top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Trik untuk Kamar Tidur yang Kecil


Menata kamar tidur berukuran kecil bisa menjadi pekerjaan yang rumit dan membutuhkan perhatian khusus. Kita sering berpikir bahwa ruang yang sempit itu tidak menunjukkan kepribadian kita karena terlalu banyak barang akan “mengecilkan” maknanya secara visual. Sebaliknya, kamar yang mungil itu akhirnya justru menjadi tempat pembuangan perabot lama, kotak-kotak, atau rak pakaian.


Lalu bagaimana Anda dapat memanfaatkan setiap sudut ruangan, dan menyulap kamar tidur mungil Anda menjadi lebih bergaya dan fungsional?


Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mempercantik kamar tidur mungil Anda yang Studio7 lansir dari Arsitag.com:


1. Mencontoh Gaya Hotel


Banyak kamar hotel berukuran kecil, namun para tamu jarang memperhatikan penataannya karena kamar itu dihias dengan cermat dan elegan. Mencontoh gaya hotel punya trik tersendiri. Permainan warna, headboard (panel yang dipasang di belakang kepala tempat tidur) yang didesain glamor, pilihan seprai yang mewah, dan beberapa bantal yang juga menawarkan kemewahan yang sama di rumah Anda.


Dengan cara yang sama, Anda bisa menata ulang meja kecil di samping tempat tidur, bahkan meskipun cuma rak kecil, tempat untuk meletakkan secangkir teh di pagi hari.


2. Fokus Utama pada Headboard


Dalam ruang sempit, headboard bisa mengatasi penggunaan ruang terbatas tanpa mengganggu sisi dinding lainnya, menjadikan ruang ini terlihat lapang dan terbuka.


Selain itu, menambahkan warna-warna cerah untuk kamar tidur yang didominasi warna putih akan menyuntikkan energi dan kehidupan tanpa menyelubungi segala sesuatu yang ada di dalamnya. Gunakan satu atau dua warna agar ruangan tidak terlalu ramai.


3. Jangan Menganggap Kamar Anda Terlalu Kecil untuk 2 Orang


Bahkan kamar tamu kecil sering kali dapat menampung dua single bed, mengingat ukuran ruangnya yang sangat sempit. Ruangan yang cantik tidak berkompromi dengan gaya. Dengan tembok yang dicat hijau lumut, aksen pada bahan kain gorden dan seprai yang senada, hiasan dinding, dan lantai karpet menambah nilai estetikanya. Lampu dinding merupakan solusi hemat ruang yang hebat, tetapi jika tidak ada pilihan lain, cobalah pilih lampu meja yang tidak terlalu banyak memakan ruang.


4. Tambahkan Aksen pada Dinding


Mengecat semua dinding dengan warna yang sama dapat menimbulkan nuansa ‘kotak’ di sebuah ruangan yang sempit. Sebaliknya, buatlah titik fokus dengan menambahkan kertas dinding mewah, panel bertekstur atau, seperti di sini, permainan warna hitam, abu-abu, dan putih yang menarik.


Di samping dinding putih, perpaduan warna yang cantik itu menciptakan ruangan yang terlihat lapang.


5. Satu Langkah Dua Tujuan


Jadikan perabot multifungsi menjadi teman Anda di kamar tidur kecil. Letakkan rak buku yang dapat berfungsi sebagai headboard dan meja samping tempat tidur. Kertas dinding warna merah, karpet bulu, dan pernak-pernik lainnya juga membantu mengubah kamar putih polos menjadi tempat pelarian yang nyaman.


Lampu gantung juga salah satu langkah yang cerdas untuk kamar dengan langit-langit rendah.


6. Tetap Berani Bereksplorasi


Menata ulang kamar kecil bisa menguras energi. Hasil akhirnya justru bisa tampak kusam dan tidak tertata rapi. Jangan takut untuk menggunakan beberapa elemen yang Anda temukan di ruang yang lebih besar, termasuk gambar, karpet, dan lampu hias. Tambahkan sedikit aksen warna cerah.


7. Jangan Memilih Lemari dengan Banyak Pegangan


Letakkan kabinet seperlunya, akali pintu dengan aksesoris minimal bahkan bebas aksesoris. Hiasan cermin yang mengilap juga memantulkan cahaya di sekitar ruangan.


Sebuah tempat tidur dengan kerangka sederhana adalah trik lain untuk ruangan kecil karena tampaknya tidak memakan banyak ruang.


8. Berpikirlah Luas


Rumah Anda lama-lama akan semakin sempit, sehingga di masa mendatang, semua kamar tidur Anda mungkin terlihat seperti ini. Pilihlah perabot berukuran kecil atau sedang dengan menambahkan detail hiasan dan permainan cat dinding.


Ide jendela kaca di bagian belakang tempat tidur merupakan cara jitu untuk memperluas jarak pandang Anda, sehingga ruangan ini terlihat lebih lapang. Secara umum, ide ini menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan Anda.


9. Gunakan Cermin


Inilah trik paling lama yang banyak digunakan, tetapi dinding pintu lemari cermin akan membantu sebuah ruangan kecil terlihat lebih lapang. Tetapi pastikan ruangan itu tetap indah, sederhana dan rapi.


10. Meniru Gaya Rumah Kapal


Banyak inspirasi untuk kamar kecil yang dapat diperoleh dari rumah kapal. Di sini, rak-rak yang rendah di sekitar tepi ruangan menjadi tempat penyimpanan dan meja samping tempat tidur cukup menghemat ruang.


Pemanfaatan kaca jendela di ruangan dapat memasukkan banyak cahaya, menimbulkan kesan ruang yang lapang, nyaman, dan dinamis.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page