top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Tips Dan Trik Membersihkan Dapur Dan Ruang Makan

“Kebersihan sebagian dari iman”. Petuah seperti itulah yang mendorong kita semua untuk selalu menjaga kebersihan, karena secara tidak langsung kebersihan merupakan cermin diri kita sendiri, benar tidak? Nah, malam ini Studio7 ingin berbagai tips dan trik seputar kebersihan khususnya di dapur dan ruang makan untuk pembaca setia Studio7 di mana pun berada.


Seperti kita ketahui bersama, dapur dan ruang makan merupakan suatu elemen interior yang vital fungsinya di dalam suatu rumah. Kenapa demikian, karena keberadaannya sangat membantu kita dalam hal keberlangsungan hidup. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan di dalamnya bukan?


Berikut beberapa tips yang berhasil di rangkum oleh Studio7 supaya dapur dan ruang makan selalu terjaga kebersihannya dan selalu membuat nyaman diri kita dan keluarga tercinta.

Membersihkan Permukaan Kompor

Kadang permukaan kompor menjadi kotor oleh serbuan uap minyak dan kotoran lain yang tercecer pada saat acara masak-memasak. Untuk bisa membersihkan kompor sekaligus merawatnya, Anda bisa menggunakan minyak goreng. Hindari memakai air, karena gampang menyebabkan korosi. Lalu, bagaimana caranya? Angkat kotoran-kotoran yang masih tertinggal pada permukaan kompor hingga menyisakan nodanya saja. Setelah itu tinggal meneteskan minyak goreng secukupnya saja pada permukaan kompor di atas, kemudian Anda bisa mengelapnya dengan kain kaos katun. Kompor pun jadi bersih seperti semula dan tidak mudah karatan.

Lantai Dapur Tidak Licin

Sangat menyebalkan bukan mengepel lantai dapur? Di samping berminyak, lantai dapur malah tambah buram. Cara sederhana ini mungkin perlu Anda coba untuk menjadikan lantai kembali cemerlang tanpa noda minyak. Sebelum dipel, percikkan campuran perasan jeruk nipis dengan satu gelas air ke lantai dapur (1 jeruk nipis + 1 gelas air) kemudian lap dengan lap basah. Setelah itu pel lantai dengan air biasa. Lantai dapur akan bersih seperti semula.

Arang Penghilang Bau Vernis

Anda tidak usah khawatir dengan bau vernis di dalam kabinet-kabinet kitchen set Anda yang baru. Bongkahan arang dan serbuk kopi merupakan dua macam benda yang sangat manjur sebagai penghilang bau tajam vernis. Anda bisa meletakkan arang atau kopi di dalam laci dan kabinet.

Menghilangkan Bau Makanan Pada Sendok Kayu

Untuk mencegah bau makanan yang tertinggal pada peralatan dapur Anda yang terbuat dari kayu, rendamlah semalaman dalam air yang telah diberi cuka putih. Niscaya bau akan menghilang begitu saja. Kemudian Anda bisa mencuci dengan air sabun dan membilasnya seperti biasa. Selamat mencoba!

Mengeringkan Saringan Metal

Jika Anda tidak sabar untuk bisa menggunakan saringan yang terbuat dari metal. Anda bisa mencoba satu cara ini khusus untuk bahan metal. Panaskan saringan yang belum kering ini ke dalam oven selama 2 menit dan gunakan sarung tangan untuk mengambilnya.

Mencegah Lengket Pada Penggorengan Baru

Sisa makanan yang gosong dan melekat pada penggorengan baru tentu menjengkelkan bukan? Selain itu dengan cara pencucian yang salah, kondisi ini sangat berpotensi menyebabkan terkikisnya lapisan pelindung pada permukaan penggorengan. Rebus air yang sudah dibubuhi cuka hingga mendidih di penggorengan yang baru sebelum digunakan. Hal ini mencegah makanan menjadi lengket saat di goreng.

Membersihkan Peralatan Makanan Yang Terbuat Dari Plastik

Bau makanan dan minyak terkadang masih menempel pada peralatan makanan yang terbuat dari plastik. Untuk mengatasinya bersihkan peralatan makanan yang terbuat dari plastik dengan merendamnya di dalam air yang dicampur baking soda selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Nah, dijamin Anda tidak akan kuatir lagi dengan sisa-sisa makanan dan bau yang masih melekat pada peralatan makan ini.

Membersihkan Peralatan Yang Terbuat Dari Aluminium

Untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari aluminium yang telah menjadi hitam, rebuslah 1 liter air dan masukkan ke dalamnya 2 sendok krim tartar. Rebus selama 10 menit lalu gosokkan larutan ini pada peralatan aluminium Anda. Lap hingga warna aluminium kembali cerah. Selamat mencoba!

Membersihkan Tumpahan Minyak Dan Lemak

Taburkan tepung di atas tumpahan minyak atau lemak lalu gosok. Minyak atau lemak akan mudah lepas dan hilang. Tepung dapat menyerap minyak dan mencegah pula menjalar ke tempat lain. Tapi ingat, jangan coba-coba membersihkan dengan serbet kertas atau kain.

Parutan Bersih Berkat Kentang

Untuk membersihkan parutan sehabis memarut keju, parutlah kentang yang masih mentah. Semua keju yang tersisa di lubang-lubang parutan akan terbawa bersama parutan kentang.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furnitur secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments

Opmerkingen


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page