top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Waterfront City di Indonesia

Waterfront City di Indonesia


Perkembangan kawasan di tepi perairan cukup berkembang dengan pesat di Indonesia. Buktinya, ada beberapa kawasan kota yang berkonsep waterfront city yang sudah cukup terkenal dan maju pesat, baik dari segi ekonomi, pariwisata maupun budaya.

Berikut ini adalah waterfront city yang ada di Indonesia :

1. Labuan Bajo

tribunews.com

Seperti yang tertulis pada situs Kementerian PUPR Indonesia, Labuan Bajo atau disebut juga dengan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo merupakan salah satu kawasan yang menggunakan konsep kota di tepi perairan. Labuan Bajo sudah terkenal hingga mancanegara.


Fasilitas yang ada di kawasan ini berkelas internasional. Terdapat hotel dan resort mewah yang memanjakan pengunjung dengan service kelas dunia. Selain itu, terdapat pula beberapa ruang terbuka untuk masyarakat umum agar bisa menikmati kawasan ini. Potensi pemandangan alam yang mengagumkan, yang menunjukkan keindahan matahari terbenam di sore hari, dengan pemandangan laut yang alami.


Labuan Bajo sangat tepat untuk Anda yang sedang mencari kawasan hunian yang nyaman dan memiliki pemandangan yang indah. Apabila Anda memiliki rencana untuk membangun rumah di Labuan Bajo, Anda bisa mencoba membangun rumah dengan mengikuti konsep arsitektur tropis supaya rumah bisa terlihat lebih menarik lagi.


2. Palembang

travel.okezone.com

Palembang terkenal dengan sungai Musi-nya yang membentang di sepanjang jalan di kota tersebut. Sungai Musi merupakan jantungnya perekonomian masyarakat di kota ini. Pasar terapung, yang terjadi di atas Sungai Musi, merupakan sebuah jenis pasar yang terkenal di seluruh Indonesia. Transaksi jual beli yang terjadi di pasar ini menggerakkan perekonomian masyarakat setempat. Pada beberapa bagian kota ini terdapat pusat perbelanjaan, hotel, rumah makan, dan fasilitas lainnya yang memadati kawasan ini.


3. Batam

indonesia.travel

Kota Batam yang merupakan sebuah kota di Provinsi Kepulauan Riau memang dikembangkan dengan konsep waterfront city untuk digunakan sebagai pusat perdagangan terbesar di Indonesia bagian barat. Batam, sebuah pulau yang dikelilingi perairan ini, bertetangga dengan negara lain seperti Singapura dan Malaysia. Untuk itu, kota ini merupakan salah satu akses keluar masuk perdagangan di tiga negara di ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia dan Singapura. Di kota ini banyak dibangun hotel, bangunan dan fasilitas umum lainnya yang menunjang proses transaksi perdagangan ekspor dan impor.


4. Makassar

tribunews.com

Sebuah kota yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki perencanaan yang cukup matang dalam menata kotanya. Makassar merupakan salah satu dari 8 kota terbersih di Indonesia, yang dimana kawasan pantai Losari yang terletak di kota ini, merupakan salah satu kawasan yang menerapkan konsep kota tepi perairan. Kawasan pantai ini tampak indah dan apik, ditambah lagi dengan deretan kapal khas kota ini yakni Perahu Pinisi yang menjadi daya tarik pariwisata di kota tersebut.


5. Semarang

traveloka.com

Kota Semarang merupakan salah satu kota yang dilalui jalur pantura (pantai utara) pulau Jawa. Kota Lama Semarang merupakan denyut nadi perdagangan di kota ini. Kawasan tersebut memadukan pemandangan sungai dan pantai di tepian kotanya. Konsep waterfront city pada kota Semarang diperindah dengan arsitektur bersejarahnya yang kental yang menjadikan kota ini sebagai salah satu destinasi wisata yang berpotensi.


Itulah pembahasan lengkap mengenai contoh kota dari waterfront city yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini bisa memberikan Anda wawasan baru yang bermanfaat dan bisa menjadi referensi terutama bagi Anda yang ingin mencari hunian tepi pantai yang menarik.



Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id

Email : info@studio7.co.id


0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page