batu bata, membuatnya masih tetap digunakan hingga saat ini.

2. Pasir

Anthony Choren

Ada beberapa macam pasir yang sering digunakan untuk bangunan, yaitu pasir merah, pasir sungai, pasir beton, dll. Pasir digunakan sebagai bahan dalam campuran beton, dan bisa juga dimasukkan sebagai salah satu bahan utama dalam penyusunan sebuah gedung.

3. Beton

Via Wix.Com

Dalam proses konstruksi, beton seringkali digunakan untuk proses pengerasan jalan, membangun pondasi, membangun jalan dan jembatan penyeberangan, trotoar, bahkan juga digunakan dalam menyusun sebuah bangunan. Beton sendiri merupakan campuran dari semen, pasir, kerikil, dan air. Penggunaan beton dalam rangka pembangunan gedung sering dilakukan karena sifat kokoh beton itu sendiri.

4. Kayu

Via Wix.Com

Sebagai salah satu produk material gedung, kayu diolah terlebih dahulu menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Dalam pembangunan sebuah bangunan, kayu seringkali digunakan untuk menyusun rangka pun untuk menopang atap. Contoh kayu yang sering dimanfaatkan untuk bangunan adalah kayu jati, kayu ulin, kayu merbau, dan kayu bengkirai. Kayu-kayu tersebut terkenal akan daya tahan dan kekokohannya.

5. Paku

Via Wix.Com

Paku adalah perekat antara bahan-bahan yang digunakan dalam bangunan, misalnya perekat antara kayu dan kayu, kayu dengan beton, dan lain sebagainya. Ada banyak ukuran paku yang ditawarkan di pasaran, semua disesuaikan dengan kegunaannya masing-masing.

6. Pipa

Via Wix.Com

Walau tidak digunakan dalam penyusunan rangka gedung atau menyusun dinding, keberadaan pipa dalam proses konstruksi sangat krusial. Penggunaan pipa memang secara mayoritas lebih terfokus pada saluran penyedia air dan saluran pembuangan; namun tanpa adanya pipa sebagai bagian dari produk material gedung, aliran air tidak akan terkendali, bukan?

7. Kawat bendrat

Via Wix.Com

Kawat bendrat ini biasa digunakan untuk mengikat besi beton. Bahan pembuat kawat ini adalah baja, sehingga tidak dipungkiri lagi kekokohannya. Kawat yang berbahan baja ini memiliki daya ikat yang kuat saat digunakan untuk mengikat beton atau bahan material lainnya.

Produk material gedung sebenarnya tidak hanya yang disebutkan di atas. Masih banyak bahan-bahan lain yang digunakan dalam proses konstruksi sebuah gedung, misalnya tanah, kaca, dan bahan-bahan dari logam sebagai penyusun rangka bangunan. Semua produk material tersebut sangat berguna untuk menyusun kokoh suatu bangunan, dan tidak ada satu pun yang bisa dilewatkan.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments

留言


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page