Untuk Ciptakan Ruangan yang Fungsional! Kenali 4 Zona Ruang Berikut!
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Untuk Ciptakan Ruangan yang Fungsional! Kenali 4 Zona Ruang Berikut!

Kali ini Studio7 Design and Build ingin memberikan beberapa tips kepada anda untuk menentukan letak ruang yang ingin anda bangun berdasarkan kelompok fungsinya.


Dalam suatu bangunan di mana di dalamnya terdapat beberapa ruang yang berfungsi untuk menampung kegiatan dapat dikelompokkan berdasarkan fungsi maupun sifat kegiatan, yang disebut dengan zoning (pendaerahan).


Secara umum dalam bangunan dapat dikelompokkan dalam 4 (empat) zoning, yaitu zona privat, zona semi publik, zona publik dan zona service.


Zona Privat

Kamar tidur masuk ke dalam zona privat

Zona privat merupakan ruang yang memuat privasi penghuni. Zona ini merupakan ruang tempat penghuni mengekspresikan dirinya secara leluasa tanpa terganggu penghuni lainnya. Zona ini mencakup kamar tidur utama, kamar tidur anak, dan ruang rias, kamar mandi atau WC.


Zona Semi Publik

Ruang tamu masuk ke dalam zona semi publik

Ruang yang termasuk dalam zona semi-public merupakan ruang interaksi sesama penghuni atau dengan orang lain yang dekat dengan penghuni. Zona ini mencakup ruang keluarga, ruang duduk, ruang makan, ruang kerja.


Zona Publik

Ruang kerja masuk ke dalam zona publik

Zona ini merupakan tempat interaksi antara penghuni rumah dengan orang lain tanpa mengganggu aktivitas personal yang dilakukan penghuni lain di ruang-ruang lainnya. Selain berupa ruang di dalam rumah, zona ini bisa berupa ruang yang langsung berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Zona ini mencakup ruang penerima atau teras, foyer, ruang tamu, garasi, kamar tidur tamu, ruang kerja.


Zona Servis

Dapur masuk ke dalam zona servis

Zona servis merupakan ruang yang dibuat untuk kegiatan yang melayani ruang lainnya. Zona ini mencakup dapur ataupun pantry, kamar mandi, dan tempat jemuran. Sebagai ruang penunjang yang melayani ruang lain, akses terhadap ruang servis hendaknya langsung atau “dekat” dengan ruang yang dilayaninya.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Call/WA : 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id

0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page