top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Tak Perlu Pakai AC, 7 Cara Ini Bisa Buat Rumah Anda Menjadi Sejuk

Berselancar di dunia maya memang sangat mengasyikkan. Berbagai referensi dan ilmu baru bisa didapatkan. Salah satunya adalah ketika baca-baca tulisan di Kompas Properti, kami menemukan sebuah artikel ringan mengenai Tips dan Trik Seputar Hunian yaitu tentang Bagaimana Membuat Rumah Tetap Sejuk Meskipun Tanpa Menggunakan AC.

Saat ini, rata-rata orang menganggap bahwa hanya dengan AC (Air Conditioner) yang kita pasang di rumah, kita akan merasakan sensasi kesejukan yang maksimal. Anggapan itu tidak salah, namun dengan hidupnya AC yang terus menerus ada di dalam rumah, bisa mengakibatkan pada melonjaknya tagihan listrik rumah kita. Kondisi ini tentu juga akan cukup menguras isi kantong kita.


Lalu bagaimana caranya agar umah masih terasa sejuk meskipun tanpa AC di rumah kita atau minimal AC di rumah kita tidak terus menerus dinyalakan?. Untuk mengurangi penggunaan AC, Berikut adalah 7 Tips Agar Rumah Kita Tetap Sejuk Meski Tanpa Menyalakan AC yang kami lansir dari situs Kompas Properti:


1. Menutup Tirai Saat Matahari Bersinar

Anda mungkin terkejut, tetapi sinar matahari yang masuk, dapat meningkatkan suhu rumah sebanyak 30 persen. Oleh karena itu, cukup tutup tirai pada pagi hari untuk menurunkan temperatur ruangan.


2. Membuka Tirai Saat Suasana di Luar Gelap

Jelilah dengan cuaca di luar. Jika Anda merasa cuaca di luar saat malam hari lebih dingin daripada di dalam, maka perlu membuka tirai dan jendela.


3. Kolaborasi Antara Kipas Angin dan Es

Mungkin cara ini terdengar kuno, tapi dengan meletakkan semangkuk es batu di depan kipas yang berputar benar-benar dapat meniru efek dari AC.


Keuntungan lainnya, Anda dapat menghemat sejumlah besar biaya tagihan listrik. Untuk lebih menghemat lagi, jangan buang air dari sisa lelehan es batu. Kembalikan air ini ke dalam freezer lemari es dan tunggu sampai es batu terbentuk.


4. Mengganti Kasur Linen Menjadi Kapas

Tentu saja, flanel adalah bahan kasur yang paling lembut. Tetapi, ketika AC tidak bekerja, kasur kapas bisa lebih bernapas. Bahkan lebih baik, kasur kapar lebih mungkin untuk tetap sejuk saat terkena sentuhan.


5. Kipas Kamar Mandi

Kipas kamar mandi dirancang untuk menghisap kelembaban dari udara setelah penggunanya mandi dan beruap. Hal yang sama juga terjadi saat hari-hari yang panas dan beruap.


6. Arah Kipas Angin

Dengan berputar sebaliknya dari arah jarum jam, kerja kipas angin jauh lebih efektif untuk memindahkan udara di sekitar rumah Anda.

Anda dapat mengetahuinya dengan mencoba berdiri di bawah kipas angin langit-langit atau di depan kipas angin meja dan lantai.


Jika Anda segera merasa dingin, berarti pertanda baik. Sebaliknya, jika Anda tidak langsung merasa dingin, Anda mungkin perlu untuk mengatur kembali perputaran "searah jarum jam" ke "berlawanan arah jarum jam." Biasanya, pengaturan ini terletak di dasar kipas.


7. Lampu CFL

Lampu berjenis ini tidak hanya hemat energi, tetapi juga menghasilkan cahaya dengan panas jauh lebih sedikit daripada lampu pijar biasa.


Demikian tips agar rumah sejuk tanpa AC, semoga dapat membantu menambah referensi bagi Anda pembaca setia Studio7.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.i

0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page