top of page
Search
  • Writer's pictureAuliya R.R

Wisata Urban Bagi Kaum Kota


Wisata Urban Bagi Kaum Kota

Wisata Urban Bagi Kaum Kota
magazine.urbanicon.co.id

Wisata adalah suatu hal yang paling digemari oleh masyarakat kota. Biasanya, warga di kota besar akan melakukan wisata di kota-kota kecil di sekitar kota tersebut. Bahkan, jarak yang ditempuh sering kali cukup jauh. Contohnya seperti mengunjungi suatu pantai, pegunungan, dan tempat rekreasi alam lainya.


Namun, akhir-akhir ini mulai muncul berbagai tempat rekreasi yang berada di tengah kota besar. Wista ditengah kota ini biasa disebut Urban Tourism. Wisata-wisata tersebut diantaranya adalah wisata belanja, taman kota, museum, perpustakaan, dan taman ditengah kota. Tentu hal ini mempermudah warga di kota besar yang ingin berekreasi agar tidak menempuh perjalanan jauh dari tempat tinggal mereka.


Berikut adalah pengertian dari masing-masing jenis wisata urban yang ada di perkotaan :


Taman Kota (Urban Park)


magazine.urbanicon.co.id

Taman kota merupakan bagian penting dari tata ruang kota yang memiliki fungsi ekologis serta fungsi sosial bagi masyarakat. Fungsi ekologis dari taman kota, yaitu sebagai tempat terbuka hijau yang menghasilkan oksigen dan menyerap air hujan. Sedangkan fungsi sosial dari taman kota adalah sebagai tempat berinteraksi masyarakat dan juga rekreasi. Berbagai kegiatan rekreasi dapat dilakukan di taman kota, mulai dari piknik, jogging, bersepeda, maupun berjalan-jalan dengan hewan peliharaan.


Setiap taman kota memiliki keunikan dan ciri khas yang mencerminkan budaya di setiap daerahnya. Hampir seluruh kota-kota besar di dunia dan Indonesia memiliki taman kota mereka. Terdapat Central Park di New York, Hyde Park di London, Ueno Park di Tokyo, dan Lumpini Park di Bangkok. Sedangkan Indonesia memiliki Taman Menteng di Jakarta, Taman Bungkul di Surabaya, dan Alun-Alun Kidul di Yogyakarta.


Museum


pexels.com

Keberadaan museum cukup mudah ditemui di berbagai wilayah perkotaan. Gedung museum biasanya dibangun di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Keberadaan museum merupakan hal yang penting bagi pelestarian warisan budaya yang dimiliki suatu bangsa, baik warisan budaya berwujud maupun tidak berwujud. Museum juga memiliki fungsi edukasi dan rekreasi bagi masyarakat.

Terdapat berbagai tipe museum berdasarkan isi koleksinya, mulai dari museum arkeologi, museum sejarah, museum etnologi, dan museum seni. Salah satu contoh museum seni yang ada di Indonesia adalah Museum Affandi di Yogyakarta yang menyimpan berbagai karya seniman Affandi.


Perpustakaan


pexels.com

Mengunjungi perpustakaan dapat menjadi pilihan masyarakat urban menikmati akhir pekan. Biasanya para orang tua mengajak anak mereka ke perpustakaan untuk membaca buku bersama. Perpustakaan yang ada di wilayah urban biasanya memiliki fasilitas yang mendukung kegiatan pengunjung, seperti toilet, mushola, dan wifi gratis. Selain itu, bangunan perpustakaan juga didesain semenarik mungkin. Contohnya Grhatama Pustaka di Yogyakarta yang memiliki arsitektur megah dan dengan berbagai koleksi buku yang berbeda di setiap lantainya.


Mal

magazine.urbanicon.co.id

Mal adalah salah satu jenis pusat perbelanjaan yang terdapat di wilayah urban. Masyarakat perkotaan sangat mengandalkan mal dalam kehidupan mereka, mulai dari berbelanja kebutuhan primer, sekunder, sampai tersier dilakukan di sana. Selain sebagai bagian dari industri perdagangan, mal juga berfungsi sebagai tempat rekreasi.

Banyak masyarakat yang mengunjungi mal untuk menonton film di bioskop, bermain bowling, menikmati live music, atau mengunjungi tempat hiburan arcade, seperti Timezone dan Fun World. Ada pula orang-orang yang mengunjungi mal hanya untuk melihat-lihat saja atau biasa disebut window shopping. Semua kegiatan tersebut termasuk dalam bentuk rekreasi.

Banyak Kota di dunia yang menjadikan mal mereka sebagai daya tarik wisata mereka. Mal-mal tersebut dibangun dengan arsitektur unik dan dilengkapi oleh berbagai fasilitas di dalamnya. Contohnya Dubai Mal di Kota Dubai yang memiliki aquarium raksasa. Indonesia juga memiliki mal yang terkenal di setiap kotanya, seperti Grand Indonesia di Jakarta, Malioboro Mal di Yogyakarta, dan Paris Van Java Mal di Bandung.


Berbagai daya tarik wisata perkotaan tersebut biasanya menjadi bagian dalam tata ruang wilayah urban. Oleh karena itu, penting bagi wilayah urban untuk merancang wisata perkotaan mereka supaya mempermudah masyarakat melakukan rekreasi dan juga menarik wisatawan berkunjung ke kota mereka.





Kami melayani Jasa Desain dan Konstruksi untuk proyek Arsitektur, Interior dan Furniture secara offline maupun online untuk seluruh Kota di Indonesia.

Untuk info pemesanan dan konsultasi desain silakan hubungi kami:

Telephone : 021 5083 5525

Call/WA : 082190007017 / 081282868677

LinkedIn : Studio7 Design and Build

Instagram : studio7.co.id




0 comments

Comments


  • TikTok
  • Whatsapp
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Twitter
  • Facebook
bottom of page