top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Tips Memilih Waterproofing

Tips Memilih Waterproofing


ambpi.com

Waterproofing adalah proses memberikan lapisan anti air pada permukaan material sehingga air tidak merembes. Waterproofing atau pelapis anti bocor merupakan hal yang sangat penting untuk bangunan Anda karena dapat melindungi material bangunan Anda dari kerusakan akibat air. Proses ini sangat penting dalam mendesain bangunan mengingat Indonesia adalah salah satu negara dengan curah hujan yang tinggi mengakibatkan banyaknya bangunan yang mengalami kebocoran.


Berikut adalah tips memilih waterproofing untuk banguan rumah Anda :


1. Pilih Material yang Sudah Terstandarisasi

Seperti yang sudah kita ketahui di pasaran ada banyak sekali merek untuk berbagai jenis material bahan bangunan. Contoh seperti besi baja atau tulangan ataupun produk semen. Meski Anda bebas memilih, tapi Anda juga harus mengetahui standar khusus agar nantinya Anda tidak kesulitan dalam menentukan kualitas material bangunan yang paling terbaik. Pilihlah bahan bangunan yang diproduksi oleh perusahaan yang sudah berstandar ISO dan telah melalui uji standarisasi bersifat nasional maupun internasional. Tentunya produk-produk yang sudah terstandarisasi lebih terjamin kualitasnya.


2. Jangan Tergoda Harga Murah

Saat memilih material bahan bangunan, tentunya harga menjadi poin penting sehingga Anda akan sangat mempertimbangkannya bahkan menekan harga serendah mungkin dan terkadang membuat Anda beralih memilih bahan material bangunan yang murah. Padahal, ketika Anda memilih harga yang terlalu murah, tentu diikuti konsekuensi kualitas produknya yang diragukan. Bila Anda tetap memaksakan diri memilih bahan bangunan yang murahan, justru kedepannya akan memakan biaya perbaikan setelah rumah selesai dan bangunan bisa jadi lebih cepat rusak.


3. Lakukan Riset dan Tanyakan ke Ahlinya

Selain riset produk, riset harga juga dapat Anda lakukan sebelum mengunjungi toko material agar Anda mengetahui range harga yang dijual, hal ini akan sangat menguntungkan terutama bila pembelian yang dilakukan dalam kuantiti yang banyak. Selain itu, tanyakan juga ke pihak toko material apakah sudah menyediakan jasa pengiriman produk sesuai jadwal yang diinginkan.


4. Gunakan Material Bangunan yang Sesuai Dengan Kondisi Lingkungan

Indonesia adalah negara yang beriklim tropis, beberapa daerah di Indonesia cenderung lebih panas dan kering seperti di Indonesia bagian Timur dan ada pula daerah yang lebih lembab seperti Bogor yang dikenal dengan kota hujan. Kondisi tersebut tentunya dapat mempengaruhi jenis material bahan bangunan yang Anda gunakan saat membangun rumah. Selain cuaca, Anda juga dapat memperhatikan kondisi tanah di sekitar bangunan. Apabila sekeliling bangunan Anda memiliki tanah yang tidak padat atau kurang mendukung, sebaiknya saat membangun pondasi gunakan material bekisting khusus. Untuk daerah yang panas, khususnya dalam pemilihan material atap sebaiknya tidak menggunakan bahan yang dapat menaikkan suhu di dalam bangunan seperti penggunaan atap metal; namun Anda masih bisa mengantisipasi agar suhu di dalam bangunan menjadi lebih adem dengan menggunakan cat penolak panas Heatgard. Tentunya pemilihan material bangunan yang sesuai akan menghasilkan bangunan yang nyaman dan fungsional untuk ditempati.


Itulah tips untuk memilih waterproofing pada hunian Anda. Gunakanah merk terbaik untuk proses waterproofing Anda.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page