top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Stasiun Tertua di Indonesia

Stasiun Tertua di Indonesia


Pada zaman penjajahan Belanda, Indonesia menggunakan kereta api sebagai alat transportasi darat selain kereta kuda. Hal ini dikarenakan industri perkereta api-an di Belanda dan Eropa sudah maju pada zaman dahulu, kemudian di Indonesia juga dibangun stasiun kereta api sebagai kemajuan transportasi darat.


Berikut daftar stasiun kereta api tertua di Indonesia :

1. Stasiun Tanggung

heritage.kai.id

Stasiun yang berada di Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah ini menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. Stasiun Tanggung dibangun pada tahun 1864 dan sempat mangkrak. Kemudian dibangun kembali pada tahun 1910. Usia stasiun itu kini sudah 159 tahun atau satu abad lebih. Stasiun Tanggung menjadi saksi jalur kereta api pertama di Indonesia yang dimulai dari Stasiun Kemijen Semarang dengan panjang 25 kilometer.


Di sana terdapat tugu yang bertuliskan Di Bumi Inilah Kita Bermula, sebagai tanda perusahaan kereta api Indonesia. Bangunan stasiun bergaya Swiss itu, terdapat rumah panggung di belakangnya yang diduga sebagai rumah tinggal kepala stasiun. Saat ini Stasiun Tanggung sudah tidak digunakan untuk menaikan dan menurunkan penumpang, hanya sebagai stasiun pemantau saja.


2. Stasiun Brumbung

heritage.kai.id

Di Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak terdapat stasiun tertua di Indonesia yang bernama Stasiun Brumbung. Stasiun Brumbung diresmikan pada tahun 1867 sebagai stasiun penghubung antara jalur Semarang-Solo-Yogyakarta. Stasiun Brumbung berfungsi sebagai pemecah jalur antara kereta api yang menuju ke arah Surabaya dan Surakarta.


3. Stasiun Alastua

heritage.kai.id

Sama halnya dengan Stasiun Brumbung, Stasiun Alastua yang berada di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang ini diresmikan pada 10 Agustus 1867. Dikutip dari KAI Heritage, Stasiun Alastua berada di jalur penghubung kereta api antara Semarang dan Surakarta. Stasiun yang dulunya bernama Halte Allas Toewa ini, berada di antara Stasiun Semarang NIS dan Stasiun Tanggung.


Itulah beberapa stasiun tertua di Indonesia yang masih berfungsi hingga saat ini.




Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page