top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Tips Dan Trik Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan sebuah ruangan yang tergolong dalam zona privasi di dalam suatu rumah tinggal. Kebersihannya akan sangat mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah. Sebagai contoh, apabila ada tamu yang ingin meminjam kamar mandi, sedangkan kita sebagai pemilik rumah tidak terlalu memperhatikan kebersihan di dalamnya. Pasti akan terkesan kamar mandi yang berlumut, berkerak, bahkan pesing. Pasti Anda sudah membayangkan betapa buruknya situasi seperti itu?


Selain berbagi tentang Tips Dan Trik Membersihkan Dapur Dan Ruang Makan, kali ini Studio7 juga akan berbagi mengenai Tips Dan Trik Membersihkan Kamar Mandi untuk sahabat setia Studio7 di mana pun berada. Hal ini supaya kita semua dapat saling menjaga kebersihan setiap sisi dari rumah tinggal tercinta.

Kamaar Mandi

Berikut Tips Dan Trik Membersihkan Kamar Mandi:

1. Menghilangkan Lumut Di Kamar Mandi Cara 1

Yang mudah dan murah menghilangkan lumut pada lantai di kamar mandi, pergunakan batu bata. Gosokkan batu bata ini pada lantai yang berlumut lalu bersihkan dengan air. Dijamin lantai kamar mandi Anda akan bebas dari lumut dan aman digunakan.


2. Menghilangkan Lumut Di Kamar Mandi Cara 2

Cara lain yang bisa digunakan untuk membersihkan lumut atau kerak kotoran di kamar mandi adalah memakai bubuk kaporit. Taburkan kaporit tipis-tipis pada area yang berlumut. Tunggu sekitar satu jam. Setelah itu Anda akan melihat banyak buih-buih. Itu artinya kotoran telah terangkat. Segera lah menyikat dan membersihkannya dengan air sabun. Dijamin kamar mandi Anda terbebas dari kotoran-kotoran yang melekat, bau tak sedap dan kuman.


3. Membersihkan Lubang Keran Dan Shower

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada lubang keran dan shower yang penuh daki. Air tidak lancar keluar dan kotor. Gunakan selalu alkohol yang sudah ditetaskan di cotton bud atau kapas biasa untuk membersihkan kotoran-kotoran kecil yang menempel di mulut keran atau lubang shower. Dijamin Anda akan mendapatkan kucuran air bersih setiap Anda membuka keran.


4. Membersihkan Kamar Mandi

Banyak cara untuk membuat lantai keramik kamar mandi tetap bersih dalam waktu yang lama. Salah satu cara yang cukup mudah dan cepat, setelah lantai keramik dibersihkan, gosok dengan pasta lilin dan kilapkan dengan kain bersih. Lapisan lilin tersebut akan membuat noda air, lumut, maupun bekas busa sabun tidak menempel di lantai. Cara sederhana ini mengirit waktu membersihkan lantai kamar mandi.


5. Membersihkan Bath Tub Cara 1

Untuk membersihkan bath tub, kamar kecil, dan bak cuci. Gunakan cuka murni pada closet untuk membersihkan cincin closet. Tekan flush supaya cuka ikut mengalir ke bawah. Cuka juga dapat membersihkan sisa noda sabun dan lumut yang mengeras pada ubin. Pastikan bahwa cuka tersebut aman digunakan pada jenis ubin Anda.


6. Membersihkan Bath Tub Cara 2

Dinding bath tub yang tampak kotor karena sisa sabun dapat dibersihkan dengan mudah memakai cairan pencuci piring biasa. Semprotkan cairan pencuci piring ke seluruh bagian dinding bath tub, gosok dengan spons hingga kotorannya terangkat. Setelah bersih, bilas dan keringkan dengan lap kering. Maka bathtub Anda akan cemerlang seperti baru.


7. Terhindar Dari Lumut

Kelembaban tinggi berpotensi menyebabkan tumbuhnya lumut di kamar mandi. Lumut paling banyak ditemukan di sela-sela keramik karena bagian ini lepas dari injakan kaki. Anda bisa membersihkan lumut kamar mandi menggunakan pemutih pakaian dengan perbandingan pemutih pakaian:air = 1:4. Siramkan ke tempat berlumut, lalu sikat segera dengan sikat gigi. Ulangi sampai lumut benar-benar hilang. Setelah bersih bilas dengan air.


8. Menangkal Lumut Dengan Bubuk Kapur Barus

Lumut senantiasa tumbuh di area-area lembap seperti kamar mandi atau dinding luar yang berhubungan langsung dengan taman. Meski sudah dicat ulang, tapi di tempat-tempat tersebut lumut enggan pergi. Ada tips praktis buat Anda yang sudah jengkel dengan lumut-lumut ini. Bersihkan dinding berlumut dengan air dan sikat. Biarkan mengering. Campurkan kapur barus ke dalam larutan cat. Usahakan saat menggerus, kapur barus benar-benar jadi halus hingga bisa tercampur dalam cat dan hasil pengecatan pun rata.


9. Memandikan Bak Mandi

Dipakai dua kali sehari cukup membuat kotor dan dempul yang tidak diinginkan pada permukaan kamar mandi yang terbuat dari keramik. Sebagai alternatif pembersih, Anda bisa menggunakan asam sitrat (citroenzuur), yang dikenal sebagai sitrun, dari toko-toko bahan kue langganan Anda. Taburkan asam sitrat secukupnya pada permukaan keramik yang telah dibasahi sebelumnya, kemudian sikat dan siram dengan air bersih. Keringkan menggunakan lap, noda kusam pun tidak akan terlihat lagi di kamar mandi Anda.


10. Bak Mandi Bocor

Bak mandi dari keramik bocor tapi Anda tidak tahu di mana letak kebocorannya? Sangat menjengkelkan bukan? Coba cara yang satu ini, penuhi bak mandi yang bocor tersebut dengan air. Buat adonan semen dengan air secukupnya kemudian tuang ke dalam bak. Aduk kira-kira 5 menit, hingga adonan tercampur dengan air. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan ulangi pengadukan ini sampai 3 kali. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian kuras dan bersihkan kamar mandi. Hasilnya bak mandi tidak akan bocor lagi.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furnitur secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page