top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Variasi Material Lantai dan Dinding Kolam Renang

Updated: Jun 14, 2023

Variasi Material Lantai dan Dinding Kolam Renang


Saat ini, kolam renang menjadi salah satu fasilitas yang dibutuhkan pada sebagian bangunan. Seperti tempat tinggal, pusat kebugaran, restoran, dan sebagian fasilitas kesehatan. Desain kolam renang juga mulai bervariasi, material yang digunakan pun juga bervariasi untuk menambah estetika dari kolam renang itu sendiri. Elemen utama dari kolam renang adalah lantai dan dinding pada bagian dalam kolam renang itu sendiri.

Berikut adalah beberapa jenis material lantai yang cocok untuk desain kolam renang :


1. Keramik

Variasi Material Lantai dan Dinding Kolam Renang
Keramik

Selain memiliki harga yang lebih murah, keramik ternyata juga memiliki tampilan yang sangat menarik dengan berbagai warna dan motif. Namun, keramik ini bisa dengan mudah didesain dengan model pattern custom. Kelebihan menggunakan material finishing kolam renang keramik yaitu lebih cepat dan juga lebih efisien dalam pemasangannya. Umunya kolam renang menggunakan ukuran keramik 20×20, 10 x 20, 20×40 . Namun, saat ini banyak model keramik yang dihadirkan dengan berbagai ukuran. Bisa juga menggunakan keramik ukuran 25×20.

Proses pemasangan keramik ini nantinya tidak akan simetris dengan nat pada lantai kolam. Maka dari itu, pemasangan dapat dilakukan dengan memasangkan list yang ada di dasar kolam renang. Perlu anda ketahui, jika pemakaian keramik ini sebenarnya tidaklah pengaruh. Namun, sebaiknya menggunakan teknik serta seharusnya juga dapat mengeksploritasi desain estetikanya.


2. Mozaik



Variasi Material Lantai dan Dinding Kolam Renang
Mozaik

Selanjutnya, material kolam renang dapat menggunakan mozaik. Untuk kolam renang yang menggunakan mozaik banyak diterapkan pada kolam renang rumah, dan kolam renang hotel. Jenis material ini juga memiliki banyak peminat.

Namun harganya tidaklah murah, Bahan dalam tahap finishing kolam renang ini memang bisa menciptakan keindahan dan kesan elegan. Kelebihan yang dimiliki oleh mozaik tile ini yaitu memiliki banyak pilihan warna. Selain itu, mozaik juga mudah untuk mengaplikasikan desain.

Mozaik yang biasa digunakan yaitu mozaik dengan ukuran 5x5cm, 7.5×7.5cm . Sedangkan ukuran 10×10cm untuk mozaik yang pada umumnya menggunakan jaring di bawahnya. Kemudian, untuk yang biasa dijual perlembar yaitu memiliki ukuran 30×30 cm.


3. Batu Alam


Variasi Material Lantai dan Dinding Kolam Renang
Batu Alam

Kolam renang dengan menggunakan material batu alam pada dinding dan lantainya juga sudah banyak digunakan. Kesan natural terpancar melalui material ini. Kolam renang yang menggunakan batu alam ini umumnya berada di resort, dan rumah tinggal dengan konsep tropis. Batu alam yg di gunakan adalah, batu Andesit, batu palimanan, batu candi, batu hijau sukabumi, dan bati palimanan.


4. Batu Sikat


Variasi Material Lantai dan Dinding Kolam Renang
Batu Sikat

Jenis lantai yang cocok untuk kolam renang terakhir adalah batu sikat. Memang lantai dengan jenis ini kurang populer di Indonesia namun sangat populer di negara barat. Jenis lantai ini cocok untuk kolam renang dengan taman belakang yang cukup luas, sehingga kolam ini terlihat sangat artistik. Kelebihan menggunakan jenis lantai ini adalah menimbulkan tekstur yang unik dan tidak licin dan bisa menimbulkan kesan mewah dan natural pada kolam renang Anda.


Itulah beberapa macam jenis material lantai dan dinding bagian dalam yang dapat digunakan untuk desain kolam renang Anda.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id




0 comments

Commenti


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page