top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Tips Merawat dan Mempercantik Taman Dan Tanaman Part 1

Updated: Oct 5, 2022

Baik taman maupun tanaman merupakan sebuah elemen pendukung utama untuk menciptakan tampilan rumah yang cantik, segar dan tentunya ramah lingkungan. Rumah dapat dikatakan cantik dengan adanya kedua elemen tersebut, taman sebagai zona/space yang difungsikan sebagai tempat untuk tumbuhnya tanaman, begitu sebaliknya jika tidak ada tanaman, maka tanah atau taman hanya akan terlihat gersang dan sangat mengurangi estetika kecantikan dari tampilan fasade rumah sendiri.


Berikut Studio7 Design and Build memposting Tips Merawat dan Mempercantik Taman Dan Tanaman Part 1 yang berisi tentang teknik singkat dan mudah untuk anda yang mengalami beberapa masalah dengan taman maupun tanaman seperti yang diuraikan di bawah ini.


Tips Merawat dan Mempercantik Taman Dan Tanaman Part 1


Menjaga Kesegaran Bunga Potong

Jika anda menyukai bunga potong dan selalu menyempatkan diri untuk menaruhnya di dalam vas, agar tidak cepat layu beri sesendok soda pencuci pada air dalam vas. Dijamin dalam 3-4 hari bunga akan tetap segar. Jangan lupa untuk memotong runcing pada tangkai bawah bunga 1-2 cm setiap hari, tujuannya untuk memperbaharui permukaan penyerapan unsur dari air ke batang.

Soda Pencuci Untuk Menjaga Kesegaran Bunga

Bunga Potong dalam Vas

Mencegah Buah Rontok

Sebal karena buah- buah yang dinanti-nantikan malah jatuh berguguran di masa panen? Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menemukan obatnya. Ada cara ampuh yang patut dicoba untuk mengatasi masalah ini. Ambil rumput alang-alang secukupnya dan ikat alang-alang tersebut pada pohon yang buahnya terus jatuh berguguran. Niscaya buah pohon tersebut akan berhenti jatuh. Selamat mencoba!

Mencegah Rumput Tumbuh Subur (1)

Tips membuat rumput dan gulma tidak tumbuh terlalu tinggi dan mengganggu pandangan, tebarkan garam secukupnya pada permukaan rumput anda. Niscaya dalam waktu dua bulan anda tidak perlu repot dengan urusan memotong rumput. Anda juga bisa mencampur 2-3 sendok teh garam dapur dan air kemudian menaburkannya ke seluruh permukaan halaman.

Mencagah Rumput Tumbuh Subur (2)

Ada cara murah dan efektif agar sebidang tanah pada taman tidak ditumbuhi rumput atau gulma. Taruh lembaran- lembaran surat kabar/Koran bekas sampai menutupi permukaan area yang dimaksud, tumpuk hingga mencapai ketebalan ¼ mm atau 2,5 mm lalu tuangkan air di atas tumpukan kertas tersebut supaya lunak, lalu timbun dengan jerami kering. Cara ini lebih mujarab daripada kita menutupi tanah tersebut dengan lembaran plastik hitam.

Penyubur Tanaman

Tanaman layu dan tidak segar? Anda bisa membuat campuran air panas, air dingin, dan serbuk agar- agar. Ini sebagai pengganti pupuk tanaman yang mahal dan belum tentu ramah lingkungan lagi pula tidak bisa diuraikan dalam waktu yang singkat. Selain itu air sisa mencuci daging juga jangan buru-buru dibuang. Anda juga bisa memanfaatkanya sebagai penyubur tanaman. Selamat mencoba!

Menyuburkan Mawar Dengan Abu

Bagi anda penggemar mawar tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak dana untuk kesuburan mawar-mawar anda. Siapkan beberapa batang kayu lalu bakar hingga menjadi abu. Taburkan abu tersebut ke media tanam. Jika anda rajin melakukanya minimal satu minggu sekali, hasilnya anda bisa lihat dalam minggu ke 6. Bunga mawar akan tumbuh subur dan berbunga cantik.

Menyuburkan Tanaman Dengan Kulit Pisang

Anda kehabisan akal menyuburkan tanaman kesayangan? Jangan menyerah dulu, jika anda belum mencoba cara mudah dan ekonomis yang satu ini. Simpan kulit pisang, biarkan sampai mongering dan tumbuk sampai halus. Lalu taburkan bubuk tersebut pada pagi dan sore hari pada tanaman bunga anda. Anda juga bisa mencampurnya dengan air sebelum menyiramkanya ke dalam media tanam.

Obat Lawas Penyubur Tanaman

Obat- obat lama yang sudah kadaluwarsa dapat dimanfaatkan untuk penyubur tanaman. Gerus saja sampai menjadi bubuk (semakin halus semakin baik untuk mempermudah penyerapan). Taburkan ke area tanam. Maka tanaman, apalagi yang berbunga, akan semakin terlihat menawan. Selamat mencoba!

Pupuk Dan Air Rebusan Telur

Jangan buru-buru membuang air rebusan telur dari panci masak anda. Air rebusan yang mengandung banyak mineral dan kalsium ini sangat sempurna menjadi pupuk bagi tanaman kesayangan anda. Anda hanya perlu mendinginkanya sebentar lalu siram ke area tanam. Tunggulah beberapa waktu, dan jika anda rajin mengerjakanya maka tanaman anda akan tumbuh subur.

Taman Bebas Gulma

Jika kebetulan tanah anda tidak cukup subur untuk ditanami, sebelum ditanami ada baiknya tanah diolah dan dibalik sampai sedalam kurang lebih 20 cm. tujuan dari kegiatan ialah untuk mematikan rumput liar dan gulma sampai ke akar- akarnya.

Dari beberapa tips, trik dan teknik mengatasi beberapa masalah yang berhubngan dengan taman dan tanaman diatas semoga dapat memberikan tambahan ilmu bagi anda dalam mengatasinya.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page