top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Tips Merawat Lantai Part 1


Hydrogen Peroksida

Lantai merupakan salah satu elemen pembentuk ruang yang sangat penting adanya. Dalam suatu ruangan penggunaan material atau bahan untuk lantai terkadang berbeda dengan ruang yang lainya. Jenis-jenis bahan pembentuk lantai pun bervariasi menurut fungsinya. Mulai dari lantai semen, lantai ubin, keramik bahkan sampai pada lantai marmer.


Dibalik berbagai jenis bahan atau material yang digunakan tersebut ternyata juga memiliki cara tersendiri dalam merawatnya. Lalu bagaimana cara merawat lantai dengan berbagai jenis tersebut? Berikut Studio7 Design and Build posting beberapa Tips Merawat Lantai yang akan dibagi dalam beberapa postingan selanjutnya dengan postingan yang lebih lengkap tentunya.


Berikut Tips Merawat Lantai Part 1:

Membersihkan Lantai Semen

Ada tips membuat lantai semen menjadi bersih dan mengilat tanpa sisa kotoran dan minyak. Tebarkan ampas kelapa pada lantai rumah yang terbuat dari semen atau beton yang tidak diplester, akan lebih baik jika ini merupakan bagian interior rumah Anda, biarkan beberapa saat. Usapkan ke seluruh lantai dan tekan-tekan dengan kaki atau peralatan yang rata dan luas pada bagian ujung tongkat. Maka kotoran pun akan segan menempel pada lantai semen Anda.


Serbuk Kayu Pembersih Lantai Semen

Lantai Semen

Lantai yang terbuat dari semen sangat mudah menjadi kusam dan bernoda apalagi jika permukaannya tidak rata. Nah, untuk membersihkannya Anda bisa memanfaatkan serbuk sisa penggergajian kayu. Tuangkan sedikit minyak pada serbuk kayu secukupnya lalu taburkan pada lantai semen yang akan dibersihkan. Biarkan mengering dengan sendirinya dan Anda tinggal menyapunya. Penasaran dengan hasilnya? Anda bisa mencobanya di rumah, dijamin tidak akan kalah dengan penutup lantai lainya.


Membersihkan Lantai Ubin

Semen di permukaan ubin sering menimbulkan masalah tersendiri. Semen menyerap secara alami. Satu-satunya cara, bersihkan segera kotoran pada ubin. Campurkan hidrogen peroksida dan air bisa digunakan, tapi bukan untuk ubin berwarna karena bisa luntur. Untuk ubin berwarna, taburkan saja serbuk kapur selama sejam, lalu bersihkan. Ulang lagi jika noda masih membandel.


Membersihkan Noda Krayon Pada Lantai Kayu

Untuk menghilangkan coretan krayon pada lantai berbahan kayu, ambil sedikit mayones, oleskan pada permukaan kayu tersebut, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, ambil lap lembut, gosok perlahan-lahan. Jika bekas krayon sudah hilang, bersihkan dengan lap bersih sekali lagi.


Membersihkan Dan Merawat Lantai Kayu

Serbuk Kayu Bekas Gergajian

Untuk membersihkan lantai berbahan kayu dapat menggunakan sapu lembut berbahan bulu atau sulah, karena walaupun lantai kayu tersebut anti gores, tidak menutup kemungkinan sedikit tergores karena kesalahan memilih sapu. Selain itu gunakan sikat yang lembut pada vacum cleaner agar lantai terhindar dari goresan. Bersihkan lantai dengan vacum 1 atau 2 kali seminggu. Apabila lantai kayu tersebut terkena air dapat dibersihkan dengan menggunakan handuk lembut, lalu keringkan. Pada saat membersihkan lantai kayu, pergunakanlah lap yang kering. Air dari lap yang basah dapat merembes ke dalam pori- pori lantai kayu sehingga mengakibatkan kerusakan. Karpet dapat dijadikan alternatif untuk menutupi lantai kayu, terutama pada area yang sering dilalui. Namun pilihlah karpet dengan lapisan yang tidak licin sehingga tidak mudah tergeser.


Pergunakanlah keset pada tiap-tiap akses keluar masuk ruangan untuk mengurangi kotoran yang terbawa oleh sepatu. Yakinkan Anda telah mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh pabrik dalam penggunaan lantai kayu untuk menghilangkan goresan pada lantai kayu. Apabila ada kerusakan yang disebabkan oleh air, kemungkinan akan sulit diperbaiki. Beberapa tipe lantai kayu mungkin akan membutuhkan proses waxing atau pengilapan lantai secara teratur. Dapatkan rekomendasi dari pabrik mengenai hal ini dan perawatan lantai kayu lainya secara khusus.


Membuat Pembersih Kayu

Gunakan sabun khusus untuk seluruh lemari kayu, baseboards, meja dan lantai. Pembersih lemari dan countertops berbahan formika bisa dibuat dari bahan 2 ml sabun dari lemak nabati, 45 ml cuka, 2 ml minyak zaitun (olive oil) dan 125 ml air hangat. Campur ketiga bahan di atas ke dalam air hangat 125 ml, lalu masukkan ke botol spray dan kocok hingga rata. Setelah digunakan, cuci bagian yang dibersihkan dengan spons basah lalu lap sampai bersih.


Dari beberapa postingan tentang Tips Merawat Lantai Part 1 di atas hanya sebagian kecil dari beberapa tips yang telah disiapkan oleh Studio7 Design and Build. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap menyimak informasi mengenai Tips Merawat Lantai yang akan Studio7 Design and Build posting pada postingan berikutnya.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page