top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Tempat Ibadah Tertua di Dunia

Tempat Ibadah Tertua di Dunia


Tempat ibadah adalah unsur paling penting yang dimiliki oleh umat beragama di bumi ini. Diantara seluruh tempat ibadah yang ada, sebagian diantaranya merupakan tempat ibadah tertua di dunia. Berikut ulasanya :

1. Masjidil Haram, Mecca

wikipedia.com

Waktu tepat pembangunan ini tidak diketahui namun Masjid Al-Haram tetap dianggap sebagai masjid tertua di dunia. Ka'bah sendiri dianggap sebagai tempat paling religius dan suci dalam Islam dan merupakan tempat ziarah ibadah haji dan umrah. Selain Ka'bah, Masjidil Haram memiliki beberapa tempat suci penting lainnya seperti Hajar Aswad, Makam Nabi Ibrahim AS, Bukit Safa dan Marwah serta Sumur Zamzam.


Struktur yang saat ini dimiliki Masjidil Haram telah mengalami beberapa renovasi dan perluasan yang dilakukan selama berabad-abad. Beberapa sarjana Islam memercayai bahwa Hajar Aswad merupakan satu-satunya sisa dari struktur asli masjid ini.


Saat ini Masjidil Haram meliputi area seluas 356.000 meter persegi dan memiliki sembilan menara. Luasnya menyebabkan masjid ini juga dijuluki sebagai masjid terbesar di dunia dan dapat menampung hingga 2,5 juta jamaah sekaligus.


2. Al-Masjid Al-Nabawi, Madina

wikipedia.com

Masjid ini dibangun pada tahun 622 di Madinah, Arab Saudi dan struktur pertama masjid ini dibangun di dekat rumah Nabi Muhammad SAW. Dikenal dengan kubah hijaunya yang dibangun di bawah Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1818.


Diketahui masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW yang sebelumnya merupakan tempat pemakaman. Awalnya masjid adalah bangunan terbuka yang digunakan sebagai sekolah agama, pengadilan dan tempat pertemuan para pemeluk Islam.


3. Masjid Al-Aqsa, Yerusalem

wikipedia.com

Siapa sih, yang tak mengenal salah satu masjid paling populer di dunia ini? Masjid Al-Aqsa merupakan salah satu situs penting dan suci bagi umat Islam di dunia. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di dunia yang tercatat dibangun pada tahun 705 M. Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari menyampaikan bahwa berdoa di masjid ini sama dengan menunaikan 1000 doa. Masjid Al-Aqsha juga merupakan salah satu bukti sejarah tempat Nabi Muhammad berdoa pada malam Isra Mi’raj.


4. Etchmiadzin Cathedral

wikipedia.com

Etchmiadzin Cathedral merupakan katedral untuk agama Kristen Protestan. Gereja ini hingga saat ini masih merupakan sebuah tempat ibadah yang aktif. Lokasi dari gereja ini ada di Armenia. Sebagai gereja tertua. Pembangunan dari gereja ini diperkirakan terjadi pada tahun 301. Namun bangunan dari Etchmiadzin Cathedral ini bukan bangunan asli karena ia dibangun kembali menjadi gereja di tahun 483.


Etchmiadzin Cathedral ini bukan hanya merupakan salah satu gereja Kristen yang tertua tapi juga bisa dibilang merupakan gereja Kristen yang paling besar. Posisi dari Etchmiadzin Cathedral ini yang sangat penting ini menyebabkan Gereja Tertua di dunia menjadi salah satu situs peninggalan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.


5. Church of the Nativity

wikipedia.com

Church of the Nativity merupakan salah satu gereja yang sangat menarik. Setiap orang Kristen dan juga Katolik pasti sangat ingin datang untuk mengunjunginya. Hal ini disebabkan karena Church of the Nativity ini merupakan gereja yang dibangun di atas tempat kelahiran yesus yang lokasinya di Betlehem, Palestina. Diperkirakan bangunan ini dimulai dibangun pada tahun 325 masehi. Hingga saat ini gereja ini masih dalam masa pembangunan untuk restorasi.


Sebagai salah satu gereja yang besar dan bersejarah, sudah pasti gereja ini dilindungi oleh UNESCO sebagai situs peninggalan dunia. Untuk sekarang Church of the Nativity ini masih digunakan sebagai tempat ibadah. Bahkan penggunaan gereja ini sebagai tempat ibadah tidak hanya dilakukan oleh 1 komunitas tapi 4 komunitas monastik yang ada di daerah tersebut yaitu Yunani ortodoks, apostolik Armenia, Katolik Roma dan juga ortodoks Syria.


Itulah tempat-tempat ibadah tertua di dunia yang dapat Anda kunjungi sesuai kepercayaan masing-masing sekaligus berziarah.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page