top of page
Search
  • Writer's picturestudio7 author

Tips Merawat dan Mempercantik Taman Dan Tanaman Part 2

Updated: Jul 1, 2022

Tips Merawat dan Mempercantik Taman Dan Tanaman Part 2 - Setalah memposting mengenai Tips Merawat dan Mempercantik Taman Dan Tanaman Part 1 yang lalu. Kali ini STUDIO7 pastinya akan melanjutkan postingan seputar taman dan tanaman yang lebih inspiratif tentunya untuk memberikan ilmu baru bagi para pembaca setia STUDIO7.



Berikut Tips Merawat dan Mempercantik Taman Dan Tanaman Part 2 :


Rapi Memangkas Tanaman

Bagi mereka yang sudah terbiasa memangkas tanaman mungkin ini menjadi persoalan yang kecil. Namun bagi anda yang kurang berpengalaman dan tidak yakin, ada trik memangkas agar rapi dan konsisten. Tancapkan tonggak kayu/bamboo atau semacam batang lurus berdiameter kecil saja di bagian ujung-ujung tanaman anda. Ikat benang bangunan atau tali raffia melintang di atas tanaman rimbun yang akan dipangkas. Atur benang seperti yang anda inginkan. Nah, anda bisa mulai memangkas mengikuti batasan yang anda buat dengan tali tadi. Selamat mencoba!


Pilih Tanaman Sesuai Dengan Kondisi Pencahayaan

Jenis yang bisa dipakai dalam sebuah taman perlu dipilih juga berdasarkan kondisi pencahayaan yang jatuh ke dalam taman. Jika nantinya taman kurang mendapatkan sinar matahari sehingga cenderung teduh maka anda bisa memilih jenis tanaman yang bisa hidup di dalam ruang dengan kelembaban sedang atau tinggi missal tanaman air. Anthurium putih, sutra Bombay, rumput gajah, teratai, pistia (kiambang), lili paris, dsb. Jenis yang kena sinar matahari dengan intensitas tinggi akan lebih banyak memberikan dampak pilihan tanaman yang harus tahan terhadap banyaknya cahaya ini misalnya pisang-pisangan (heliconia sp.), sansiviera sp.(lidah mertua), lotus, alipina sanderae (jahe hias), bayam merah, iris, aglaonema, kamboja dll.


Rumput Hias Tumbuh Merata

Kesan bolong- bolong Nampak pada hamparan rumput di halaman anda karena tumbuh tidak merata? Nah, anda harus bersial-siap cut and fill sekali lagi, sebab ada kemungkinan pada pemasangan rumput pertama kali anda menaruhnya pada lembaran besar sekaligus, maka kali ini anda bisa membuat potongan rumput kecil 20x20cm yang diambil dari hamparan besar dan letakkan pada titik-titik kosong tadi. Nah, anda tinggal menunggu tumbuhnya pulau rumput baru anda. Jangan lupa jaga selalu kelembaban area rumput yang baru dengan menyirami sesekali.


Daun Aglaonema Tampil Menarik

Para hobiis aglaonema, pasti anda menginginkan tampilan daun yang segar dan mengkilap sehingga tampak selalu indah dilihat mata. Salah satu cara mudah ialah mengolesi permukaan daun dengan susu murni atau susu bubuk yang dilarutkan dengan air. Tidak disarankan dengan susu manis karena akan mengundang semut datang. Langkahnya adalah sebagai berikut, bersihkan daun-daun aglonema dengan air dan gunakan lap lembut untuk mengeringkanya. Ambil sepotong kapas, celupkan pada larutan susu tersebut lalu usapkan secara merata pada daun-daun aglaonema anda. Cara ini ampuh untuk mengilapkan daun berharga ini.


Ampas Teh Penyubur Tanaman Pot

Daripada ampas teh terbuang sia-sia d dalam kotak sampah. Lebih baik anda memanfaatkannya sebagai penyubur tanaman. Anda tinggal menaruhnya pada tanaman hias kesayangan di pot dengan agak membenamkanya. Jika berupa teh celup, maka buka dahulu kemasan pembungkusnya dan tebarkan dibagian bawah pada media tanam. Anda akan melihat hasilnya, tanaman hias di pot anda semakin hari semakin subur.


Membuat Pestisida Alami Dengan Cabe

Pemakaian pestisida untuk mengusir tanaman mungkin praktis, namun anda perlu melihat bahaya tersembunyi yang diakibatkanya dalam jangka panjang. Sebeneranya anda bisa membuat pestisida alami berbahan cabe. Ambil segenggam cabe keriting, tumbuk atau blender bersama dengan air 600 ml lalu diamkan selama beberapa menit. Sebelum dimasukkan ke dalam sprayer, saring terlebih dahulu. Nah, pestisida buatan tangan yang ramah lingkungan pun siap dipergunakkan.


Vetsin Penyubur Tanaman

Vetsin sebagai bumbu dapur yang selama ini hanya dipakai untuk memasak ternyata sangat ampuh dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman hias. Anda tinggal menaburkanya secukupnya pada tanaman, rutin setiap 5-7 hari sekali untuk hasil yang memuaskan.


Rokok Pembunuh Kutu Daun

Alternative penyehat tanaman yang bisa diambil dari bahan-bahan rumahan diantaranya ialah punting rokok. Rendam 203 puntung rokok tanpa filter dalam segelas air sehingga warnanya menyerupai warna teh. Campur sedikit busa sabun atau disenfektan. Masukkan campuran tersebut ke dalam sprayer dan semprotkan ke daun yang terserang kutu. Puntung rokok yang di blender juga efektif dalam mematikan aneka hama yang biasa hidup di dalam tanah. Anda bisa menuangkan campuran ini ke sekeliling alas dasar tanaman.


Krisan Pencegah Hama

Untuk mencegah hama, merusak pohon dan tanaman kesayangan anda tanamlah tanaman bunga krisan, geranium, aster, nasturtium, di sekitar tanaman anda. Keempat bunga tersebut mempunyai zat yang sangat tidak disukai serangga dan hama, selain itu taman anda pasti juga akan bertambah cantik dengan hadirnya bunga-bunga indah tersebut.


Membuat Kompos Di Halaman

Dengan memanfaatkan sampah-sampah organic di kebun, anda bisa membuat kompos di lahan terbatas. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Cari posisi terendah di halaman anda.

  • Di posisi tersebut, hali lubang berdiameter 10 cm dengan kedalaman 1,2 m. anda bisa membuat beberapa lubang dengan jarak 20 cm.

  • Masukkan beberapa sampah organic berupa daun-daun atau sisa makanan ke dalam lubang tersebut (masing-masing lubang menampung maksimal 1,7 kg sampah). Lebih baik jika sampah tersebut dipotong-potong kecil terlebih dahulu.

  • Lubang ini harus senantiasa basah agar proses pembusukan lebih cepat. Jika sedang musim kemarau, siramlah lubang tersebut secara teratur.

  • Dalam waktu sekitar 2 bulan, lubang tersebut sudah bisa menghasilkan kompos.

  • Campur kompos dengan tanah dan anda siap menggunakanya sebagai media tanam.

Demikian Tips Merawat dan Mempercantik Taman Dan Tanaman Part 2 yang diposting oleh STUDIO7. Nantikan lanjutan dari postingan ini dengan tips dan trik lebih banyak lagi pada part 3 yang tentunya masih berhubungan dengan Tips Merawat dan Mempercantik Taman Dan Tanaman.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Call/WA : 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram: studio7.co.id

Email: info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page