Solusi Instalasi Air Drainase Kolam dan Akuarium
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Solusi Instalasi Air Drainase Kolam dan Akuarium

Studio7 menawarkan beberapa tips dan solusi sederhana tentang instalasi air, sebagai berikut:


1. Menghilangkan bising pada keran


Pasti dari kalian memiliki banyak keran lama jika mengeluarkan air membuat suara bising dan tidak nyaman? Silahkan praktikkan cara berikut ini untuk dapat digunakan dirumah. Lepaskan kepala keran, kemudian rendam dengan cuka semalam. Keesokannya Anda akan melihat kotoran yang menyumbat dan menimbulkan suara bising akan lepas dengan sendiri. Pastikan hal ini dilakukan apabila rumah tangga sedang off karena membutuhkan waktu yang cukup lama.


2. Cara mengecek drainase alami


Gali lubang di halaman berbentuk bujur sangkar ukuran 30 x 30 cm, dengan kedalaman 60 cm. Lalu isi lubang dengan air hingga penuh setengah. Diamkan selama 24 jam, apabila drainase baik maka lubang akan kosong karena air diserap ke dalam tanah.


3. Menjernihkan air sumur


Jika Anda memiliki air sumur dengan warna kuning atau kecoklatan dan berbau seperti karatan. Maka silahkan gunakan cara berikut untuk dapat mengatasi hal tersebut. Ambillah tempurung kelapa lalu bakar hingga hitam menjadi arang. Arang tempurung kelapa yang masih panas kemudian dimasukkan ke dalam sumur. Lakukan hal ini beberapa kali hingga masalah tersebut teratasi.

Selain itu, cara lain yang dapat dilakukan adalah memasukkan pasir tohor 1/2 kg dan 3 kg pasir kedalam sumur. Dalam 1x24 jam periksa kembali hasil air yang keluar, apabila masih kurang cukup lakukan hal ini kembali.


4. Menghilangkan bau kaporit pada air minum


Air minum yang berasal dari PDAM tidak menjamin bebas dari bau kaporit. Bau kaporit jelas mengakibatkan rasa air minum kurang enak. Untuk mengatasi hal ini, ambil selembar daun pandan, cuci bersih dan rebus bersama air minum. Setelah mendidih, buang daun pandannya. Maka air minum Anda tidak akan berbau kaporit lagi.


5. Merawat saluran air


Perawatan saluran air alangkah baiknya dilakukan secara rutin untuk mencegah saluran air berhenti atau mampet. Tuang 125 ml baking soda ke lubang pembuangan air, lalu tuang 125 ml cuka biarkan 15 menit hingga berbentuk busa. Tuangkan dengan 750 ml air mendidih. Cara kedua dengan menuangkan 60 ml washing soda ke lubang pembuangan air seminggu sekali dan guyur dengan air panas


6. Cegah becek dengan batu koral


Ada kalanya becek selalu menjadi konsumsi utama setelah anggota keluarga menggunakan keran luar, untuk mencegahnya dapat digunakan batu koral tepat di bawah kucuran air keran. Untuk mempercantik Anda dapat memberikan warna-warna pada batu coral atau memberi bingkai pada bagian sisi luar kumpulan batu koral.


7. Memelihara saluran pembuangan


Berikut cara yang dapat digunakan untuk memelihara saluran pembuangan agar tidak tersumbat :

  • Tidak membuang cairan kimia (bekas cucian atau pembersih laintai) ke dalam WC

  • Tidak membuang barang-barang padat ke dalam WC dan lubang pembuangan lain.

  • Tidak membuang sisa makanan ke dalam bak cuci dapur seperti tulang, plastik atau makanan yang keras dan mampu menyumbat saluran air

  • Membersihkan bak kontrol dan saluran pembuangan minimal 6 bulan sekali.

8.Menjernihkan kolam


Terdapat cara mudah untuk membuat air kolam Anda terlihat lebih jernih dan tidak perlu sering mengganti airnya yaitu menaburkan batu violit di atas busa atau ijuk yang diletakkan pada undakan atau didalam kolam. Sebaiknya dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran. Cara lainnya dengan menaburkan batu panca warna pada dasar kolam agar permukaan air kolam tampak lebih jernih dan berwarna-warni agar kolam tampak tampak jernih akibat sinar matahari


9.Kolam bebas nyamuk


Kolam didalam ruangan sangat mengundang gerombolan nyamuk yang datang. Untuk menghindari hal tersebut tambahkan ikan pada kolam. Cukup Anda gunakan ikan kecil yang dapat memakan jenti-jentik nyamuk. Anda juga bisa menggunakan ikan zuppy atau ikan cupang.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page