Trik Renovasi Ruang Tamu Kecil
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Trik Renovasi Ruang Tamu Kecil


Ide ruang tamu minimalis oleh Studio7

Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau kawasan perkotaan tentunya sering berhadapan dengan ruangan yang terbatas. Jika ini kondisi Anda, Anda dapat memperhitungkan ruang tamu kecil sebagai tantangan desain yang kreatif.


Dalam artikel berikut tersedia beberapa tips mudah yang Studio7 sunting dari Arsitag.Com dapat membantu Anda memanfaatkan sebagian besar ruang yang sangat penting yaitu: ruang tamu.


1. Suasana ruang tanpa batas

Pada ruang tamu yang tidak luas, Anda dapat menciptakan suasana ruang yang lapang dengan merenovasi rumah, yaitu merombak pintu atau tembok sehingga ruang-ruang di sebelahnya dapat menyatu. Ruang tamu bisa terdiri dari gabungan ruang tamu, ruang makan, dan dapur jika Anda menyingkirkan setiap tembok pemisahnya.


2. Manfaatkan furnitur built-in

Perabot built-in adalah ide investasi yang bagus sekaligus solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan ruang tamu rumah yang terbatas. Anda dapat menyesuaikan masing-masing furnitur untuk ruang tamu Anda serta menambahkan satu atau dua elemen lain untuk memaksimalkan penggunaannya.


3. Tata letak dan pencahayaan rumah kreatif

Bila memungkinkan, cobalah menata furnitur dengan membuat pemisahan antara beberapa zona fungsional. Kiat ini akan membantu pemilik rumah menentukan fungsi yang berbeda dalam satu ruang; misal menempatkan meja di belakang sofa untuk menciptakan ruang kerja, atau mengatur kursi dan sofa Anda dengan cara sedemikian rupa sehingga memisahkan ruang tamu dari ruang makan.

Anda dapat menentukan tata letak dengan menempatkan lampu gantung yang berbeda di masing-masing zona yang terpisah, misal di zona ruang tamu, gunakan lampu yang dekat dengan langit-langit. Kemudian, di ruang makan sebelahnya, gunakan lampu model lain yang menggantung tepat di atas meja.


4. Cahaya alami maksimal

Manfaatkan sumber cahaya alami untuk membuat suasana ruangan lebih cerah. Sebuah ruangan yang diterangi cahaya matahari tampak lebih terbuka dan membantu menyingkirkan bayang-bayang yang dapat membuat bagian rumah yang tertutup tampak lebih kecil.


Cara paling mudah untuk memaksimalkan cahaya alami dalam rumah adalah dengan menempatkan cermin yang akan memantulkan cahaya melalui jendela. Selain itu, cermin juga menciptakan ilusi ruang yang kontras.


Bila memungkinkan, tempatkan furnitur yang paling sering digunakan seperti sofa atau kursi yang nyaman sehingga memiliki pandangan ke arah luar rumah.


5. Pemilihan warna yang pas

Penggunaan warna klasik putih atau pastel masih menjadi pilihan terbaik untuk mengecat ruang yang lebih kecil. Selain itu, pengecatan lis dan tembok dalam ruangan dengan warna yang sama juga menarik perhatian dan menyoroti langit-langit, seperti di ruangan ini.


Namun, Anda juga dapat memilih warna yang lebih gelap dan menenangkan seperti misalnya, biru tua atau abu-abu tua, yang dapat membuat ruang kecil lebih terkesan mengundang.


Trik desain interior untuk sebuah ruang kecil adalah dengan menyeimbangkan tembok gelap dengan unsur-unsur yang lebih terang untuk menciptakan kedalaman dan mencerahkan interior ruangan, misal menempatkan sofa yang memiliki warna lebih terang atau segar pada tembok yang gelap. Tambahkan dengan furnitur berwarna lebih terang, aksesoris warna-warni dan karpet berpola.


Jika Anda berani, Anda dapat juga bereksperimen dengan gaya cat atau wallpaper berpola garis vertikal atau horizontal pada tembok, yang secara visual akan memperluas atau memanjangkan tembok.


Sebagai alternatif lainnya, warna krem kayu alami yang lembut akan memberikan suasana yang elegan dan cozy pada ruang tamu mungil Anda.


6. Singkirkan sofa empuk kuno yang makan tempat

Prinsip penting ialah hindari furnitur besar dan berat yang akan mendominasi dan membuat ruangan rumah terasa lebih kecil. Sebaliknya, pilihlah furnitur terutama sofa yang rendah dan efisien. Artinya, ada jarak yang pendek dari lantai ke tempat duduk. Dari sudut pandang desain, ini berarti kaki sofa lebih kecil, bantal ramping atau bagian bawah sempit.


Manfaatkan ruang di atas sofa Anda untuk menyeimbangkan dengan dekorasi rumah yang berskala besar. Misalnya, menggantung lukisan berukuran besar atau menata deretan ambalan vertikal yang menarik pandangan ke atas.


7. Multitask

Dalam ruang yang terbatas, bisakah satu fungsi mencakup lebih dari satu tujuan? Dengan multitask atau fungsi ganda, Anda dapat menampung seluruh kebutuhan ruang tamu rumah Anda dengan mudah. Tempat penyimpanan adalah aspek lain yang berguna.


Contohnya adalah meja konsol atau rak dinding sebagai meja dan sofa bed geser multifungsi yang sangat berguna. Sebagai ganti kursi makan, Anda dapat menggunakan bangku dengan laci tersembunyi. Semuanya memiliki tujuan yang sama dan memberikan ekstra ruang untuk berbagai kegiatan.


8. Melapangkan dengan karpet

Bila memungkinkan, gunakan karpet yang melampaui perabotan di setiap ruang fungsional. Misalnya, karpet yang terhampar di bawah sofa, meja kopi (coffee table) dan tempat duduk tambahan akan menarik pandangan lebih lebar dan membuat ruang tamu rumah tampak lebih lapang. Di sisi lain, pilihan karpet kecil yang berukuran hanya sedikit lebih besar dari coffee table bisa terlihat seperti keset kamar mandi, menyebabkan ruang tamu tampak lebih sempit.


9. Ciptakan titik fokus

Manfaatkan ruang tamu rumah Anda yang berukuran kecil untuk menciptakan ciri khas desain. Secara khusus, pilihlah salah satu aspek yang dapat ditonjolkan dengan sesuatu yang menarik secara visual. Pandangan akan langsung tertuju pada ciri khas yang menonjol ini, dengan sedikit penekanan pada ukuran ruang yang terbatas.


Contohnya adalah dengan merancang dinding berpola di belakang sofa dengan warna, tekstur, atau hiasan dinding rumah. Gunakan pelapis tembok seperti material kain, mural, panel kayu atau menempatkan lukisan berbingkai dan cermin di dinding berwarna cerah.


10. Ekspresikan dirimu!

Hanya karena ruang tamu atau keluarga rumah Anda kecil, bukan berarti Anda tidak dapat mengekspresikan gaya atau kesan yang mewakili diri Anda. Dalam ruangan kecil, furnitur mudah sekali mengambil alih kepribadian yang terpancar dari ruangan itu.


Karena ruang tamu atau keluarga rumah adalah tempat di mana pemilik rumah menghabiskan banyak waktu (tidak hanya saat menerima tamu saja), tambahkanlah kepribadian melalui berbagai gaya dekorasi yang menceritakan kisah hidup Anda dan rumah tangga Anda. Foto yang dibingkai secara kreatif, pernak-pernik peninggalan kakek-nenek, hiasan tanaman hijau kesukaan, perabot antik, karya seni, atau koleksi pribadi adalah beberapa contoh elemen dekoratif yang dapat menciptakan suasana ruang tamu rumah Anda yang nyaman.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page