top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Rumah Lipat

Updated: Oct 12, 2022

Dirancang oleh X11 Design Studio, Tube house adalah jenis perumahan yang paling umum di Hanoi, yang sempit, memanjang, dan tidak memiliki celah satu sama lain sepanjang area. Rumah Lipat terletak di kawasan perkotaan yang semakin sempit, kualitas udara menjadi menurun, dan ruang hijau kota secara bertahap digantikan oleh sistem infrastruktur dan bangunan yang tidak terkendali. Jadi, ruang hidup yang sebenarnya membawa anggota keluarga lebih dekat satu sama lain, dan anak-anak memiliki cukup ruang untuk tumbuh, bermain, dan berinteraksi dengan alam, alih-alih tinggal di sekitar empat tembok.

Fotografi: Hoang Le

Rencana Lantai 1

Rumah Lipat terinspirasi dari lipatan kertas, dan transisi yang fleksibel untuk menciptakan ruang-ruang dengan tingkat yang berbeda, terjalin dengan ruang hijau yang dikembangkan secara vertikal di dalam rumah. Penampilannya cukup tersembunyi dan pribadi. Panel dinding yang kokoh dipadukan dengan dinding hijau mengurangi dampak radiasi matahari dari barat daya dan meminimalkan asap, kotoran, dan kebisingan dari luar.

Bagian 01

Fotografi: Hoang Le

Tiga halaman disusun secara bergantian di lantai satu untuk menciptakan sudut pandang dan mengatur iklim mikro untuk seluruh bangunan. Ruang tamu dan dapur dihubungkan oleh skylight dan taman kecil di tengah, di mana sumbu lalu lintas utama rumah dimulai. Ruang split-level yang dikombinasikan dengan tangga terbalik menciptakan skylight besar dan kecil, kemudian tambalan hijau merayap di setiap tingkat ruang. Rumah Lipat menggunakan dua sumber cahaya dari depan dan dari atrium utama di tengah rumah. Ini membantu fungsi tambahan seperti koridor, tangga, dan toilet menerima cahaya dan ventilasi alami. Ujung atas adalah taman kecil, di mana anak-anak dapat memelihara dan merawat pohon dengan tangan mereka sendiri, di mana seluruh keluarga dan teman-teman dapat berkumpul, bersantai, dan mengatur pesta yang nyaman.

Denah Lantai 3

Fotografi: Hoang Le

Di Rumah Lipat, kami mengembangkan void dan taman di seluruh dimensi vertikal, sehingga membuat konveksi udara dan pengaturan iklim mikro lebih efektif. Ini juga meningkatkan hubungan antara anggota keluarga, manusia, dan alam dengan cara yang paling harmonis. Beton, bata rustic yang dipadukan dengan beberapa material alami seperti batu, kayu, dan pepohonan membawa nafas tropis ke dalam bangunan, menciptakan inspirasi bagi pertumbuhan pepohonan, cahaya alami, dan ventilasi.


Sumber: Arch2o.com.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 45854602

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page