top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Tips Merawat Tanaman Indoor Agar Awet

Tips Merawat Tanaman Indoor Agar Awet

PikWizard.com

Sebagian interior mempunyai beberapa tanaman agar ruangan tersebut terasa segar dan nyaman. Namun sering kali tanaman-tanaman tersebut minim perawatan karena kurang pencahayaan matahari. Akibatnya tanaman-tanaman tersebut mati kekeringan. Berikut beberapa tips agar tanaman indoor makin awet :


1. Siram Tanaman Secara Berkala Dan Jangan Berlebihan

Sama halnya dengan tumbuhan lainnya, tanaman hias pada rumah juga memerlukan air agar bisa tumbuh dengan segar. Oleh karena itu, kamu perlu menyiramnya secara berkala supaya bisa menjaga kebutuhannya. Ketika menyiram tanaman, berilah air secukupnya. Sebab, jika kamu memberikan jumlah air yang berlebihan, itu justru bisa mengakibatkan tanaman hiasmu mati. Untuk menghindari hal tersebut, ketahui dulu berapa jumlah air yang dibutuhkan pada tanaman. Sebab, setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, tergantung seberapa besar tanaman dan jenis tanaman apa yang kamu tanam.


2. Berilah Pupuk Secara Teratur

Untuk menunjang kebutuhan tanaman, kamu perlu memasok asupan nutrisinya. Aturlah jadwal untuk memberikan sedikit pupuk secara teratur setiap beberapa minggu atau beberapa bulan sekali. Hal ini supaya tanaman memiliki suplai makanan yang mencukupi untuk membuatnya tumbuh segar dengan bahagia. Utamakanlah pupuk organik daripada pupuk berbahan kimia, ya. Sebab, pupuk organik lebih ramah lingkungan dan bisa membuat daya hidup tanaman lebih lama. Contoh pupuk organik yang bisa kamu gunakan ialah air cucian beras sebagai pupuk cair dan kotoran kambing serta sampah organik yang sudah terurai menjadi tanah (kompos) sebagai pupuk padat.


3. Pastikan Tanaman Mendapatkan Cahaya Matahari Yang Cukup

Cahaya berperan penting membantu tanaman dalam membuat atau memasak makanan yang ia butuhkan (fotosintesis). Namun, sama halnya dengan air, setiap tanaman juga membutuhkan tingkatan cahaya yang tepat (tidak berlebihan dan tidak kekurangan), tergantung dari jenis tanamannya tersebut. Jika tanamanmu memiliki jenis kebutuhan cahaya sinar yang lebih banyak, kamu bisa menempatkannya di dekat jendela atau menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung selama beberapa saat. Selain membantu tanaman untuk fotosinsis, sinar matahari juga berperan meningkatkan daya tahan tanaman dari bakteri, penyakit dan ganguan serangga.


4. Singkirkan Daun Yang Mati

Daun mati yang dibiarkan bisa menyebabkan datangnya hama yang bisa merusak tanamanmu. Untuk itu, kamu harus sering-sering mengeceknya dan mencabut daun mati atau bunga yang telah layu. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir kerusakan tanaman sedari awal. Mencabut daun yang mati bisa membuat tanaman menyimpan nutrisinya agar bisa difokuskan pada tunas dan daun yang baru muncul. Selain itu, kamu bisa meningkatkan nilai estetika pada tanaman hias kesayanganmu akibat menghilangkan warna daun yang tidak enak dipandang.


5. Berikan Suhu Dan Kelembapan Sesuai Kebutuhan Tanaman

Tanaman hias pada ruangan biasanya membutuhkan tingkat suhu dan kelembapan yang sama pada habitat aslinya. Untuk itu, kamu perlu menempatkan tanaman hias pada tempat yang tepat sesuai kebutuhan suhu dan kelembapan mereka. Jika tanamanmu menyukai kelembapan, kamu bisa mengaturnya dengan semprotan air yang diberikan pada batang dan daunnya. Nah, apabila kamu masih merasa bahwa tumbuhan kamu tidak tumbuh dengan sehat, cobalah untuk memindahkan tempatnya pada posisi atau ruangan yang berbeda.


Itulah tadi beberapa tips mengenai cara merawat tanaman dalam ruangan agar awet.




Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id




0 comments

Comentarios


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page