Ventilasi Udara Ruko yang Baik Menurut Feng Shui
top of page
Search
  • Writer's pictureSTUDIO7

Ventilasi Udara Ruko yang Baik Menurut Feng Shui


Apabila Anda ingin mengetahui dengan cepat apakah feng shui ruko Anda termasuk baik atau tidak ada baiknya Anda tidak menghiraukan soal arah hadap dan aturan-aturan feng shui yang begitu banyak. Coba rasakan dengan sebenarnya, apakah ruko Anda itu nyaman dan membawa keberuntungan atau tidak. Kenyamanan dan keberuntungan merupakan hal yang penting dalam feng shui ruko. Jika karena suatu penataan feng shui, ruko menjadi tidak nyaman, maka tetap saja feng shui ruko itu kurang baik.


Salah satu faktor kenyamanan yang paling penting adalah yang menyangkut masalah sirkulasi dan ventilasi udara. Pergerakan udara secara alamiah dalam ruangan akan membuat ruko menjadi nyaman. Udara yang bergerak terlalu cepat bisa membuat tingkat kenyamanan ruangan berkurang. Oleh karena itu ada kecepatan tertentu yang bisa dirasakan sebagai ‘nyaman’.


Berbeda dengan pemikiran rancangan arsitektur, di mana sirkulasi diartikan sebagai aliran udara yang bersifat silang (cross-ventilation). Di dalam feng shui, ventilasi udara adalah pengaturan ruangan- ruangan yang diletakkan sedemikian rupa, sehingga udara bisa mengalir dari pintu feng shui ke dalam bangunan ruko dan bergerak terus pada seluruh bagian ruangan, baru kemudian keluar melalui salah satu bukaan di ujung sudut ruangan setelah udara mengenai dinding- dinding yang membatasi ruangan tersebut.


Oleh karena itu kita sering mendengar bahwa ruangan di mana terdapat dua pintu yang saling berhadapan kurang baik. Dalam hal ini disebabkan aliran udara masuk dari pintu yang satu langsung keluar melalui pintu lainya, sehingga beberapa sudut ruangan itu tidak sempat mendapatkan aliran udara.


Dilihat dari pengertian ini, maka bisa dimengerti jika bangunan ruko (rumah toko) pada umumnya kurang bagus feng shuinya, karena susunan ruangan ruko dari depan ke belakang diapit oleh dinding tinggi (3-4 tingkat) tetapi tidak memiliki jendela ke samping atau ke belakang.


Desain ruko yang baik feng shuinya adalah yang pada bagian belakang setidaknya diberikan ruang sepanjang 2-3 meter untuk memungkinkan ventilasi silang dari depan ke belakang. Oleh karena itu untuk mendapatkan keberuntungan yang maksimal, ada baiknya ventilasi udara pada ruko perlu dipikirkan lagi agar secara feng shui akan tetap baik.


Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.


Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments
  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page